Editor PicksSeputar TravellingTips Travelling

Mau Ke Sumba Via Darat & Laut, Ini Rute dan Biayanya

Sumba adalah sebuah pulau yang ada di Provinsi Nusa Tenggara Timur, Indonesia. Luas pulau Sumba mencapai 10.710 km², dan titik tertingginya Gunung Wanggameti (1.225 m). Sumba berbatasan dengan Sumbawa di sebelah barat laut, Flores di timur laut, Timor di timur, dan Australia di selatan dan tenggara. Selat Sumba terletak di utara pulau ini. Di bagian timur terletak Laut Sawu serta Samudra Hindia terletak di sebelah selatan dan barat.

Peta Pulau sumba (fotoKonsorsium DAS Kadahang)

Di Pulau Sumba sendiri ada empat kabupaten yakni Kabupaten Sumba Barat, Kabupaten Sumba Barat Daya, Kabupaten Sumba Tengah, dan Kabupaten Sumba Timur. Kota terbesarnya adalah Waingapu, ibukota Kabupaten Sumba Timur. Kota tersebut juga terdapat bandar udara dan pelabuhan laut yang menghubungkan Pulau Sumba dengan pulau-pulau lainnya di Indonesia seperti Pulau Sumbawa, Pulau Flores, dan Pulau Timor.Selain Waingpau sebenarnya ada juga Tambolaka yakni Ibu Kota kabupaten Sumba Barat Daya. Selain ada Bandar Udaranya, Tambolaka juga memiliki pelabuhan baru yang baru saja dibangun yakni pelabuhan Weikelo.

Buat teman-teman yang ingin lebih tahu di Pulau Sumba itu ada wisata apa saja, kalian bisa baca infonya diisni 15 Destinasi Keren yang ada di Sumba

Akses menuju Sumba sendiri selain bisa ditempuh via udara alias pesawat juga bisa ditempuh melalui Jalur Laut ataupun Jalur darat dengan penyebrangan dan kendaraan bus. Berikut ini saya sampaikan mengenai Rute menuju Sumba Via Darat & Via Laut yang mungkin bisa menjadi aternatif kalian untuk datang ke Pulau Sumba, Pulau yang terlupakan.

1. VIA LAUT

Buat teman-teman yang punya banyak waktu saya sarankan ke Sumba dengan menggunakan kapal Laut. Meski memakan wkatu berhari-hari namun biaya yang dikeluarkan jauh lebih murah. Dari Jakarta Sendiri kamu bisa naik kapal laut dengan Tujuan Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya atau naik Kereta tujuan Surabaya.

Dari pelabuhan Tanjung Perak Surabaya kita bisa menaiki kapal PELNI yang melintasi rute pelyaran Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya – Pelabuhan Tenanu Kupang. Info jadwalya kapan bisa kalian cek disitus pelni.co.id dan pilih tanggal yang kalian inginkan apakah ada jadwal kapalnya atau tidak.

Biasanya kapal Pelni yang melayani rute pelayaran Surabaya- Kupang adalah kapal KMP AWU. Selain kapal AWU ada kapal lainya yang bisa menjadi pilihan seperti KMP UMSINI, KMP Ile Mandiri, KMP Umakalada, dan KMP Cucut. Oh ya waktu yang dibutuhkan Dari Surabaya untuk sampai di Sumba adalah sekitar 4 hari 3 malam. Wow banget kan heee tapi tenang, Kapl Pelni itu gak bosenin kok selain sudah dilengkapi berbagai fasilitas hiburan juga ada tempat tidurnya yang bisa kalian pilih sesuai budget kalian.

Meski 5 harian tapi tidak terllau terasa karena rute Surabaya – Kupang akan melintasi kota-kota lainya seperti Tanjung Perak Surabaya, Padang bai Bali, Lembar lombok, Sape Sumbawa dan pelabuhan Waingapu Sumba. Saya sendiri kalo naik pelni paling sering menghabiskan waktu di Bisokop mini, karokean dan nongkrong di cafe-cafe. Oh ya setiap tempat tidur juga sudah disediakan cargeran jadi kalian jangan khwatir bisa nonton di laptop atau main games sepuasnya.

Kapal Pelni (foto: lampungopro)

Biasanya jika kita naik kapal pelni sudah termasuk makan & minum 3 kali sehari jadi gak perlu kelaparan. Apalagi di kapal pelni sudah banyak warung-warung makanan dan jajanan yang bisa kalian beli. Ets buat yang ingin lebih hemat bisa membawa makanan atau mie karena disedikan gratis air panas yang bisa dinikmati siapa saja, ingat jajajan di pelni mahal-mahal heee.

Tarif Kapal KM Awu menuju Sumba dari Surabaya adalah Rp 400.000 dan Balita Rp 40.000. Pelabuhan di Sumba yang dituju adalah pelabuhan Waingapu yang ada di Sumba Timur. Ingat butuh 4 hari 3 malam untuk sampai di Sumba jadi persiapkan fisik dan mental kalian ya jangan sampe bosen dan setres heee.

2. VIA DARAT

Selain melalui Jalur laut, kalian bisa memilih rute jalur darat. Meski rute jalur darat ini cukup menyita waktu dan tenaga karena harus berkali-kali pindah jenis kendaraan namun tantangan dan petualangan yang akan kalian dapatkan jauh lebih seru dibanding dengan kapal laut. Nah buat kalian yang belum baca tulisan saya dari Jakarta/ Surabaya menuju Lombok via Darat silahkan baca terlebih dahulu disini Mau ke Lombok Lewat Jalur Darat ? Ini Rute & Biayanya

Lombok
Bandara Udara Internasional Lombok (Dok by @tomzstone)

Seperti yang sudah disampaikan di tulisan saya diatas yaitu tentang jalur darat dari Surbaya atau Jakarta ke Lombok dengan rute berikut ini:

Jakarta – Surabaya : Kereta Api
Surabaya – Banyuwangi : Kereta Api
Banyuwangi – Bali ( Pel. Gilimanuk ) : kapal laut
Pel. Gilimanuk Bali – Pel. Padang Bai Bali : Kapal Laut
Pel. Padang Bai bali – Pel. Lembar Lombok : Kapal Laut
Pel.Lembar Lombok – Terminal Mandalika Lombok : Bus

Begitu sampai di Terminal Mandalika Lombok, jangan lupa naik bus tujuan kota Bima yang ada di pulau Sumbawa. Oh ya untuk detailnya bisa kalian simak dibawah ini.

TITIK POINT UTAMA LOMBOK

Jika kit apilih Titik point utamanya di Lombok maka kita harus menuju Pelabuhan Khayangan yang ada di Lombok Timur. Naik pesawat apapun yang murah Rute Bandara Sukarno Hatta Jakarta – ke Bandara internasional Lombok. Dari Bandara Lombok kamu harus menuju terminal MANDALIKA.

Bisa kesana melalui Bus Damri yang beroperasi dibandara Lombok dan buat kalian yang kemalaman bisa numpang nginep di Pool damri aja dulu lebih aman. Biasanya ke pool damri yang ada dikota Mataram dikenakan Rp 30.000 sekali jalan. Selain pool damri di Mataram lebih aman juga fasilitas umum seperti mushala, toilet dll juga tersedia.

Terminal Mandalika (foto:Suara NTB)

Nah dari pool damri ini tingal jalan kaki 5-10 menitan ke terminal Mandalika. Waktu tempuh yang dibutuhin dari Terminal Mandalika ke Pelabuhan Khayangan Lombok sekitar +- 2-3 jaman. Bus mulai berangkat sekitar jam 8-9 pagi jadi perhatiin waktunya.

1. Start Pertama (Pelabuhan Khayangan Lombok – Pelabuhan Pototano Sumbawa)

Jarak dari Pelabuhan Khayangan Lombok Timur ke Pelabuhan Pototano Pulau Sumbawa sekitar 60 menitan alias 1 jaman dengan kapal laut. Biaya yang dikenakan per penumpang skitaran 75-90 ribuan.

Pelabuhan Khayangan (foto : Radar Lombok)

2. Pelabuhan Pototano Sumbawa – Kota Bima (terminal)

Selanjutnya perjalanan dari Pelabuhan Pototano kalian harus naik bus ke Kota Bima yang ada di Sumbawa. Dari pelabuhan cukup jauh ke kota Bima dan jarang sekali ada jadi pandai-pandai mencari bus kosong, harus berani nawar ke pihak Bus. Dari Pelabuhan Pototano ke Kota Bima (Terimnal Bima) ongkosnya sekitar 150-200san tergantung tawaran kalian. Waktu yang dibutuhin sekitar 5 jam perjalanan darat melewati jalur-jalur perkampungan dan tanjakan2.

Pelabuhan Pototano Sumbawa (foto : YouTube)

Kalo kalian dari pelabuhan Pototano jam 12san siang artinya bakalan sampe di Bima jam 17.00 sore artinya kalian harus menginap di Kota Bima semalam karena kapal bakalan jalan jam 8 pagian. Nah tiba di Terminal Bima kalian cari aja penginapan deket sana. Biaya penginapan di Bima murah ko sekitar 100-150an permalam dan usahain jangan jauh-jauh dari terminal karna pagi2 bus kepelabuhan Sape biasanya jalan jam 5 pagi.

3. Terminal Bima – Pelabuhan Sape

Rute yang kita tuju berikutnya adalah Pelabuhan Sape. Pelabuhan Sape ini yang bakalan bawa kita ke Labuan Bajo.  Bis dari Terminal Bima ke Pelabuhan Sape biasanya mulai jalan jam 5:00 pagi jadi kalian jangan sampai terlambat di terminal. Tarifnya Bus dari Terminal Bima ke Pelabuhan Sape sebesar Rp30.000 per orang dengan Waktu tempuh sekitar 3 jam.

Pelabuhan Sape (foto: flickr)

Jauh kan heee iya memang jauh dan melelahkan tapi pemandangan diperjalananya cukup bagus ko. Pelabuhan Sape itu lokasinya ada di ujung barat sumbawa jadi kaya ujung ke ujung sih makanya lumayan jauh. Nah kalo kita jam 5 pagi dah jalan dari terminal Bima maka skitaran jam 8 pagi sudah sampai di pelabuhan Sape.

4. Pelabuhan Sape Bima – Pelabuhan Waikelo Sumba Barat Daya (SBD)

Sekarang kita beruntung karena dari Sape Sumbawa sudah ada kapal laut yang melayani rute menuju Kota Tambolaka kabupaten Sumba Barat Daya yakni di pelabuhan Waikelo. Tarifnya juga sangat murah dan wkatu tempuh yang relatif singkat. Hanya dengan tarif Rp 65.000/ penumpang dalam waktu sekitar 10 jam kita akan tiba di Waikelo SBD.

Pelabuhan Waikelo Suba Barat Daya (foto: Yuneec Q500 4K youtube)

Biasanya jadwal pelayaran dari Sape ke Waikelo adalah malam hari sekitar pukul 21.00 waktu setempat atau pelabuhan sape dan akan tiba di Waikelo pada pukul 08.00 pagi. Sebenarnya tidak terllau terasa jika kita isi waktu dengan istirahat. Tenang saja, dikapal sudah tersedia penjual makan dan minum atau sudah tersedia cargearan yang bisa kalian pakai.

Rincian Transportasi Start dari pelabuhan Khayangan Lombok – Labuan bajo

– Tiket Bis Bandara – Terminal Mandalika Rp 30.000
– Terminal Mandalika – Pelabuhan Khayangan – Pelabuhan Pototano Rp 80.000
– Bis Pototano – Bima Rp 150.000
– Bis Bima – Pelabuhan Sape Rp 30.000
– Tiket Ferry Pelabuhan Sape – Waikelo SBD Rp 65.000

Total Rp 355.000

Itu dia guys beberapa alternatif rute dan akses menuju pulau Sumba. Sekali lagi silahkan pilih sesuai dengan waktu dan keuangan masing-masing. Saya sendiri lebih memilih rute Darat via Bandara Lombok. Dari Jakarta – Lombok dengan Pesawat dan selanjutnya dengan jalur darat dan laut. Semoga membantu ya guys.

Tags

Emye

Seorang Traveller yang hanya membantu untuk mempromosikan setiap wisata disemua daerah di Indonesia. ( Follow Instagram @emyebpj )

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *