Air Terjun

Menikmati hempasan Curug Dewa Cantel Tegal

Tegal Menyimpan keindahan alam yang belum sepenuhnya terexplore. Perbukitan nan  menawan dengan udara yang menyegarkan dapat traveler jumpai saat berada di daerah Pegunungan tegal. Beberapa Air Terjun yang belum di jamahpun bisa kita dapatkan di daerah ini. Salah satu air terjun atau curug yang belum terjamah adalah Curug Dewa Cantel.

Curug Dewa Cantel 2

Curug Dewa Cantel nama yang unik, entah siapa yang memebri nama curug tersebut. curug ini terletak di daerah Bumijawa, tepatnya di Dukuh Kalipedes desa Sigedong Kecamatan Bumijawa Tegal Jawa Tengah. untuk menuju kesana kami menggunakan kendaraan Roda dua, kendaraan pribadi atau angkutan Umum. Dengan Rute Tegal – Slawi – lebaksiu – Yomani – Kalibakung – Bojong – Tuwel – Bumijawa – Batumirah – Sirampog  – desa Sigedong – dukuh Kalipedes. Tak perlu khawatir tersesat, sebagai acuan adalah jembatan kalipedes, nah traveler bisa memarkirkan kendaraan di area yang sudah di sediakan.

Curug Dewa Cantel

Setelah memarkirkan kendaraan Traveller bisa melanjutkan trekking menyusuri jalan setapak sekitar 500 meter, tanaman bawang dan perbukitan akan menemani perjalanan para traveler. Udara dingin yang menyegarkan dapat traveler rasakan di sini. Untuk menlanjutkan treking traveler harus menyebrangi sungai dengan arus dan debit air yang cukup besar, traveler harus berhati-hati disini. Walau kedalaman tak sampai lutut bila musim hujan debitnya akan bertambah besar. Dinginnya air sungai ini mampu menambah energi positif untuk segera melakukan treking lebih dalam ke Curug Contel. Menyusuri jalan setapak, menembus semak belukar dan trekking yang semakin berat dengan tingkat  kemiringan sekitar 30 derajat harus traveler lewati.

Curug Dewa Cantel 4

Sampai menjumpai jembatan Bambu di atas sungai traveler sudah dapat mendengar deburan air terjun Dewa Cantel.untuk lebih dekat kearah air terjun  Selanjutnya traveler harus menuruni tebing dengan menggunakan bambu yang di buat seperti tangga. Hati – hati ya para traveler, salah injak bisa terpeleset ke dalam sungai. Keindahan Curug Cantel dengan tebing-tebing yang mempesona dengan aliran yang menakjubkanakan memanjkan mata traveler. Traveler bisa merasakan hempasan air yang terbawa angin di sekitar air terjun. Tentunya sangat menyegarkan. Bebatuan besar dan tebing-tebing yang di tumbuhi tumbuhan nan menghijau makin mempercantik air terjun ini. Inilah curug tertinggi di Kota tegal dengan ketinggian lebih dari 60 meter dan di apit oleh dua tebing akan memberikan sensasi berbeda saat traveler berada di sekitar curug.

Curug Dewa Cantel 3

Air terjun dewa Cantel sudah mempersembahkan keindahan bagi para traveler, tentunya traveler harus tetap menjaga keindahan tersebut dengan memperhatikan larangan yang terpampang jelas di spanduk saat dalam perjalanan tadi diantaranya adalah: tidak membuang sampah sembarangan, tidak mencoret-coret batu, tidak berbuat mesum, tidak merusak tanaman atau pohon dan tidak ke air terjun dalam keadaan hujan. Nah sudah siapkan jadi trabveller yang baik yoo keita Ke TKP sekarang juga.

 

Tags

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Check Also

Close