Air TerjunAlam & TamanBlog

Wisata Kekinian di Lembah Harau, Sumatera Barat

Lembah harau
Foto oleh: @winazulfani

Jika anda berkunjung ke Sumatera Barat, jangan lupa untuk menyempatkan diri singgah di lokasi ini. Bertempat di Kecamatan Harau, Kabupaten 50 Kota. Sekitar lebih kurang 18 Km dari Kota Payakumbuh, anda bisa menikmati wisata kekinian di Lembah Harau.

Begitu menginjakkan kaki di kawasan lembah terindah di Indonesia ini, anda akan disuguhi hamparan padi bak permadani hijau. Dikelilingi tebing alami yang menjulang dengan ketinggian sekitar 200 meter, anda akan merasa seperti makhluk kerdil. Beberapa air terjun atau yang disebut “Sarasah” oleh penduduk setempat, juga akan membuat anda betah berlama-lama di sana. Kawasan ini juga memiliki lokasi panjat tebing yang kecuramannya mencapai 90 derajat.

Data yang diperoleh dari Dinas Pariwisata Kabupaten Limapuluh Kota, diketahui kawasan Lembah Harau merupakan cagar alam dan suaka margasatwa yang memiliki luas 669 hektar. Selain dipenuhi pemandangan hijau nan menyejukkan, juga ditemukan sejumlah air terjun dan cerita rakyat yang sudah menjadi legenda tentang Sari Banilai.

Dulu dan Sekarang

Jika dulu Lembah Harau hanya menawarkan wisata alamnya saja, sekarang bahkan dikemas lebih apik. Disana telah disewakan homestay bagi pengunjung yang ingin merasakan sensasi menginap yang berbeda dari biasanya. Menikmati angin segar dengan suasana pedesaan dan lokasi yang jauh dari hiruk pikuk kota, juga jadi pesonanya.

Adanya bangunan yang menyerupai “Rumah Gadang” dan kolam untuk bermain sampan, menjadi daya tarik tersendiri. Banyak wisatawan yang memilih lokasi ini sebagai tempat favorit bersantai bersama.

Lembah harau

Selain itu, yang tak kalah hebatnya disana juga disediakan spot-spot foto yang “instagramable”. Kesempatan ini tidak dilewatkan oleh pihak pengelola untuk menarik lebih banyak wisatawan. Bahkan banyak yang rela mengantri untuk mencoba berfoto di spot yang telat disediakan tersebut.

Berkunjung ke suatu tempat, terasa kurang jika tidak mencicipi kulinernya. Di Lembah Harau ini, tersedia ” Karupuak Kuah” yaitu opak yang dilumuri kuah kuning dan di tambah dengan mie diatasnya. Kenikmatannya akan bertambah karena wisatawan menikmatinya di sekitaran air terjun.

Bagi Anda yang hobi berswafoto dengan nuansa Eropa, tak perlu pergi jauh-jauh ke benua Eropanya. Cukup datang ke objek wisata Sarasah Bunta Lembah Harau. Dikawasan itu, akan anda temukan dua bangunan sekolah berarsistektur gaya Eropa. Di halamannya bertabur pasir putih, serta tumbuh juga sebatang pohon kayu yang dedaunannya gugur. Mari abadikan keindahan alam yang menenangkan hati. Selamat bersenang-senang ya.

Lembah harau

Sumber: www.dekadepos.com

Tags
Show More

Wina Zulfani

Masalah terbesar kita cuma satu: mati tidak masuk Surga

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *