City Tour & LandmarkMasjid

Masjid Baitul Makmur Yang Eye Catching

Lokasi masjid ini berada dekat di area makam pahlawan kota Tanjung uban. Sehingga dari masjid ini kita bisa melihat pemandangan di wilayah Tanjung uban sekitarnya pada ketinggian. Anda juga bisa melihat pemandangan selat Uban pemisah pulau Batam dan pulau Bintan.

Bangunan masjid ini termasuk masjid terbesar di wilayah Bintan yang berada di Tanjung Uban. Arsitektur kubah Masjidnya dibuat dari bahan baja ringan, tahan terhadap karat, dan memiliki diameter hingga 9 meter. Masjid yang terdiri dari 2 lantai ini, memiliki daya tampung hingga 2 ribu jamaah. Sementara untuk daya tampung keseluruhan masjid yang meliputi serambi maupun halaman yang mencapai 6.000 jamaah.

Berbeda dengan bangunan masjid lain pada umumnya, karena desain Masjid ini memang sangat unik. Memiliki warna yang sangat ngejreng telah mendominasi sebagian besar dinding bangunan masjid. Ditambah lagi halaman paving masjid ini di cat bernuansa colorfull sehingga masjid ini terlihat sangat berbeda. Arsitektur bangunan juga tidak kalah indahnya dengan masjid lainnya.

Jika dilihat secara geografis, letak masjid ini berada di Tanjung Uban, Kec. Bintan Utara, Kab. Bintan, Prov. Kepulauan Riau. Jika anda ingin menuju ke Masjid ini, jarak yang harus ditempuh sekitar 80 kilometer dari Tanjung Pinang. Waktu yang anda habiskan sekitar 2 jam jika menggunakan mobil ataupun motor.

Namun bila pengunjung dari Batam, bisa memanfaatkan transportasi laut baik kapal feri ataupun speed boat dari wilayah Pelabuhan Telaga Punggur. Anda juga bisa lebih cepat memakai speed boat karena hanya memakan waktu sekitar 30 menit untuk tiba di Tanjung Uban. Selanjutnya anda tinggal melanjutkan perjalanan sekitar 2 kilometer agar bisa tiba di masjid.

Bangunan masjid Baitul Makmur juga mengadopsi arsitektur modern dengan digabungkan desain arsitektur tradisional. Keindahan arsitekturnya dapat dilihat dari bagian eksterior maupun interior masjid, yang memiliki nilai artistik.

Di bagian eksteriornya, telah dilapisi cat berwarna mencolok yang terlihat eye catching. Kesan colorfull sangat terasa di sisi luar masjid, bagian halaman masjid yang sudah dipaving telah dihiasi oleh warna-warni cat yang sangat indah. Taman yang ada di halaman masjid juga semakin mempercantik keindahan sekitar area masjid.

Kubah yang dimiliki oleh masjid ini ada 5 kubah, yang terdiri dari 1 kubah utama dengan 4 kubah kecil. Konon pembuatan kubah tersebut menelan biaya sampai 600 juta rupiah. Bangunan kubah juga telah dihiasi oleh ornamen warna-warni sehingga melambangkan keberagaman suku maupun bangsa umat Islam.

Banyak sekali jenis kubah yang ada di Indonesia. Warna yang bermacam-macam juga memberikan daya tarik tersendiri mengenai kubah yang ada pada sebuah masjid. Untuk kubah yang memiliki warna sangat mencolok biasanya barasal dari jenis kubah panel enamel. Kubah jenis ini biasanya terdiri atas 2 warna atau lebih. Banyak yang lebih suka dengan jenis kubah ini selain memiliki warna yang mencolok, jenis kubah ini juga tahan lama hingga 20 tahun.

Jenis kubah ini juga sangat cocok jika di gunakan untuk masjid yang berada di dataran tinggi seperti masjid ini. Karena resiko kerusakan yang terjadi karena peristiwa alam yang terjadi sangat sedikit. Jadi, sangat cocok untuk pemasangan daerah tersebut. Bukan Cuma itu saja, untuk daerah yang rawan gempa, kubah panel enamel juga sangat cocok digunakan karena tahan terhadap guncangan yang terjadi sehingga tetap awet dan tahan lama.

Tags

bubuy

Backpackology

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Check Also

Close