City Tour & LandmarkSeputar TravellingTips Travelling

Mau ke Lombok Lewat Jalur Darat ? Ini Rute & Biayanya

Pulau Lombok adalah sebuah pulau di kepulauan Sunda Kecil atau Nusa Tenggara yang terpisahkan oleh Selat Lombok dari Bali di sebelat barat dan Selat Alas di sebelah timur dari Sumbawa. Pulau ini kurang lebih berbentuk bulat dengan semacam “ekor” di sisi barat daya yang panjangnya kurang lebih 70 km. Luas pulau ini mencapai 5.435 km², menempatkannya pada peringkat 108 dari daftar pulau berdasarkan luasnya di dunia. Kota utama di pulau ini adalah Kota Mataram (wikipedia).

foto : mywaton.blogspot

Lombo terkenal dengan pariwisatanya yang sangat beragam baik wisata laut, pantai, budaya, air terjun hingga kuliner. Lombok juga terkenal dengan sebutan KOta 1000 Masjid, tak heran bila kepulau ini hampir disetiap sudut akan ditemukan Masjid-masjid megah dan besar.

Salah satu dari sekian banyaknya wisata yang ada di Lombok adalah Gunung Rinjani yang menjadi salah satu gunung tertinggi di Indonesia. Nah banyak yang bingung mau ke Rinjani atau ke Lombok lewat jalur darat itu bagaimana caranya dan naik apa saja.

Berdasarkan pengalaman dan beberapa sumber menyebutkan jika ke Lombok tak harus melalui jalur udara alias pesawat yang memakan biaya cukup mahal. Berikut ini ada beberapa alternatif jalur dan transportasi yang bisa kamu pilih untuk sampai di Lombok.

1. VIA DARAT  MENGGUNAKAN BUS

Dari jakarta ke Lombok bisa ditempuh dengan menggunakan Bus umum. Memang waktu tempuhnya cukup lama yakni mencapai 26-30 Jam alias sehari atau dua hari lebih tergantung kelancaran dengan jarak tempuh skitar 1300 km. Biayanya sendiri tergantung masing-masing armada bus umumnya dikenakan biaya Rp 500-550 ribuan sekali jalan.

Misalnya saja PO Taiara Mas yang biasa melayani rute Jakarta- Lombok Barat, dia memberikan tarif Rp 550.000, dengan titik keberangkatanya yakni diterminal Pulogadung dan berhenti di Pelabuhan Lembar Lombok Barat. Bus ini akan melewati beberapa kota di Jawa dan Bali bahkan menyebrangi lautan dan pelabuhan.

Bus Safari Dharma (foto:pantauanharga)

Bus lainya yang melayani rute Jakarta-Lombok adalah Bus Safari Dharma Raya. Bus ini biasanya tak hanya membawa penumpang sampai di kota Mataram tetapi juga sampai kekota Bima pualu Sumbawa. Tarif yang dikenakan hampir sama yakni 500-550 ribuan dengan waktu tempuh 1-2 hari perjalanan. Po Bus Safari Dharma Raya ada di Kebayoran, Leba Bulus, Rawamangun dan juga ada di Pulau gadung. Bus Bus Safari Dharma ini biasanya akan berangkat dari Pool Kebayoran pukul 15.00, dan berangkat dari Pulau Gadung sekitar jam 17.00.

RINCIAN
========
Total Biaya : Rp 500-550.00
Waktu tempuh : 30 Jam perjalanan
Jalur Tempuh : Jakarta – Semarang – Surbaya – Banyuwangi-Bali-Lombok

2. VIA DARAT MENGGUNAKAN KERETA

Buat pecinta kereta api, Kamu juga bisa ke Lombok dengan kereta Api. Ets, kereta apinya hanya sampai kota Banyuwangi saja karna setelah banyuwangi kita harus berpindah-pindah menggunakan Bus dan kapal laut. Dari jakarta Pilih stasiun Gubeng Surabaya. Setelah tiba di setasiun Surabaya dilanjutkan dengan kereta api Surabaya ke Stasiun Banyuwangi Baru.

Stasiun Senen Jakarta (foto: dream.co.id)

Oh ya biaya kereta murah dari Jakarta – Surabaya adalah dengan kereta Api Gaya Baru Selatan. Biasanya tarifnya hanya 110.000, dengan waktu tempuh 12 jam. Selanjutnya dari Surabaya ke banyuwangi dikenakan tarif kereta sekitar Rp 100.000an. Lalu setibanya di stasiun Banyuwangi kita tinggal jalan kaki ke pelabuhan Ketapang Banyuwangi sekitar 5 menitan. Nah sampai di pelabuhan Ketapang naik bus tujuan Bali yakni terminal Ubung.

foto : banyuwangi bagus

Harga tiket bus dari Pelabuhan Ketapang ke Terminal Ubung adalah sekitar Rp 35.000 – Rp 60.000. Lama perjalananya sekitar tiga jam perjalanan termasuk penyeberangan Selat Bali via kapal feri. Tenang saja di pelabuhan Ketapang banyak bus yang melayani rute terminal Ubung.

pelabuhan Padang Bai Bali (foto: giliislandfastboats.com)

Sampi diterminal Ubung kalian harus naik bus lagi menuju pelabuhan Padang Bai Bali. Biaya yang dibutuhkan adalah sekitar Rp 45.000 – Rp 60.000 dengan waktu tempuh perjalanan sekitar 4 jaman. Ets dari pelabuhan Padang Bai Bali kita harus nyebrang ke pelabuhan Lembar Lombok.

Lama penyeberangan ke Pelabuhan Lembar Lombok dari Padangbai Bali adalah 4-5 jam. Tarif yang dikenakan sekitar Rp 45.000 – Rp 50.000. Sudah sampai di lembar artinya sudah sampe Lombok dan kalian tinggal cari jalan menuju ke Pelabuhan Khayangan Lombok Timu salah satunya mellaui terminal Mandalika kota Mataram.

Rincian Biaya 
==========

Stasiun Senen Jakarta – St. Gubeng Surabaya Rp 110.000
Stasiun Surabaya Gubeng – St Banyuwangi Baru Rp 100.000
Pelabuhan Ketapang – Terminal Ubung Rp 60.000
Terminal Ubung – Pelabuhan Padang Bai Rp 60.000
Pelabuhan Padang Bai – Pelabuhan Lembar Rp 60.000
Pelabuhan Lembar – Terminal Mandalika Rp 30.000

Total Biaya Rp 420.000

3. VIA LAUT MENGGUNAKAN KAPAL

Buat kalian yang ingin menggunakan kapal laut maka kamu harus menuju kota Surabaya terlebih dahulu. Ambil kereta atau bus tujuan surabaya. Jika kereta ambil Kereta Gaya Baru Malam dengan tarif sebesar Rp 110.000, dengan rute St.senen Jakarta menuju St.Gubeng Surabaya. Nah jika kita sudah tiba di Surabaya kalian harus menuju kepelabhuan Perak.

Oh ya kini sudah ada kapal laut yang langsung melayani Rute Surbaya – Lombok. Kapal KMP Legundi adalah kapal yang akan melayani rute ini Berangkat dari dermaga Jamrud Utara 310, Terminal Gapura Surya Nusantara, Pelabuhan Tanjung Perak, dan akan merapat di Pelabuhan Lembar, Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB).

 

KM Wilis dan kapal tilongkabila (foto : Kapal Penumpang Pelni)

Tapi sayangnya KMP Legundi hanya melayani seminggu dua kali tujuan Surabaya-Lombok. Penyebrangan hanya ada pada Selasa dan Sabtu (cek lagi) dari Pelabuhan Perak Surabaya dan Hari Senin dan Kamis dari pelabuhan Lombok (cek lagi).

Pelabuhan Lembar (foto : TripTrus)

Perjalanan yang dibutuhkan adalah sekitar 21 Jam melintasi lautan. So butuh banyak antimo heee biar nyenyak bobo dikapal. Tarif baru KMP Legundi yakni buat dewasa : Rp 87.000, Anak-anak : Rp 62.000, sepeda motor : Rp 225.000, Mobil pribadi : Rp 1.525.000, dan mobil pick up : Rp 1.392.000 (Silahkan diupdate).

Rincian Biaya 
===========

St Senen Jakarta – St.Gubeng Surabaya Rp 110.000
Pelabuhan Perak – Pelabuhan lembar Rp 80.000
Pelabuhan Lembar – Terminal Mandalika Rp 30.000

Total Biaya Rp 220.000

 

Nah sudah dapat estimasi mau milih jalur mana kan, jangan lupa management waktu kalian dan jaga kesehatan bila lebih memilih jalur darat mengingat perjalanan yang cukup jauh dan sangat melelahkan.

Tags

Emye

Seorang Traveller yang hanya membantu untuk mempromosikan setiap wisata disemua daerah di Indonesia. ( Follow Instagram @emyebpj )

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *