Museum & SejarahPulau

Mengenal Benteng Torre, Saksi Bisu Kedatangan Portugis di Pulau Tidore

Saksi Bisu Kedatangan Portugis
Benteng Torre, Foto by @emyebpj

Masih dari Maluku Utara. Kali ini aku bertolak ke Kota Tidore. Anyway, kota yang kerap disapa Pulau Tidore ini merupakan salah satu pulau penghasil rempah-rempah yang pernah dijajah oleh bangsa Portugis pada beberapa abad lalu. Fyi gengs, salah satu saksi bisu penjajahan di Tidore yaitu Benteng Torre.

Dari atas Benteng Torre, Foto by @emyebpj

Yap, Benteng Torre memang tak lepas dari penjajah Portugis. Letaknya di Soa Sio, Kota Tidore, Kep.Provinsi Maluku Utara, Indonesia. Dibangun pada tahun 1578 oleh Portugis yang mendapat izin dari Sultan Gapi Baguna. Namanya yang kerap disapa “Torre” pun kemungkinan diambil dari nama Kapten Portugis pada saat itu. Yaitu, De La Torre.

Benteng Torre, Foto by @emyebpj

Konon katanya, benteng ini digunakan untuk melihat kapal-kapal yang hendak menyerang markas Portugis pada waktu itu karena letaknya berdekatan dengan Kedaton Kie Kerajaan Tidore. So, selain menjadi saksi bisu kedatangan bangsa Portugis, benteng ini juga merupakan saksi kejayaan Kerajaan Tidore pada saat itu.

Benteng Torre yang berdiri kokoh, Foto by @emyebpj
Akses Menuju Benteng Torre

Fyi gengs, untuk menuju kesini kamu harus menuju Ternate terlebih dahulu tentunya. Sebab Tidore belum memiliki bandara sendiri. Dari Bandara Sultan Baabullah, Ternate, kamu bisa menuju ke Pelabuhan Rum pulau Tidore menggunakan speedboat maupun kapal Ferry. Dan sesampainya di Pelabuhan Rum, kamu hanya perlu menyambung Becak Motor atau Mikrolet menuju Benteng Torre.

Tangga menuju Benteng Torre, Foto by @emyebpj

Anyway, untuk mencapai benteng ini kamu juga harus melewati puluhan anak tangga terlebih dahulu. Dan tentu saja ditengah teriknya matahari Maluku. Hihii tapi tenang saja, sebab sepanjang jalan kamu akan ditemani oleh hijaunya pepohonan yang akan menyemangatimu sampai atas.

Pemandangan dari atas Benteng Torre, Foto by @emyebpj

And then, lihatlah ! Sebuah pemandangan indah dari Gunung Marijang Kie Matubu Tidore akan memanjakanmu berpadu dengan Gunung Halmahera dan lautan biru yang syahdu. Dan tentu saja disitu berdiri pula Benteng Torre yang kokoh dan angkuh. Selamat berkunjung :)

Author : @kikyamaleader
Ref    : https://sarbanunarsyad.wordpress.com
Tags

kikyamaleader

Nama saya Rizky Amalia. Seorang Accountant sekaligus Mahasiswi jurusan Hubungan Internasional yang hobby menceritakan indahnya Indonesia melalui goresan pena. Bagiku, menulis adalah cara untuk melukiskan pikiran, perasaan, serta gairah jiwa. Hingga pada akhirnya, tulisan-tulisan itulah yang akan menceritakan kembali siapa aku dan bagaimana aku melintas di bumi ini.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Check Also

Close