Home / Blog / Gunung / Mengenal Gunung Butak, Salah satu gunung yang wajib di daki

Mengenal Gunung Butak, Salah satu gunung yang wajib di daki

Gunung Butak adalah sebuah gunung yang letaknya tepat disebelah gunung Mistis Gunung kawi. Mungkin masih sedikit asing ditelinga kita tentang keberadaan gunung Butak ini, yap karna masih jarang pendakian yang dilakukan ke gunung satu ini.

Secara administratif gunung ini terletak dalam 2 wilayah kabupaten yakni Kabupaten Malang dan Kabupaten Blitar. Gunung Butak yang termasuk kedalam jenis gunung stratovolcano ini menyimpan banyak keindahan yang masih tersembunyi.

foto : @joharjoyz

Gunung Butak yang terletak di Jawa Timur, Indonesi berada pada posisi -7,922566˚ dan 112,451688˚ dengan ketinggial 2.868 mdpl (9,409 ft). Gunung Butak keseluruhan memiliki konfigurasi lahan bervariasi antara lain sedikit datar dan luas ,kebanyakkan jalur pendakiannya terjal dan melewati kebun teh .

Jalur pendakian Gunung Butak (foto : @anom_f9)

Gunung Butak menawarkan pesona Sabana yang sangat Indah. Memang banyak yang akan terkejut saat mereka mendaki gunung ini dan melihat sendiri ada savana indah yang masih belum terkenal seperti gunung-gunung lainya. Sabana ini bisa dilihat jika kita melakukan pendakian melalui jalur Panderman atau Prici.

foto : @dion_mccoy
foto: @densonisanjaya

Nah Padang sabana ini biasanya sering dijadikan tempat camping pendaki atau peristirahatan sebelum melakukan summit kepuncak. Di area sabana Gunung Butak juga ada sumber mata air yang bisa digunakan. Jadi sangat cocok menjadi area camp para pendaki terlebih posisi sumber mata airnya tak terlalu jauh dari are camp.

Camp area gunung butak ( foto : @kevin.febz)

Berikut ini beberapa jalur yang bisa alian gunakan untuk mendaki gunung Butak :

  • Jalur desa Semen – Gandusari – Blitar (via Sirah-Kencong) yang merupakan jalur resmi dan biasa dilalui
  • Jalur Desa Gadingkulon – Dau – Malang,
  • Jalur Bukit Panderman Batu-Malang

Ada beberapa pos pendakian yang harus kita lewati jika melalui jalur Sirah-Kencong yakni :

1. Pos 1
Di pos 1 merupakan tempat yang datar dan luas dan merupakan hutan hujan tropis

2. Pos 2
Pos 2 juga masih berupa hutan hujan tropis tetapi tidak selebat pada pos 1, pos ini kondisi tanahnya miring dan tidak terlalu lebar

3. Pos 3
Berikutnya pos 3. Jarak pos 2-3 merupakan jarak yang terdekat, kondisinya tidak terlalu jauh beda dengan pos 2, cuman hutannya mulai didominasi oleh pohon-pohon tinggi yang sudah kering

4. Pos 4
Hutannya mulai didominasi oleh pohon-pohon tinggi yang sudah kering

5. Pos 5
Setelah melewat pos 4 kita akan memasuki hutan lumut di mana tumbuhan-tumbuhan di hutan ini rata-rata ditempeli lumut-lumut sesuai dengan namanya.

6. Puncak
Jarak dari pos 5 sampai puncak hanya sekitar 15 menit.

sunrise gunung butak (foto : @huda_nur77)

Selain pemandangan sabana yang indah, digunung ini juga kita bisa melihat Sunrise yang menggagumkan tentunya dengan hamparan awan. Gunung Butak juga memiliki Bunga indah dan abadi yakni Edelwise, tapi ingat jangan pernah memetiknya ya. So buat kalian para pendaki, jangan lupa daki gunung yang satu ini.

Refrensi : wikipedia

About Mr Edoy -

Follow Instagram @emyebpj
Web Developer & Traveller Blogger

Check Also

Gunung Prau 2565 Mdpl Via Patak Banteng

Musim hujan telah tiba, banyak yang bilang termasuk orang tua hujan-hujan begini dilarang naik gunung. Tapi …