Home / Blog / Air Terjun / Main Air Sepuasnya Di Curug Bidadari Talun Pekalongan

Main Air Sepuasnya Di Curug Bidadari Talun Pekalongan

Main Air Sepuasnya Di Curug Bidadari Talun Pekalongan

Tak perlu jauh-jauh main ke Petungkriyono untuk hanya sekedar bermain air yang jernih. Di kecamatan Talun, ada juga lho kolam berisi air jernih dan seger dengan pemandangan dinding batu yang eksotis. Namanya ialah Curug Bidadari, disini terdapat kolam yang bisa untuk arena bermain air atau berenang untuk anda, dan juga jika anda punya nyali untuk masuk ke lorong diantara dua tebing batu, anda akan menemukan curug alias air terjunnya.

Curug Bidadari berada dibalik dinding batu
Curug Bidadari berada dibalik dinding batu

Curug Batu Dinding Kolam Lima atau yang terkenal dengan sebutan Curug Bidadari, terletak di desa Purbo Jolotigo kecamatan Talun kabupaten Pekalongan, tepatnya di perbatasan antara kabupaten Pekalongan dan Batang. Curug ini terletak dibalik batu dinding yang mejulang tinggi mehimpit sungai. Di area Curug Bidadari ini terletak 5 kolam pemandian yang memiliki kedalaman berbeda-beda dari 1meter-7meter, Cocok banget buat kalian yang hobi berenang and clif jump.

Kolam alami yg cocok untuk berenang
Kolam alami yg cocok untuk berenang

Untuk menuju lokasi wisata ini, kita bisa mengunakan kendaraan umum atau pribadi melalui Kecamatan Doro, Talun lalu Batursari, Sengare hingga Jolotigo. Bagi  pengunjung yang menggunakan jasa angkutan umum hanya bisa berhenti sampai Desa Batursari, lalu meneruskan perjalanan dengan menggunakan jasa tukang ojek. Bagi para petualang pasti akan menikmati perjalanan ini, apalagi setelah menempuh medan yang cukup menantang.

Jalan menuju Curug dengan menghunakan tambang disisi kiri
Jalan menuju Curug dengan menghunakan tambang disisi kiri

Jarak tempuh dari kota Pekalongan sampai kelokasi dibutuhkan waktu sekitar 2 jam perjalanan menggunakan kendaraan (bermotor) dilanjutkan jalan kaki sekitar 20 menit perjalanan. Untuk tiket masuk Curug Bidadari, kita hanya cukup membayar sebesar Rp 3.000 dan parkir motor Rp 2.000 saja, dijamin puas bermain air disini mulai jam 08.00 pagi hingga jam 05.00 sore.

Curug Bidadari
Curug Bidadari

Lokasi wisata yang satu ini terbilang sedang hits di pekalongan. Di kawasan air terjun ini terdapat 5 ceruk aliran air yang menyerupai kolam renang, mulai dari yang dangkal hingga yang sangat dalam. Yang pertama ada di pancuran dari sela-sela batu, kemudian yang kedua ada di tengah lorong, dan ketiga ada di curug (air terjunnya). Dua lainnya berada di bawah aliran pancuran. Di antara dua kolam itu, kita harus melintasi sungai dengan airnya yang jernih dan cukup deras, serta bebatuannya yang dapat dijadikan pijakan untuk mencapai curug.

 Benerapa Kolam alami disepanjang track menuju curug
Benerapa Kolam alami disepanjang track menuju curug

Bagi Anda yang bisa berenang, dapat mencoba sensasi terjun ke dalam kolam sedalam tujuh meter dari atas tebing batu yang mengapit Curug Bidadari. Dijamin seru, airnya sangat bening, jernih dan segar di tambah suasana yang tentram khas alam yang asri benar-benar merefresh tubuh kita yang kelelahan setelah penat beraktifitas di perkotaan. Jadi, mandi disini dijamin sangat menyegarkan dan menyenangkan.

Curug Bidadari sangat cocok untuk referensi bagi kawan-kawan yang hobi ngetrip. Masih ragu, bingung dan penasaran ? Langsung saja cek sendiri kesana biar tahu bagaimana asyiiknya main air.

 

About Idrisaje -

bukan siapa-siapa. hanya mencoba berdamai dengan takdir Tuhan….

Check Also

Curug Ciastana, Curug Hits di Cianjur Selatan, Jawa Barat

Cianjur merupakan salah satu Surga bagi para penikmat Curug. Banyak sekali curug-curug keren dan beragam …