Gunung

Mau Mendaki Gunung Raung ? Baca Tipsnya disini

Gunung Raung adalah sebuah gunung berapi yang cukup tinggi dengan puncak tertingginya yakni 3.344 Mdpl dan terletak di ujung pulau jawa tepatnya di provinsi Jawa Timur. Gunung Raung sebenarnya berada di dalam wilayah tiga kabupaten yakni kabupaten Banyuwangi, Bondowoso, dan Jember.

foto : @qorykazhari

Secara geografis, lokasi gunung ini berada dalam kawasan kompleks Pegunungan Ijen dan menjadi puncak tertinggi dari gugusan pegunungan tersebut. Dihitung dari titik tertinggi, Gunung Raung merupakan gunung tertinggi kedua di Jawa Timur setelah Gunung Semeru, serta menjadi yang tertinggi keempat di Pulau Jawa.

puncak gunung raung (foto: @ftasya)

Kaldera Gunung Raung juga merupakan kaldera kering yang terbesar di Pulau Jawa dan terbesar kedua di Indonesia setelah Gunung Tambora di Nusa Tenggara Barat. Tak heran bila banyak sekali pendaki yang menjadikan gunung Raung sebagai salah satu destinasi pendakian impian. Oh ya Terdapat empat titik puncak di Gunung Raung yaitu Puncak Bendera, Puncak 17, Puncak Tusuk Gigi, dan, yang tertinggi, Puncak Sejati 3.344 Mdpl.

Kaledra Gunung Raung (foto : @raungcamp)

Namun yang menarik dari Gunung Raung adalah medan pendakian yang amat sangat sulit. Tak semua pendaki bisa bebas melakukan pendakian ke Gunung Raung. Terjalnya bebatuan dan curamnya medan membuat pendakian ke gunun Raung harus dipandu oleh pihak tertetentu dengan standar pendakian dan pengamanan yang tinggi. Perlengkapan yang memadai harus digunakan selama pendakian ke Gunung Raung. Itulah mengapa Gunung Raung terlihat begitu istimewa.

foto : @nug_klan

Namun sebelum mendaki ke Gunung Raung, ada beberapa catatan penting yang perlu kalian ketahui. Catatatn ini diambil dari team @raungcamp atau buat kalian yang ingin info lebih lanjut bisa menghubungi teamnya di wa 083847658516.

Tips yang berencana ke raung : 

  1. Safety peralatan pribadi : artinya adalah peralatan pribadi yang safety seperti carier, jaket, celana gunung, sleping bag, matras , jas hujan, dll
  2. Persiapkan timmu
  3. Cek perlengkapan Timmu dari Tenda, kompor, logistik, keperluan air digunung
  4. Ajak temanmu yang pernah ke raung dan paham talimenali raung
  5. Jangan pernah ragu memakai Jasa Guide , masalah harga silakan diomongin sama guide2 pilihan abang2 atau teh2 sendiri.
  6. Cek list peralatan panjat / buat yang mau sewa tiap basecamp menyewakan peralatan panjat . dengan catatan penyewa atau dalam leader memiliki skil dalam clambing.
  7. karena di raung tidak ada sumber mata air selama di treking biasanya per pendaki membawa 5-6 botol aqua besar, tapi bisa disiasati memakai jasa back upan porter air (jadi gak begitu berat bawa air).
  8. Atur lama waktu perjalanan pendakian dan menejement logistik selama di gunung raung 3-4 hari.
  9. Jangan lupa membawa Logistik, air, jas hujan, senter, jaket, p3k ketika sammit (menuju puncak)
  10. dari poin 1-9 berdoa jangan dilupakan. dari semangatnya ke raung sampai lupa berdoa, ingat jangan lupakan doa. hehe.
foto : @qorykazhari

CATATAN PENTING

  • Gunung walaupun kemarau tetap resiko hujan
  • Gunung raung terkadang dicamp 7 hujan, dibasecamp tidak hujan, – Gunung raung memiliki cuaca yang berubah rubah, jadi disarankan selalu membawa jas hujan atau tenda yg anti bocor, hehe biar nyenyak tidurnya.
  • Siang dipuncak sekitar jam 1 – 5 sore , raung selalu badai angin kabut , terkadang jga cerah.
  • Dilarang teriak2 dipuncak, dan lempar batu menurut kepercayaan penduduk .
  • Jangan lupa browsing2 terlebih dahulu sebelum melakukan pendakian.. sekian tips dari kita, kalau ada kekurangan silakan ditambahkan. atau ada kesalahan silakan dikoreksi sendiri..semoga bisa bermanfaat bagi yg ingin ke raung. ingat safety frist..
Tags

Emye

Seorang Traveller yang hanya membantu untuk mempromosikan setiap wisata di Indonesia. ( Follow Instagram @kataomed - wa 081237395539 )

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *