Air Terjun

Menelisik Sisi Lain Keindahan Bajawa : Air Terjun Ogi

Aku masih belum bisa move-on dari indahnya Tanah Flores. Dan kali ini, aku bertolak ke salah satu kota yang bernama Bajawa. Mendengar kata Bajawa mungkin mengingatkan kita pada pesona gunung cantiknya yaitu Gunung Inerie. Yups, di luar itu rupanya Bajawa juga memiliki sisi lain yang tak kalah indahnya loh. Yaitu Air Terjun Ogi.

Source : Galeri Indonesia Kaya

Terletak di Desa Pape, Kecamatan Bajawa, Kabupaten Ngada, Air Terjun Ogi menjulang tinggi sekitar 30 m dengan cantiknya. Dihiasi dengan pepohonan nan rimbun serta sawah yang terhampar membuat udara di sekitarnya menjadi terasa sejuk, asri, dan segar sekali. Selain itu, Air Terjun Ogi juga memiliki aliran air yang debitnya cukup besar dengan bebatuan dan rumputan hijaunya yang khas.

Source : Galeri Indonesia Kaya

So, tak heran jika aliran air terjun ini pernah dimanfaatkan oleh PLN setempat sebagai pembangkit tenaga listrik. Hanya saja saat ini sudah tidak beroperasi lagi. Fyi, selain pernah dijadikan pembangkit tenaga listrik, Air Terjun Ogi juga kerap dimanfaatkan sebagai irigasi lahan persawahan warga di sekitarnya. Wah, keren!

Source : Galeri Indonesia Kaya

Nah, untuk kamu yang sedang berlibur di Bajawa, jangan lewatkan Air Terjun Ogi yang indah ini. Karena letaknya pun tak begitu jauh dari pusat Kota Bajawa, yaitu hanya 8 km, dengan waktu tempuh sekitar 30-45 menit. Adapun kondisi jalannya cukup bervariatif, karena kamu harus melewati jalanan berkelok-kelok yang tidak ada papan petunjuknya. Sehingga kamu disarankan untuk sering-sering bertanya.

Source : Galeri Indonesia Kaya

Dan yang paling penting, disini belum terdapat fasilitas apapun. Sehingga disarankan untuk membawa perbekalan yang cukup dr Kota Bajawa. Sedangkan akses transportasinya pun belum terdapat kendaraan umum. So, akan lebih baik jika kamu menyewa kendaraan dari Bajawa, seperti motor seharga Rp 100,000 selama satu hari penuh. Selamat berkunjung :)

Ref :https://www.indonesiakaya.com
Author : kikyamaleader
Tags

kikyamaleader

Nama saya Rizky Amalia. Seorang Accountant sekaligus Mahasiswi jurusan Hubungan Internasional yang hobby menceritakan indahnya Indonesia melalui goresan pena. Bagiku, menulis adalah cara untuk melukiskan pikiran, perasaan, serta gairah jiwa. Hingga pada akhirnya, tulisan-tulisan itulah yang akan menceritakan kembali siapa aku dan bagaimana aku melintas di bumi ini.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Check Also

Close