Editor PicksPantaiPulau

Kemilau Surga ‘Sengketa’ Balabalagan

Ada yang sudah pernah dengar tentang eksotisnya wisata di Pulau Derawan, Pulau Beras Basah, atau Danau Labuan Cermin? Mungkin tuk sebagian orang hal tersebut terkesan biasa biasa saja. Dan memang lokasi-lokasi wisata alam yang saya sebutkan tadi, udah jadi destinasi favorit wisatawan lokal maupun mancan negara, terutama di daerah Kalimantan Timur atau adiknya, Kalimantan Utara.

Bagaimana kalau Kepulauan Balabalagan, kamu baru dengar? Lokasi wisata eksotis satu ini memang termasuk masih baru 2 -3 tahun belakangan ini ramai jadi pembicaraan primadona para pelancong. Bahkan disebut-sebut sejajar dengan Kepulauan Karimun Jawa yang sudah terkenal dari dulu.

foto : @edelweiss_blogger

So, mumpung masih perawan, saya persembahkan Kepulauan Balabalagan untuk kalian semua pecinta traveling, dan berterima kasihlah pada penemunya yang pertama kali. Bukan, bukan saya kok, bukan Christopher Colombus juga yaaa.

Gugusan kepulauan Balabalagan atau disebut juga Balabalagang atau Balagbalagan disebut sebagai “surge sengketa” tersembunyi diantara dua buah lempengan bumi antara pulau Kalimantan dan Sulawesi. Jumlah pulau di wilayah ini sebanyak 15 buah, diantaranya 11 berpenghuni, dan empat tidak berpenghuni dengan jumlah penduduk sebanyak 1.690 jiwa pada tahun 2002.

foto : @elpinsitorus

Balabalagan memiliki pesona keindahan pantai dan terumbu karang yang sangat luar biasa. Jika dibandingkan dengan daerah lainnya yang memiliki wisata pantai yang berbentuk pulau di Indonesia seperti Pulau Bunaken ataupun Raja Ampat, Pulau Balabalagan tidak kalah eksotis loh sobat Backpacker jakarta.

Gugusan kepulauan ini masih menjadi “sengketa” antara Provinsi Kalimantan Timur dan Sulawesi Barat (dulunya Sulawesi Selatan-sebelum dimekarkan) Kepulauan Balabalagan merupakan sebuah gugusan pulau yang terletak di Selat Makasar. Kepulauan ini masuk dalam Kabupaten Mamuju, Sulawesi Barat, walaupun sebenarnya jaraknya lebih dekat ke Kalimantan Timur.

foto : @ahell16

Sayangnya, infrastruktur untuk mencapai kepulauan ini sangat sulit. Karena jaraknya dari Kabupaten Paser (Kaltim) sejauh 7-8  jam menggunakan perahu bermotor. Sedangkan jika dari Kabupaten Mamuju, Sulawesi Barat (Sulbar) sejauh 8-10 jam.

Mayoritas dikepulauan balabalagan adalah orang Sulawesi dari suku Bugis Mandar. Kepulauan Balabalagan adalah pulau cantik dengan beberapa gugusan pulau pulau kecil seperti Pulau Popongan, Pulau Samataha, Pulau Saboyang, Pulau Malambir kecil, Pulau Malambir Besar dan beberapa pulau gusung/gosong yg belum terditeksi jumlahnya.

TIPS BERWISATA MENUJU BALABALAGAN

Start Pointnya (via Laut) :

  1. Kampung Baru, Balikpapan
  2. Penajam, Kab. Penajam Paser Utara
    (Kampung Baru dan Penajam berseberangan, hanya terpisahkan oleh Teluk Balikpapan saja)
  3. Desa Lori, Kab. Paser (dari Penajam ke Desa Lori sekira 5-6 jam via darat)
  4. Tanjung Aru, Kab. Paser (dari Penajam ke Tanah Grogot sekira 4 jam via darat, lanjut ke Tanjung Aru 4 jam via Laut)
  5. Mamuju, Prop. Sulawesi Barat.

Cara untuk menuju ke Kepulauan Balabalagan sendiri bisa dengan Hitchiker (menumpang kapal nelayan), Backpacker (menyewa kapal nelayan) atau Traveller/Flashpacker (mengikuti Open Trip dari Organizer Trip Wisata Balabalagan.

foto : @edelweiss_blogger

Premium Budget

Jika kamu memiliki budget khusus dan waktu yang terbatas, maka alternatif menuju ke Balabalagan dengan mengikuti organizer trip adalah hal yang sangat direkomendasikan. Biasanya organizer trip membuka trip dengan lama 3 hari 2 malam atau 4 hari 3 malam.

Dengan mengikuti open trip, wisatawan sudah disediakan homestay & makan. Organizer trip biasanya beranggotakan guide yang berpengalaman dan mengetahui keadaan Balabalagan atau memiliki keluarga yang tinggal di Balabalagan. Besar biaya open trip sangat mempengaruhi kualitas pelayanan selama perjalanan. Oleh karena itu pandai-pandailah memilih organizer trip untuk membawa kamu berwisata ke Balabalagan. Perhatikan rute hopping islands & fasilitas yang ditawarkan organizer trip.

Medium Budget

Saya rekomendasikan untuk menyewa kapal Nelayan. Terus kamu harus mencari relasi pemilik kapal di pelabuhan tradisional dari 5 start point yang disebutkan sebelumnya. Cek keadaan kapal dan life vest. Kapal nelayan biasanya minim peralatan safety.

Kapal nelayan yang disewa untuk mengantar kamu pulang pergi dan menjelajah Balabalagan harus memiliki supir yang berpengalaman dan kondisi mesin kapal yang prima. Kalau dengan sistem sewa, kamu boleh menentukan sendiri rute pulau yang ingin disinggahi. Untuk opsi menginap, sebaiknya dimusyawarahkan dengan teman seperjalanan, apakah ingin mendirikan tenda di pulau atau numpang menginap di rumah penduduk pulau.

Hal terpenting dalam sharecost trip adalah kerja sama tim dalam memecahkan masalah selama perjalanan. Kesalahan utama yang sering dilakukan adalah demi menekan biaya sharecost seminim mungkin, backpacker membawa sebanyak-banyaknya anggota trip hingga kapasitas maksimal penumpang kapal padahal hal seperti ini malah mengurangi kenyamanan selama perjalanan.

Kekurangan yang lain adalah jika semua anggota trip tidak memiliki pengetahuan yang cukup tentang Balabalagan sudah pasti akan bingung untuk menentukan rute, kurang bertanya kepada supir kapal tentang rute hopping islands terbaik, letak spot terumbu karang dan peraturan tidak tertulis di pulau-pulau yang ada di Balabalagan. oleh karena itu, jadilah wise & smart backpacker, survey dan cari info sebanyak-banyaknya tentang pulau-pulau Balabalagan, pintar-pintarlah nego sewa kapal kepada pemiliknya dan siapkan peralatan outdoor yang diperlukan selama perjalanan menuju Balabalagan.

Low Budget

Jika ingin ke Balabalagan dan memiliki kenalan kapal nelayan yang sering bolak-balik menuju Balabalagan, maka cara Hitchhiker bisa dilakukan. Biasanya banyak kapal nelayan yang berangkat dari daerah Manggar, Kampung Baru, Pelabuhan Tanjung Batu Penajam dan Tanjung Aru Tana Grogot. Menumpang kapal nelayan biasanya ikut menumpang tidur & makan di kapal.

Jika nelayan memiliki rumah di Balabalagan, maka bisa ikut menumpang tidur di rumah nelayan tersebut. Karena ikut menumpang kapal nelayan pencari ikan, maka kamu hanya bisa mengikuti rute nelayan untuk mendatangi pulau-pulau di Balabalagan. Pulau yang paling banyak didatangi nelayan dari berbagai daerah biasanya adalah Pulau Sabakattang, Pulau Saboyang, Pulau Salissingan, Pulau Samataha dan Pulau Popongan. Pulau Sabakattang adalah pulau persinggahan kapal para pemancing sport fishing (oh iya yang system low budget ini penulis sudah coba loh)

Created by : Berlian Selig

Tags

BerlianSelig

Jangan biarkan dunia merubahmu tapi berusahalah dunia yg mengubah kita

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *