Pulau

Mengenal Pulau Onrust, Pulau yang bersejarah

Pulau Onrust

Pulau Onrust termasuk cagar budaya dan telah ditetapkan sebagai pulau bersejarah pada tahun 1972 oleh Gubernur DKI Jakarta saat itu. Pulau yang terletak di kepulauan seribu ini letaknya tidak jauh dari pulau kelor, cipir, kahyangan, dan pulau bidadari. Untuk menjangkau pulau ini, Cukup menempuh perjalanan sekitar 1 jam menggunakan perahu dari dermaga Kamal Muara.

Pulau Onrust 2

Pulau Onrust atau dalam bahasa Inggris disebut unrest, artinya tidak pernah istirahat. ya, pulau ini memang pulau yang sibuk di masa lampau. pada jaman VOC, pulau ini menjadi tempat galangan kapal. Pulau ini menjadi tempat pembuatan dan perbaikan kapal-kapal milik Belanda. Sekitar tahun 1930, pulau Onrust difungsikan sebagai sanatorium TBC dan penyakit menular.

Pulau Onrust 3

Pulau ini juga pernah difungsikan sebagai asrama haji bagi penduduk sipil yang akan berlayar menuju Arab Saudi. Selain itu, Pulau Onrust juga pernah menjadi tempat penahanan pemberontak penjajah. Pulau ini menjadi saksi tewasnya para tahanan politik pada masa penjajahan Belanda dan Jepang. Semua cerita kelam tentang Pulau Onrust di masa lalu ini tidak mengurangi keindahannya.

Pulau Onrust 4

Justru sejarah pulau ini menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan. Selain hamparan laut biru dan pepohonan yang rindang, pemandangan eksotis dapat dijumpai dari reruntuhan bangunan kolonial dan makam-makam tua. Sesekali kita perlu untuk menengok sejarah sebagai bagian dari perjalanan jati diri bangsa

Tags

Maya Nirmala Sari

Citizen Journalist - www.nirmalamedia.com - maeshare.blogspot.com - Suka belajar dan mencoba hal baru. Penikmat kuliner. Pemerhati lingkungan. Cinta bumi dan buah-buahan. - Tinggal di Solo, Jawa tengah, Indonesia. IG @kuliner.soloraya - IG @Maenequeen - IG @maya.nirmalasari

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Check Also

Close