Pulau

Pulau Kembang, Rumahnya Para Kera

Pulau Kembang. Apasih yang terlintas dalam benakmu saat mendengar nama pulau ini ? Pasti tak lain dari pulau yang di dalamnya terdapat berbagai macam jenis bunga dan tanaman. Padahal, realitasnya belum tentu loh guys, karena sebenarnya pulau ini adalah pulaunya para kera.

Sumber Foto : Galeri Indonesia Kaya

Fyi, Pulau Kembang terletak di sebelah barat Kota Banjarmasin, tepatnya Kecamatan Alalak, Kabupaten Barito Kuala, Kalimantan Selatan. Dan kini statusnya telah ditetapkan sebagai salah satu hutan wisata. Uniknya lagi, Pulau Kembang ternyata merupakan habitat bagi kera berekor panjang. Konon katanya, kamu juga dapat melihat kemunculan kera berwarna putih jika beruntung.

Sumber Foto : Galeri Indonesia Kaya

Selain itu, ada juga yang bercerita bahwa dahulu kala Pulau Kembang berasal dari Kapal Inggris yang dihancurkan oleh orang Biaju pada tahun 1750-an atas perintah Sultan Banjar. Kemudian puing bekas kehancuran kapal tersebut ditumbuhi pepohonan dan berevolusi menjadi sebuah pulau yang didiami oleh sekelompok kera. Dimana kelompok kera tersebut dipimpin oleh seekor kera yang sangat besar berwarna putih.

Sumber Foto : Galeri Indonesia Kaya

Nah, percaya atau tidak, begitulah cerita yang beredar. So, jika kamu berkunjung kesini, kamu dapat membeli sebungkus kacang yang dijual di depan gerbang wisata untuk kamu berikan kepada kera-kera. Selain itu, didalam kawasan hutan ini juga terdapat sebuah altar berlambangkan dua buah arca berwujud kera berwarna putih (hanoman), yang diperuntukkan sebagai tempat untuk meletakkan sesajen bagi para ‘penjaga’ Pulau Kembang.

Sumber Foto : Galeri Indonesia Kaya

By the way, Pulau Kembang berjarak 1,5 km dari Kota Banjarmasin. Dan dapat ditempuh dengan menggunakan perahu klotok sewaan selama 15 menit. Sesampainya di Pulau Kembang, kamu akan langsung disambut dengan kera-kera yang lincah dan sangat agresif. So, tertarikkah kamu untuk merasakan sensasi berada di tengah-tengah gerombolan kera ? Jika iya, cobalah berkunjung ke Pulau Kembang di Banjarmasin ini.

Referensi : Galeri Indonesia Kaya

Tags

kikyamaleader

Nama saya Rizky Amalia. Seorang Accountant sekaligus Mahasiswi jurusan Hubungan Internasional yang hobby menceritakan indahnya Indonesia melalui goresan pena. Bagiku, menulis adalah cara untuk melukiskan pikiran, perasaan, serta gairah jiwa. Hingga pada akhirnya, tulisan-tulisan itulah yang akan menceritakan kembali siapa aku dan bagaimana aku melintas di bumi ini.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *