Museum & SejarahPulau

Menapaki Jejak Spanyol Di Benteng Tahula, Pulau Tidore

Menjajaki Benteng Tahula

Hai travellers! Masih belum lepas dari destinasi sejarah, setelah mengeksplore Benteng Torre yang menjadi saksi bisu kedatangan bangsa Portugis lalu, kali ini aku bergeser sedikit ke Benteng Tahula yang dibangun untuk menggoyang hegemoni Portugis. Lokasinya masih di desa Soa Siu, dan tidak jauh dari Kedaton Tidore.

Benteng Tahula, foto by @emyebpj
Property Pertahanan Spanyol

Benteng Tahula sendiri sering disebut Tohula. Yang berarti Kota Hula. By the way, benteng yang pembangunannya dimulai pada tahun 1610 ini dibangun oleh bangsa Spanyol dan menjadi property pertahanan hingga tahun 1662. Uniknya, benteng ini dibangun di atas batuan karang yang merupakan titik tinggi yang strategis untuk mengamati wilayah perairan dan daratan Tidore. Sehingga panoramanya sangat indah sekali.

Tangga menuju benteng Tahula , foto by @emyebpj
Pintu benteng Tahula, foto by @emyebpj
Berganti Menjadi Tempat Tinggal Kesultanan Tidore

Memasuki abad ke-18, kepergian Spanyol digantikan oleh masuknya bangsa Belanda ke Pulau Tidore. Benteng Tahula pun statusnya menjadi tidak bertuan. So, Belanda mengusulkan untuk dirobohkan, tetapi disanggah oleh Sultan Tidore Hamzah Fahroedin yang pada saat itu sedang berkuasa. Akhirnya, Sultan Tidore pun mengajukan untuk menjadikan benteng ini sebagai tempat tinggal keluarga Kesultanan Tidore. Dan dibawah pengawasan Belanda tentunya.

Foto by @emyebpj
Taman cantik disekitar benteng Tahula , foto by @emyebpj

Anyway, Benteng Tahula ini memiliki tiga bastion yang terdapat pada masing-masing sudut benteng pada masanya. Namun sekarang nyaris tak ada yang masih berbentuk. Bahkan bebatuan hitam dan besar pun nampaknya sudah begitu banyak yang terlepas dari tempatnya. Nampaknya, benteng tua ini telah mengalami deteriorisasi hingga akhirnya diselimuti oleh tetumbuhan perdu gengs.

Foto by @emyebpj

Yap, inilah Benteng Tahula pada masa kini. Salah satu peninggalan sejarah yang menjadi saksi bisu kedatangan para pencuri rempah-rempah di Pulau Tidore. Sekaligus menjadi benteng yang sangat indah karena panorama alam di sekitarnya yang dapat memanjakan mata.

view dari atas benteng Tahula, foto by @emyebpj
Akses Ke Benteng Tahula

Fyi gengs, untuk menuju kesini kamu harus menuju Ternate terlebih dahulu tentunya. Sebab Tidore belum memiliki bandara sendiri. Dari Bandara Sultan Baabullah, Ternate, kamu bisa menuju ke Pelabuhan Rum pulau Tidore menggunakan speedboat maupun kapal Ferry. Dan sesampainya di Pelabuhan Rum, kamu hanya perlu menyambung Becak Motor atau Mikrolet menuju Benteng Tahula. selamat berkunjung :)

Author : @kikyamaleader
Ref    : www.tunawisma.com
Tags

kikyamaleader

Hai! Panggil saja aku Rizky Amalia. Seorang perempuan yang hobby traveling dan hiking, kemudian dengan hati berbunga-bunga selalu bersemangat menceritakan kembali dalam bentuk tulisan agar bisa bermanfaat untuk orang banyak. Anyway, selain aktif menulis di Backpacker Jakarta, aku juga bagian dari Teater Enjuku'18, selain itu pernah menjadi Ketua UKM Seni Budaya STEI '15, Wakil Ketua OSIS SMKN 14, dan bagian dari Paskibra SMKN 14 serta Racata Taekwondo.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Check Also

Close