PantaiPulau

Mutiara di Morotai ini Bernama Pulau Kokoya

Pulai terbaik untuk Snorkling di Morotai

Pantai pasir putih aja mah biasa…. Gimana kalau ada sebuah pantai dengan pasir putih, tidak berpenghuni, dan letaknya tak jauh dari dermaga? Demikianlah Pulau Kokoya!

Pulau Kokoya
Foto: kompasiana.com

Pulau Terbaik untuk Snorkling di Morotai

Pulau Kokoya menawarkan pasir putih yang begitu indah. Bahkan warnanya yang sangat putih bisa menyilaukan mata ketika matahari menyorotinya. Pantainya cukup landai dan tenang, cocok untuk kalian yang suka berenang. Dari pulau ini, terlihat gradasi warna putih, hijau terang, hijau tua, pirus, hingga biru tua. Betapa beningnya pemandangan yang tersaji di depan mata. Disamping itu, Pulau Kokoya juga dihiasi oleh terumbu karang yang megah. Disebut-sebut sebagai surganya olahraga snorkling, banyak wisatawan yang memuja pulau ini karena keindahan bawah lautnya. Salah satu biota laut yang dapat kalian temui di pulau ini adalah dugong.

Karena dikenal akan olahraga snorklingnya, sebelum menyebrangi pulau ini alangkah lebih baiknya kalian menyiapkan bebrapa perlengkapan snorkling yang bisa kalian sewa di dermaga, seperti masker untuk di wajah, sirip, dan tabung udara.

Pulau Kokoya
Foto: kompasiana.com

Bagaimana caranya kesana?

Pulau Kokoya merupakan salah satu pulau kecil tak berpenghuni di Morotai. Berlokasi di Desa Daruba, Kabupaten Morotai, Maluku Utara, pulau ini merupakan salah satu pulau terluar di Indonesia. Letaknya berada paling timur di Provinsi Maluku Utara. Untuk bisa kesana, kalian bisa menggunakan speedboat dari Desa Daruba. Perjalanan menuju Pulau Kokoya ini dapt ditempuh dengan waktu 30 menit saja.

Pulau Kokoya
Foto: kompasiana.com

Apa yang Istimewa dari Pulau Kokoya?

Selain diklaim sebagai salah satu pulau terluar di Indonesia, kita juga akan banyak menemui pohon di tepian pulau ini. Jadi ketika kalian sedang asyik foto, gausah khawatir tidak ada tempat berlindung dari teriknya matahari ya! Oya Disini juga tidak ada penginapan atau restoran. Jadi kalau kalian berniat singgah di pulau ini, siap-siap membawa banyak perbekalan ya. Eits tapi sampahnya jangan dibuang sembarangan ya…

Pulau Kokoya
Foto: kompasiana.com

Seperti yang sudah disebutkan tadi, bahwa biota laut yang ada disini diantaranya adalah dugong. Dugong yang dikenal juga dengan sebutan duyung atau sapi laut ini merupakan mamalia laut langka yang bisa ditemukan di Laut Sulawesi, Maluku, dan Sumatera, kata Benevica ketua Jakarta Animal Aid Network (JAAN). Karakternya jinak dan bersahabat. Keberadaan dugong bisa menjadi indikator bahwa laut bersih dan tidak terkontaminasi oleh limbah. Secara tdak langsung keberadaan dugong ini membuktikan bahwa Pulau Kokoya memiliki ekosistem yang sehat.

Pulau Kokoya
Foto: kompasiana.com

 

Daftar referensi: bbc.com
Tags

Rahma (@_raahmaaa)

Walk humbly, talk politely, dress neatly, play atrractively.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *