Alam & TamanDanau & SungaiSeputar Travelling

Hiking Bocah! Wahana Alam Yang Cocok Untuk Anak-anak

Berpetualang seru bersama anak dan keluarga dengan harga yang terjangkau di Katulampa

Tahukah kamu kalau Katulampa ternyata bisa dijadikan wahana wisata? Dan hebatnya lagi wahana wisata tersebut dibuat untuk anak-anak.

Mendengar kata Katulampa, pasti yang langsung teringat adalah bendungan dan banjir. Tapi jangan salah dulu, saat ini ada kegiatan wisata alam terbuka di sekitar Katulampa yang bernama Hiking Bocah.

Sesuai namanya, kegiatan utama dari Hiking Bocah adalah hiking pada bukit di sekitaran Katulampa. Pesertanya sendiri adalah anak-anak Sekolah Dasar di area Bogor bahkan banyak pula dari wilayah Jakarta. Tentunya ini sangat menarik bagi anak-anak dibandingkan hanya mengunjungi mal-mal saja.

Foto by Hiking Bocah

Pihak pengelola sendiri mengatakan bahwa Katulampa memiliki potensi wisata yang layak untuk dikembangkan, sehingga sampai dengan saat ini pihak pengelola membuat paket wisata yang menarik perhatian para pengunjung terlebih untuk anak-anak dengan paket utama nya adalah wisata hiking. Di samping itu, terdapat pula paket wisata arung jeram sebagai paket optional. Dan dalam beberapa waktu mendatang akan dibuat paket wisata lain oleh Hiking Bocah sebagai pelengkap.

Foto by Hiking Bocah

Sebelum melakukan kegiatan wisata, anak-anak dan orang tuanya mendapatkan briefing dari pengelola. Pengelola Hiking Bocah juga memberdayakan masyarakat di sekitar Katulampa untuk ikut serta dalam kegiatan wisata tersebut baik sebagai guide ataupun tenaga operasional.

Foto by Hiking Bocah

Dalam sehari, peserta hiking bisa lebih dari 100 orang. Sedangkan untuk arung jeram, peserta sekitar 50-100 orang. Dalam melakukan kegiatannya, baik hiking dan arung jeram, pengelola selalu memperhatikan keselamatan dan keamanan peserta dengan menggunakan standar yang berlaku.

Untuk arung jeram, pengelola menggunakan sisi aliran sungai yang tidak terlalu deras sehingga tidak membahayakan bagi peserta, selain itu ada juga guide dan tenaga operasional disetiap perahu. Oh iya, untuk orang tua juga dimungkinkan untuk ikut serta mendampingi anak-anaknya.

Buat kamu yang mau mengajak keluarga dan anak-anak untuk berwisata ke Hiking Bocah, bisa mengikuti dua rute transportasi dibawah ini:
1.  Dari Stasiun Bogor, naik angkot No.10 (jurusan Terminal Merdeka-Bantar Kemang) dan turun di pertigaan Jalan Durian, Baranangsiang dengan ongkos Rp7000. Waktu tempuh perjalanan kurang lebih 1 jam, setelah itu dilanjutkan dengan naik angkot No.13 (jurusan Bantar Kemang-Ramayana) dan turun di pertigaan Jalan Katulampa dengan ongkos Rp3000, lama perjalanan 5-10 menit.
2. Dari Stasiun Bogor, bisa juga menggunakan angkot lain yaitu angkot No.03 (jurusan Terminal Bubulak-Baranangsiang) lalu dilanjutkan dengan angkot No.13.

Setelah sampai dipertigaan Jalan Katulampa, kamu bisa berjalan kaki selama 20-25 menit atau naik ojek ke Bendungan Katulampa dengan ongkos Rp5.000 – Rp10.000 sekali jalan.

Berbicara soal harga paket wisata, pihak pengelola Hiking Bocah sendiri mengeluarkan harga paket wisata yang cukup terjangkau untuk masyarakat pada umumnya seperti:
1. Paket wisata hiking, termasuk air mineral dan snack Rp35.000/anak
2. Snack untuk orang tua/pendamping anak Rp15.000
3. Lunch Rp25.000/orang
4. Paket wisata arung jeram Rp15.000/anak

Sebagai informasi, pendaftaran kegiatan di Hiking Bocah hanya bisa dilakukan secara online. Untuk info lebih lanjut, silahkan menghubungi akun instagram @hikingbocah atau http://www.hikingbocah.com

Author : Ristiyanto member of Klub Buku dan Blogger BPJ
Editor : @febe_shinta

Tags
Show More

admin

Komunitas Backpacker Jakarta adalah sebuah komunitas Travelling yang didirikan pada 5 April 2013 dan berpusat di Jakarta dan sekitaranya (Bogor, Tanggerang, Bekasi dan Depok. Instagram : @backpackerjakarta Twitter : @official_bpj Facebook : www.facebook.com/groups/backpackerjakarta Group Wa : 089507622003

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *