Air TerjunDanau & SungaiGoa

Air Terjun Fulica! Surga Kecil di Manokwari

Si Cantik di Manokwari

Kenapa sih banyak orang berbondong-bondong datang ke Papua? Karena Pengen diving di Raja Ampat, pengen lihat keindahan Teluk Cendrawasih, atau pengen menikmati wisata bahari lain nya. Tahukah kamu jika di Manokwari Papua Barat, tersimpan 1 surga kecil bernama Air Terjun Fulica?

Air Terjun Fulica di Manokwari
Foto: dantur.blogspot.com

Akses Menuju Air Terjun Fulica

Berlokasi di belakang sebuah gedung air minum isi ulang, Air Terjun Fulica masuk ke dalam list tempat wisata tersembunyi di Manokwari. Bagaimana tidak? Selain belum banyak diketahui oleh khalayak ramai, akses menuju air terjun ini juga terbilang cukup sulit.

Pertama, kamu harus menyusuri jalan setapak yang licin, dilanjut dengan menyebrangi 3 aliran sungai yang memakan waktu sekitar 25 menit. Setelah itu, taraaaa Selamat datang di Air Terjun Fulica!

Air Terjun Fulica di Manokwari
Foto: dantur.blogspot.com

Kalau sudah sampai sini jangan kaget ya karena airnya sangat dingin! Air Terjun Fulica memiliki 3 undakan yang menawarkan keindangannya masing-masing. Pertama, terdapat 2 aliran air dengan debit air yang cukup deras. Karena airnya sangat dingin, disarankan agar tidak berlama-lama di titik ini. Undakan kedua, kita hanya bisa menikmati air terjun nya dari pinggir saja. Mengingat bebatuan nya yang semakin terjal dan licin. Terakhir undakan ketiga. Titik ini bisa dikatakan yang paling curam karena bebatuan nya sangat terjal, ditambah kemiringan untuk mencapai undakan ketiga ini adalah sekitar 90 derajat. Dan untuk bisa mencapai hulu nya, kita hanya akan dibantu oleh sebuah akar pohon untuk menaiki dan menuruni nya.

Air Terjun Fulica di Manokwari
Foto: dantur.blogspot.com

Goa di Dalam Air Terjun

Jika sudah sampai di undakan ketiga, kalian akan menemukan spot yang cukup lapang untuk merebahkan badan sejenak setelah menyusuri jalanan yang terjal tadi. Selain itu, kalian juga akan menemukan sebuah goa. Tidak ada yang tahu persis nama goa ini, namun terdapat banyak sekali udang di dalamnya. Konon, banyak warga sekitar yang bolak-bolik menyusuri Air Terjun Fulica untuk mengambil udang dari dalam goa ini untuk kebutuhan sehari-hari.

Daftar referensi: dantur.blogspot.com
Tags

Rahma (@_raahmaaa)

Walk humbly, talk politely, dress neatly, play atrractively.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Check Also

Close