PulauWisata Jakarta

Mengenal Pulau Cina, Salah Satu Lokasi Camping di Kepulauan Seribu

Mendengar pulau Cina mungkin masih terasa asing bagi sebagain traveller baik yang ada di Jakarta maupun luar Jakarta. Memang masih jarang sekali wisatawan yang datang ke Pulau Cina padahal dari segi lokasi Pulau Cina tak begitu jauh dari pelabuhan Pulau Pramuka. Pemandangan yang ada di Pulau Cina juga tak kalah indahnya dengan pulau lainya dikepulauan seribu.

foto @shoimasyhar

Pulau yang tak berpenghuni ini hanya dijaga oleh beberapa pihak saja. Awalnya Pulau Cina memang tak berpenghuni namun kini sudah mulai berdiri seperti penginapan dan warung-warung. Jadi buat kalian yang ingin camping Pulau Cina tentu saja sangat diuntungkan karena sudah tersedia air bersih, warung dan juga listrik yang meski terbatas namun bisa menyala diwaktu tertentu.

foto @shoimasyhar

Pulau Cina merupakan habitat asli burung-burung laut, biawak hingga kelalawar. Meski ombak pantai di Pulau Cina tidak terlalu besar namun disekitar pulau kita bisa menjumpai banyak terumbu karang yang beragam dan ikan yang bewarna warni. Pasirnya yang putih membuat pengnjung semakin betah menikmati keindahan pulau terlebih saat sunset maupun sunrise akan sangat ciamik untuk diabadikan.

foto : @ko_junn
foo : @ibong_boniSenja

Tahukan kamu jika sebenarnya Pulau Cina itu adalah Pulau Karya ? yap saat ini nama ini Pulau cina telah diubah namnya menjadi pulau Karya. Perubahan ini terjadi di era Gubernur Ali Sadikin pada tahun 1973. Kini Pulau Cina tidak hanya dijadikan pulau wisata saja namun juga dimanfaatkan sebagai pusat kantor Teknis Pemerintahan Kepulauan Seribu dan sejumlah instansi lainnya, seperti Markas Kepolisian Resor Kepulauan Seribu, Markas Danramil, dan juga sebagai Tempat Pemakaman Umum (TPU).

foto : @boyantravel

Oh ya, mengapa Pulau ini dinamakan pulau cina ? Konon dahulu saat nelayan singgah kepulau ini banyak Ditemukan sejumlah tulang belulang yang memiliki kemiripan dengan tekstur kerangka tulang orang Cina (sekarang Tiongkok). Oleh sebab itu pulau ini sebelumnya bernama Pulau Cina.

foto : @ree_mind
foto : @ree_mind

Secara administratif Pulau Cina berada di Kelurahan Pulau Panggang, Kecamatan Kepulauan Seribu Utara, Kabupaten Kepulauan Seribu, DKI Jakarta, Indonesia. Untuk tiba di Pulau Cina ita harus naik kapal dari pelabuhan Kali Adem Jakarta menuju Pelabuhan Pramuka. Nah dari Pulau Pramuka kita naik kapal lagi menuju Pulau Cina atau Pulau Karya.

Tags

Emye

Seorang Traveller yang hanya membantu untuk mempromosikan setiap wisata di Indonesia. ( Follow Instagram @kataomed - wa 081237395539 )

Related Articles

3 thoughts on “Mengenal Pulau Cina, Salah Satu Lokasi Camping di Kepulauan Seribu”

  1. Masukan dikit kaka tim website. 😊

    Akses lokasi bukan dari pulau Harapan, dan juga tidak dekat dari pulau Harapan. Walaupun bisa ditempuh, jarang ada kapal yang mau, karena posisinya yang jauh.

    Lantaran pulau Karya ini msk dlm kelurahan pulau Panggang dan bukan kelurahan pulau Harapan, maka akses lokasi paling dekat yakni dari pulau Pramuka. Hanya membutuhkan waktu 5 menit.

    Salam BPJ
    Terimakasih kaka 😊😊😊

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *