Gunung

Menjajal Terjalnya Trek Gunung Bongkok

Gunung yang terletak di Desa Cikandang, Purwakarta ini memiliki ketinggian 975 mdpl. Meski gunung ini terbilang pendek dan tidak mencapai ketinggian 1.000 mdpl, namun gunung ini memiliki panorama alam yang tidak kalah menakjubkannya. Dari puncak gunung ini kamu akan dapat menyaksikan indahnya Waduk Jatiluhur, Gunung Parang, serta hamparan keindahan Kota Purwakarta.

Foto : @refpangga
Foto : @refpangga

Gunung ini memiliki jalur pendakian yang terjal, maka meskipun tidak terlalu tinggi, gunung ini tidak bisa dianggap remeh juga. Objek wisata alam ini sudah dikelola secara resmi sehingga jalur pendakiannya pun cukup terawat. Pendaki akan sangat terbantu dengan adanya tali di jalur pendakian yang sudah disediakan oleh pihak pengelola.

Untuk mendaki gunung ini dibutuhkan kurang lebih satu sampai satu setengah jam. Sedikitnya ada tiga titik yang harus kita waspadai, yaitu di tanjakan 700 mdpl, tanjakan 800 mdpl, dan 950 mdpl. Saat musim hujan, jalur pendakian ini sangatlah licin.

Foto : @rezaumamiphoto
Foto : @rezaumamiphoto

Untuk mendaki Gunung Bongkok ini, biasanya baanyak yang mendirikan tenda dan bermalam di pos Munclu untuk kemudian keesokan paginya melakukan pendakian ke Gunung Bongkok. Di pos Munclu memang banyak tersedia spot berkemah. Jika kamu ingin mendapatkan sunrise terbaik, naiklah sekitar pukul 04.00 dini hari ke Puncak Batu Datar, sebab di sanalah konon akan kamu dapatkan sunrise terbaik.

Ada dua tempat yang bisa dinikmati di Gunung Bongkok ini, yaitu Puncak Batu Tumpuk dan Puncak Batu Datar. Konon di Puncak Batu Tumpuk terdapat sebuah tapak kaki besar. Di puncak ini pula hanya mampu menampung beberapa orang saja, maka kahati-hatian akan sangat dibutuhkan di sini terlebih saat kamu tengah asyik berselfie ria.

Foto : @septian_10
Foto : @septian_10

Untuk menuju Gunung Bongkok, kamu bisa berangkat menggunakan kereta api dari Stasiun Jakarta Kota menuju Purwakarta dengan jarak tempuh sekitar dua setengah jam. Dari Stasiun Purwakarta, kamu harus menyambung dengan angkutan umum menuju Pasar Plered dan dilanjutkan ke Daerah Cikadang.

Tags

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *