Alam & TamanEditor Picks

Sumur Laut Raksasa di Teluk Donggala

Pusentasi Pusat Laut merupakan salah satu objek wisata yang berada di Dusun Simbe, Desa Limboro, Kecamatan Banawa Tengah, Kabupaten Donggala, Sulawesi Tengah. Pusentasi yang berartikan Pusat Laut ini berbentuk seperti sumur raksasa yang berdiameter 10 meter dengan kedalaman 7 meter.

Pusat Laut Donggala berupa sebuah sumur raksasa, sumur tersebut terbentuk secara alami dan mempunyai ukiran bebatuan. Air di dalamnya berwarna biru jernih dan berasa asin seperti air laut. Menurut informasi, terdapat terowongan yang menghubungkan lubang ini ke laut. Uniknya, air di dalam sumur tidak pernah keruh meskipun banyak orang yang menggunakannya untuk berenang ataupun menyelam. Keunikan lainnya adalah, air di dalam sumur raksasa ini akan pasang bila air laut sedang surut dan akan surut ketika air laut sedang pasang.

adapada.com-image-trip-pusen-pusat-tasi-laut-di-donggala-sulawesi-tengah-1
foto : adapada.com

Untuk menuju ke wisata Pusentasi Pusat Laut, Jika ditempuh darat menggunakan kendaraan bermotor, seperti sepeda motor dan mobil dari Banawa ibu kota Kabupaten Donggala hanya berjarak 12 km. Sedangkan, jika ditempuh dari Palu, Ibu kota Provinsi Sulawesi Tengah, dengan kendaraan pribadi hanya berjarak 46 km, dengan durasi waktu yang anda perlukan tidak kurang dari 45 menit perjalanan.

Ikuti saja papan petunjuk arah yang menginformasikan lokasi Pantai Tanjung Karang Donggala. Dari pantai ini, lokasi Pusat Laut sudah sangat dekat. Pusat Laut Donggala masih berada di kawasan Pantai Tanjung Karang, sebuah pantai yang juga cukup terkenal keindahannya. Hanya sekitar 500 meter dari bibir Pantai Tanjung Karang.

pusentasi pusat laut
foto : alimuakhir

Dan pastinya nih, obyek wisata pusentasi pusat laut tidak akan kalian temukan di provinsi lain di Indonesia bahkan negara lain di dunia, selain di Provinsi Sulawesi Tengah. Wahh, keren kan. Kesana Yuk…

Tags

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *