Editor Picks

Tips Mendapatkan Score Hijau Yoast SEO

Buat yang suka nulis di platform WordPress, pasti udah gak asing lagi sama yang satu ini yakni Yoast SEO. Udah banyak ratusan bahkan jutaan orang yang mendownload plugin ini sebagai meteran SEO yang terpecaya dibanding yang lain. Betul apa engga?

Percaya deh, pasti diantara kalian ada yang masih kuning. Yaaaa not bad lah dari pada merah! Diartikel kali ini, gue bakal mengulas bagaimana caranya agar mendapatkan skor hijau pada Readbility dan SEO sehingga artikel kalian semakin mudah di temukan di Google.

Yoast SEO

Cara Agar Score Yoast SEO Hijau

Sisipkan keyword pada Deskripsi Meta

Harusnya foto dibawah ini udah jelas banget ya gaes. Deskripsi Meta adalah kesimpulan dari isi konten yang kalian bahas dengan tetap menyisipkan fokus keyword.

Internal dan Outboand Link

Nah, ini juga penting dan merupakan salah satu syarat agar Yoast SEO menjadi warna hijau. Mudahnya seperti ini, internal link itu sama aja dengan backlink. Yang dimana kalian menyisipkan salah satu artikel yang masih ada kaitannya dengan konten yang ditulis dengan menggunakan tautan.

Beda lagi dengan outboand link. Kalau ini kalian harus memasukkan link dari luar yang artinya dari website lain. Dan diusahakan masih ada kaitannya dengan konten artikel yang dibahas.

Edit slug menjadi lebih pendek

Kalian suka buat judul yang panjang-panjang? Jika iya, gak masalah kok! Tapi ini akan bermasalah dengan slug pada Yoast SEO. Nah, jangan khawatir karena kalian bisa edit dengan mempersingkat judul dengan tetap menyisipkan fokus keyword. Contohnya seperti dibawah ini:

Menyisipkan Keyword di gambar

Ini penting, tapi sebagian orang suka mengabaikan! Yang ada cuman upload dan insert tapi gak liat disamping nya ada kolam yang harus diisi hmmmm. Gini gaes, saat kalian upload foto, jangan lupa untuk memasukkan fokus keyword di samping kanannya. Selain mempermudah dimesin pencarian google, ini juga menunjang agar Yoast SEO menjadi warna hijau.

Menyisipkan fokus keyword pada badan konten dan paragraf pertama

Nah, jangan lupa untuk yang satu ini. Masukin keyword di badan artikel, tapi jangan kebanyakan juga nanti reader bosan, dalam artian dibaca jadi kaku bahkan baku. Intinya fokus keyword wajib ada terutama di paragraf pertama. Karena ini juga merupakan salah satu syarat untuk mendapatkan score hijau (good result).

Skor Hijau Pada Readbility Yoast SEO

Minimal 300 kata dalam 1 artikel

Nah, nah, nah! Minimal 300 kata lhoh gaes! So, buat kalian yang suka nulis artikel pendek bahkan kependekkan, harus mengusahakan agar isi dari konten mencapai 300 kata, karena ini sangat berpengaruh dengan score yang didapat.

Kalau lebih gimana?

Ya gak apa-apa gaes, yang penting konten kalian sudah masuk dalam jumlah minimal yang ditentukan oleh plugin Yoast SEO.

Jangan terlalu sering menggulang kata

Buat kalian yang belum terbiasa nulis, kerap sering mengalami pengulangan kata. Contoh yang paling sering diulang dalam jeda yang berdekatan: yang, namun, tapi, karena. Jika pemula, jangan khawatir, cukup enjoy dulu dengan gaya penulisan yang ada, tapi tetap selalu mencoba memperbaiki teknik penulisan agar para reader nyaman saat membaca tulisan kalian.

Sisipkan Subheading

Heading sendiri memiliki level nya sendiri pada sebuah website dimulai dari H1 hingga H6. H1 yaitu header yang paling besar dan yakni H6 header yang paling kecil. Penggunaan H1, digunakan untuk judul pada website, dan H2 digunakan untuk judul posting. Jika dilihat dalam tingkatan heading, maka level H1 wajib mengandung keyword utama pada sebuah artikel.

Perlu diingat, heading sangatlah penting pada sebuah halaman web untuk menunjukkan informasi yang penting.

Kenapa?

Karena dalam dunia yang berbasis internet, para reader gak selalu membaca semua text yang ada di sebuah halaman web. So, dengan ada nya heading, kalian sangat membantu para reader mencari halaman dengan cepat untuk menemukan informasi yang mereka cari.

Contohnya gini:
H1 Pengertian Bisnis (Judul Artikel)
H2 Pengertian Bisnis Menurut Para Ahli
H3 Pengertian Bisnis Menurut Ippho Santosa
H4 Bisnis-Bisnis Ippho Santosa
Dan terakhir H5 dan H6 jarang banget yang pakai, sehingga di H2 – H4 udah lebih dari cukup.

Good Result Readbility dan SEO

Nah! Ini adalah hasil jika kalian sukses mengikuti langkah-langkah diatas. Perlu diingat gaes, skor hijau bukan penentu mutlak website kalian mendapatkan ranking pertama di mesin pencari google dan bukan juga penentu agar website menjadi banyak pengunjung.

Justru penentu nya adalah kualitas konten pada sebuah artikel yang menjadi tujuan utama dari setiap website. So, gue gak pernah bisa memungkiri lagi bahwa raja dari segala website dan blog adalah konten yang berkualitas, enak dibaca, serta informatif.

Artikel by http://febeshinta.com ; Foto by Dokumentasi Pribadi Penulis
Tags

febeshinta

Hi, I'm Febe Sinta Franciska, author of www.febeshinta.com and also www.backpackerjakarta.com; Besides that, I like writing and photography. So, I can share my experience and capturing a perfect moment as long as I travel. If you want to know my daily activities and where I am going, just follow my Instagram @febe_shinta Please enjoy both of this website with a cup of coffee or tea! Happy reading! Me love you all :)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Check Also

Close