Home / Blog / Alam & Taman / Menikmati senja di Tebing Keraton

Menikmati senja di Tebing Keraton

Tebing Kraton, sebuah tebing yang sudah tidak asing lagi di dengar oleh para sahabat traveler. Bahkan tebing ini sangat ngetrend sejak beberapa tahun terakhir.  Asal-usul tebing ini konon dari seorang bapak bernama pak Asep yang dulu sering berada di area tebing ini, kemudian ia  mempunyai inisiatif didukung pemerintah setempat untuk mengubahnya menjadi tempat wisata yang  bernama “TEBING KARATON” (dalam bahasa sunda) alias tebing surga.

tebing keraton 5

Tebing kraton merupakan daerah konservasi dan masih terletak di kawasan Tahura (Taman Ir. H. Juanda) Dago, Bandung. Dari Tahura, kalian cukup melewati jalan samping kanan Tahura, kemudian ada pertigaan belok kanan, lalu Luruuss terus.  Pokoknya lurus saja ikutin kata hati, karena kata hati yang terdalam itu tidak pernah salah. Lurus dan menanjak, dengan view sebelah kiri berupa pohon pinus dan view sebelah kanan berupa sawah serta ladang sayur mayur hasil pertanian warga setempat. Untuk kondisi jalan memang masih dalam tahap perbaikan, sehingga untuk mencapai ke puncak tebing hanya motor yang diperbolehkan. Diatas sudah tersedia tempat parkir serta pangkalan ojeg lengkap dengan tarifnya. Untuk satu kali jalan Rp.30.000,-  dan tarif PP Rp. 50.000,-.

tebing keraton

Pintu masuk tebing keraton berupa pintu loket, lengkap dengan sejarah penemuan tebing dan papan harga tiketnya. Untuk wisatawan lokal dikenakan tarif sebesar Rp.11.000,- dan Rp.76.000,- untuk  wisatawan mancanegara plus asuransi. Disamping loket juga terdapat sebuah mushola kecil. Dari jalan utama menuju ke puncak tebing,kita akan menikmati pemandangan yang fresh, eitss hati-hati ya samping kiri berupa lereng dengan pepohonan yang rindang.

tebing keraton 2

Tebing ini juga menyediakan menara pandang, dari menara bertingkat 3 ini kita bisa melihat betapa megahnya pemandangan di atas tebing. Puncak tebing keraton berupa sekumpulan batu, dengan lahan yang sedikit menjorok yang sudah dipagar. Di batu-batu inilah spot yang paling digemari para pelancong. Karena selain merupakan spot paling hits, batu-batu ini menjadi saksi kalau kita pernah berkunjung ke tebing surga ini. Latar background berupa jajaran pohon pinus yang berkabut dan landscape pemukiman serta pegunungan di seberang, membuat kita sadar betapa besarnya keagungan Tuhan.

tebing keraton 3

Tebing kraton ini cocok sekali bagi kalian yang ingin menikmati udara segar dengan hawa dingin serta view frame berupa pohon pinus yang rindang.Namun, tetap jaga kewaspadaan kalian selama berwisata di tebing surganya bandung ini, mengingat lokasinya berupa tebing yang rawan longsor sehingga kita harus berhati-hati. Get Your Safe and Fun Holiday’s.

About Defi Susisusanti

Gadis biasa yang tak punya kelebihan namun punya beragam kegemaran.

Check Also

Melirik Pesona Bukit Indah Simarjarunjung, Sumatera Utara

Bukit Indah Simarjarunjung adalah satu diantara objek wisata yang menjadi spot terbaik untuk menyaksikan panorama …