PulauWisata Jakarta

Kesunyian dan keindahan Pulau Air, Pulau Untuk Menyepi & Menyendiri

Satu lagi pulau yang ada di kepulaua seribu yang tak berpenghuni yakni Pulau Air. Pulau ini adalah salah satu pulau di Kepulauan Seribu yang memiliki 2 buah pulau diantara lautan yang lokasinya sangat berdekatan. Jadi saat kita akan menepi di Pulau Air, kita seperti berada diantara 2 daratan yang berbeda. Mesi pulau air terbagi menjadi 2 pulau namun kedua sama-sama memiliki keindahan yang menakjubkan.

foto : youtube Fredrik

Banyak pepohonan cemara, kelapa dan pohon-pohon lainya di Pulau Air. Tak heran bila kesan pertama begitu kita tiba di Pulau Air terasa seperti pulau yang tak terurus. Memang Pulau Air tak berpenghuni dan hanya sesekali dijaga oleh warga setempat. Padahal jika dilihat dahulunya Pulau Air merupakan sebuah resort, namun entah mengapa sekarang ditinggalkan begitu saja.

foto : @sarohasaut

Untuk menuju Pulau Air kita kita harus melalui pelabuhan atau dermaga kali adem Jakarta. Nah dari pelabuhan kali adem ini kita akan dibawa menuju Pulau Pramuka terlbih dahulu karena pulau pramuka merupakan pelabuhan besar yang bisa mendaratakan kapal penumpang. Dibutuhkan waktu sekitar 2,5 jam perjalanan laut dengan kapal untuk tiba di pulau pramuka ini namun sebelumnya kita akan transit di pelabuhan lainya terlebih dahulu yaitu pelabuhan pulau Tidung.

foto : @dhanoeadjie

Begitu tiba di pulau Pramuka, kita harus melanjutkan kembali perjalanan dengan menyewa kapal nelayan disekitar pelabuhan Pramuka menuju Pulau Air. Nah untuk harga sewanya sendiri beragam tergantung ukuran kapal, jumlah muatanya, biasanya dikenakan Rp 800.000 antar jemput untuk 6-10 penumpang, balik lagi tergantung nego kalian.

Ingat dipulau air tak ada yang berjualan, tak ada air bersih dan tak ada toilet. Untuk air bersih sendiri kalian bisa membelinya dipulau pramuka. Tinggal infokan saja kepada kapal yang akan membawa kalian kepulau air. Pulau Air memang sangat cocok untuk menyepi dan menyendiri jauh dari keramaian. Pulaunya juga cukup luas dan bersih plus di pulau ini kalian bisa memancing ikan diantara sungai atau celah yang memisahkan kedua pulau.

foto : indonesiakaya.com

Biasanya Pulau Air juga dijadikan untuk camping bareng teman-teman. Pantainya cukup bersih hanya saja hampir disekeliling pulau air dibatasi oleh pembatas laut seperti semen dan bebatuan. Oh ya buat kamu yang ingin camping mungkin harus lebih menjaga sikap dan etika mengingat pulau ini masih terglong pulau angker. Tenang saja, keindahan pulau dan pesonanya membuat siapapun melupakan hal itu.

Bawah laut Pulau Air (foto : indonesiakaya.com)

Disekitar Pulau Air kita bisa menikmati terumbu karang dan biota bawah laut. Karangnya sendiri cukup bagus menurut saya, beragam bentuknya dan ikanya juga bewarna-warni. Hanya saja pesan saya buat yang ingin snorkling di Pulau Air hendaknya dilakukan sebelum pukul 12 siang mengingat terkadang ombak atau arus dibawahnya cukup kencang.

Tags

Emye

Seorang Traveller yang hanya membantu untuk mempromosikan setiap wisata disemua daerah di Indonesia. ( Follow Instagram @emyebpj )

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *