Alam & TamanDanau & SungaiMuseum & SejarahPulauSeni & Budaya

Mau Liburan di Pulau Alor, Kunjungi 9 Destinasi ini

Alor adalah sebuah pulau yang terletak di ujung timur Kepulauan Nusa Tenggara. Luas wilayahnya 2.119 km², dan titik tertingginya 1.839 m. Pulau ini dibatasi oleh Laut Flores dan Laut Banda di sebelah utara, Selat Ombai di selatan (memisahkan dengan Pulau Timor), serta Selat Pantar di barat (memisahkan dengan Pulau Pantar).

Pulau Alor adalah satu dari 92 pulau terluar Indonesia karena berbatasan langsung dengan Timor Leste di sebelah selatan. Pulau Alor merupakan salah satu dari dua pulau utama di Kabupaten Alor, Provinsi Nusa Tenggara Timur, Indonesia. Di pulau ini terdapat Kota Kalabahi, ibukota Kabupaten Alor (wikipedia).

foto : dians999.wordpress

Objek Wisata Selain potensi wisata bahari, Alor juga menyimpan sejumlah objek wisata yang memiliki daya tarik secara kultural dan historis yang jarang dijamah dan dikunjungi baik oleh penduduk setempat maupun oleh wisatawan. Meski memiliki aksebilitas amat terbatas, tetapi bagi para pencinta petualangan alam justru menjadi tantangan dan keunikan.

Nah buat kamu yang mau liburan ke Alor atau mungkin saat ini lagi berdinas di Alor jangan bingung mau kemana, Coba saja kunjungi 8 destinasi keren ini.

1. Diving di Selat Pantar

foto : worldwildlife.org

Selat Pantar sendiri terkenal dengan taman lautnya karena kita bisa menyelam sambil menikmati indahnya wisata bawah laut yang teramat indahnya. Wisata bawah laut yang sulit dijabarkan hanya dengan kata-kata saja. Buat kamu-kamu yang suka Diving atau sekedar Snorkling bisa kesini tempatnya. Keindahan bawah laut yang menakjubkan akan memanjakan mata kita disana.

Selengkapnya bisa dilihat disini : Selat Pantar Kecantikan Bawah Laut Di Selat Pantar Alor

2. Napak Tilas Sejarah Alor Di Museum 1000 Moko

Museum 1000 Moko terletak di Nusa Tenggara Timur, tepatnya di Kota Kalabahi, Kabupaten Alor. Lokasinya mudah ditemukan karena gak jauh dari pusat kota yaitu di Jalan Diponegoro. Kalian pasti penasaran kenapa museum ini dinamakan Museum Moko? Yups, konon Moko merupakan sebuah benda yang mewakili kebudayaan masyarakat Alor sebagai benda bernilai tinggi. Di dalam museum kalian bisa melihat berbagai benda kuno seperti alat tenun, kain tenun, gerabah, peralatan nelayan, serta tentu saja Moko.

Baca selengkapnya disini : Napak Tilas Sejarah Alor Di Museum 1000 Moko

3. Berkunjung ke Pusat Kain Tenun Khas Nusa Tenggara Timur

Pulau Ternate ini merupakan sebagian kecil pulau yang ada Kabupaten Alor, Nusa Tenggara Timur. Pulau ini memiliki empat kampung, yaitu Kampung Umapura, Kampung Bogakele, Kampung Biatabang, dan Kampung Abangbul. Daaaan disini hanya terdapat dua sumur yang digunakan untuk empat kampung tersebut. Waaah, apa jadinya yaa 2 sumur untuk 4 kampung.

Sumber Foto : http://marischkaprudence.blogspot.co.id/2014/12/ternate-ada-di-alor.html

Pulau Ternate ini merupakan pusat kain tenun ikat khas Nusa Tenggara Timur. Bahkan, menjual kain tenun merupakan mata pencaharian utama masyarakat Pulau Ternate. Namun, sebagian besar masyarakat ada pula yang bermatapencaharian sebagai nelayan. Karena kekayaan lautnya yang masih dalam kondisi bersih, jernih dan dipenuhi banyak ikan.

Baca selengkapnya disini : Pulau Ternate, Alor. Pusatnya Kain Tenun Khas Nusa Tenggara Timur

4. Berkunjung ke Desa Kopidil yang masih memakai Pakaian Dari Kulit Kayu

Desa Kopidil, Kecamatan Kabola, Kabupaten Alor, Nusa Tenggara Timur (NTT), masih mempertahankan budaya yang sudah turun-menurun dari warisan leluhur nenek moyang mereka untuk mengenakan pakaian traditional yang terbuat dari kulit kayu.

Foto by Google

Menurut kepala desa kopidil, dulu pada jaman nenek moyang, belom ada yang nama nya kain seperti saat ini, sehingga mereka harus menggunakan kulit kayu sebagai pakaiannya. Dan jenis kayu yang dipakai oleh masyarakat kabupaten alor ini adalah jenis kayu K.

Baca selengkapnya disini : Warga Desa Kopidil Alor Masih Mengenakan Pakaian Dari Kulit Kayu, Ini Dia Sejarahnya

5. Sunrise di Pantai Mali

foto : awalnya.blogspot

Apabila selama ini banyak mereka pemburu senja ingin menghabiskan waktu melihat matahari terbenam, maka setelah melihat matahari terbit di Pantai Mali, mereka pasti akan jatuh cinta dengan pesona sunrise di sana. Pantai Mali adalah pantai yang terletak di Pulau Alor, Kota Kalabahi, NTT, yang jaraknya kurang lebih 15-20 menit dari pusat kota bila mengendarai sepeda motor.

Baca selengkapnya disini : Pantai Mali, Cinta Pertama Pemuja Matahari Terbit

6. Berkunjung ke Perkampungan tradisional Monbang

Foto by Ireztia

Perkampungan tradisional Monbang berada di Desa Kopidil Kecamatan Alor Barat Laut. Jarak dari Kalabahi sekitar 7 km. Perkampungan tradisional Monbang ini dapat ditempuh dengan kendaraan roda 4 dalam waktu 45 menit. Potensi yang dapat dinikmati di Perkampungan asli suku Kabola adalah rumah adat, lagu, tarian khas suku Kabola dan busana spesifik dari kulit kayu. Dalam perjalanan kalian akan disuguhi pemandangan indahnya Teluk Mutiara.

Baca selengkapnya disini : Perkampungan Tradisional Monbang, Alor

7. Belajar kehidupan di Pulau Buaya

Indonesia memang terkenal dengan negara kepulauan. Kali ini kita akan membahas salah satu pulau uniknya, yaitu Pulau Buaya. Pulau ini berada di Kecamatan Alor Barat Laut, Kabupaten Alor, Provinsi Nusa Tenggara Timur. Jangan sampai salah alamat! Terdapat banyak pulau di Indonesia dengan nama yang sama.

Foto oleh: edyraguapo.blogspot.com

Dinamakan Pulau Buaya karena jika dilihat dari kejauhan, bentuknya memang seperti buaya yang sedang tertidur. Tak perlu risau, walaupun dinamakan demikian tetapi tidak akan ada anda temui hewan buaya disekitar wilayah ini. Jadi anda bisa berwisata dengan nyaman.

Baca selengkapnya disini : Pulau Buaya; Menelisik Keunikan Pulau Di Alor, NTT

8. Berenang di Kolam Bidadari

sumber foto : google

Kolam air Bidadari memiliki kejernihan sebening kaca, bahkan membuat matamu terbelalak saking tak percaya ada kolam sejernih ini di Nusa Tenggara Timur. Lagi-lagi Nusa Tenggara. By the way, kolam air yang jernih ini disebut Kolam Bidadari. Dinamakan demikian karena bening bak bidadari yang membuat mata orang seakan tak mau berkedip.

Baca selengkapnya disini : Kolam Bidadari Alor, Pesona Tersembunyi Di Tengah Hutan

9. Rumah Semut Tuti Adagai

Pernahkah terbersit di benak teman-teman ada sebuah rumah semut yang menyemburkan air sampai ke langit? Kalau dikisahkan mungkin cerita itu akan masuk ke dogeng 1001 malam nya Abunawas. Tapi tidak demikian di negeri kita yang kaya akan wisata alamnya yang asri dan alami ini.

sumber foto: https://mtsnkalabahintt.wordpress.com

Jika kalian berkunjung ke Pulau Alor, sempatkanlah mampir ke Alor Timur Laut. Disana, kalian akan bertemu dengan Tuti Adagai. Ia bukanlah seorang pedagang kerajinan ataupun seorang kepala suku. Tuti Adagai merupakan sumber mata air panas yang terletak di kecamatan Alor Timur Laut, Kabupaten Alor. Ia menyemburkan airnya dengan indah layak nya air mancur yang keluar dari tumpukan batu kecil yang tertata dengan rapih seperti rumah semut yang menjulang tinggi ke langit.

Baca selengkapnya disini :Sumber Mata Air dari Rumah Semut itu bernama Tuti Adagai

Tags

Emye

Seorang Traveller yang hanya membantu untuk mempromosikan setiap wisata di Indonesia. ( Follow Instagram @kataomed - wa 081237395539 )

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *