Gunung

Gunung Prau 2565 Mdpl Via Patak Banteng

Musim hujan telah tiba, banyak yang bilang termasuk orang tua hujan-hujan begini dilarang naik gunung. Tapi yah namanya sudah hobi jalan-jalan susah untuk di cegah. Nah, kali ini sedikit cerita mengenai pendakian ke salah satu gunung terindah di Jawa Tengah nih guys. Gunung apa sih?  Dimana sih adanya?

Teman-teman yang hobi naik gunung tentu sudah tahu gunung satu ini, letaknya di daerah Wonosobo dan berdekatan dengan dataran tinggi dieng. Yupp, betul sekali Gunung Prau. Siapa sih yang tak kenal dengan gunung satu ini. Salah satu gunung yang terkenal dengan keindahan bukit dan sunrise nya. Gunung Prau terletak pada ketinggian 2565 mdpl dan memiliki dua jalur pendakian yaitu via patak banteng dan via dieng.

Kali ini kita akan membahas jalur pendakian gunung prau via patak banteng yah guys. Mulai dari transportasi dulu nih. Dari Jakarta ke wonosobo kita naik bus dan turun di terminal mendolo, harga bus kisaran 90-130 ribu tergantung class nya. Dari terminal mendolo kita lanjutkan menuju ke basecamp patak banteng dengan naik bus tiga perempat dengan biaya sebesar 20ribu. Untuk simaksi sendiri 10ribu per orang.

Jalur pendakian gunung prau via patak banteng berkisar antara 4-5 jam perjalanan. Tergantung dari kekuatan masing-masing pendaki sih. Trek yang di lalui memang banyak sekali tanjakan. Dari pos 1 sampai dengan pos terakhir sebelum batas vegetasi atau plawangan, sepanjang jalur memang sangat menanjak. Terlebih saat kita telah melewati pos 3 dan menuju batas vegetasi memang terbilang trek yang lumayan curam tanjakannya.

Kontur tanah liat berwarna coklat, di sepanjang jalur kadang kita temui bongkahan batu. Saat hujan, trek seperti ini sedikit licin, jadi selalu hati-hati guys. Di sepanjang jalur pendakian sampai dengan pos 3 kita akan menemui warung penduduk yang berjualan air minum ataupun makanan.

Lelahnya perjalanan yang  menanjak setelah melalui pos 3 semua lelah akan terbayarkan saat kita telah sampai di batas vegetasi yang hanya berjarak sekitar 10 menit ke puncak. Pemandangan yang sangat indah. Di atas puncak gunung prau terhampar bukit-bukit hijau seperti layaknya bukit teletubbis. Jika cuaca cerah kita akan melihat view gunung sumbing dan sindoro dari puncak bukit prau. Pemandangan ini yang selalu di nantikan para pendaki.

Gunung prau juga terkenal dengan sunrise nya yang sangat indah. Di tambah hamparan bukit hijau semakin menambah eksotisme tempat ini. Sering di upload ke sosial media, membuat gunung prau semakin ramai di kunjungi wisatawan. Hal seperti inilah kadang masih banyak terlihat sampah-sampah di gunung karena kurangnya kesadaran akan pentingnya menjaga kelestarian alam. Buat kalian jangan seperti ini yah guys. Bijaklah dalam menjaga alam dan bawa turun sampahmu..

Tags

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Check Also

Close