Wajib Tahu Sebelum Naik! Ini Dia Trek Menuju Puncak Gunung Dempo, Pagaralam

foto by sejarah besemah

GUNUNG DEMPO terletak di kota kecil Pagaralam, provinsi Sumatera Selatan dan berbatasan dengan Bengkulu. Kota ini dikenal dengan sebutan jeme BESEMAH (Bersih, Sejuk, Aman dan Ramah) juga dikenal dengan Kota Bunga serta Kota Perjuangan.

Ada dua puncak di Gunung  Dempo. Puncak satu dengan ketinggian 3.159 mdpl, sedangkan puncak kedua (puncak tertinggi) 3.259 mdpl. Kedua puncak ini dipisahkan dengan lapangan luas yang biasa disebut “Pelataran”.

foto by Sutomo Paguci

1. Pos Keberangkatan

Trek menuju puncak Gunung Dempo lumayan berat bahkan ada yang menyebut lebih berat dibandingkan trek Gunung Kerinci. Untuk naik ke puncak gunung  per orang hanya dikenakan biaya 2000,00 dan dimulai dari kampung IV sebagai titik awal pendakian. Sepanjang perjalanan menuju titik awal mata kalian akan dimanjakan dengan pemandangan kebun teh nan hijau dan sejuk.

Foto by catatan kecil

2. Pos 2 Gunung Dempo

Dari shelter 2 menuju puncak 1 kalian juga akan di suguhkan pemandangan kayu lumut. Trek menuju puncak satu ini harus melewati tanjakan yang lumayan tegak diwarnai akar-akar kayu yang melintang tak beraturan membuat perjalanan semakin sulit.

Shelter 2 dikenal sebagian pendaki gunung sebagai daerah mistis sekaligus unik. Menurut cerita orang sekitar yang pernah mendaki, jika kalian mendengar orang menampi beras, maka setelah turun akan ada orang yang melamar. Ini adalah kejadian yang dialami guru MTS saya sendiri dan terbukti. Entah kebetulan atau memang kepercayaan masyarakat sekitar.

Ada banyak macam suara yang bisa terdengar seperti suara seruling, gendang, dan lainnya dengan makna yang beragam pula. Bahkan kita disarankan mengambil sesuatu saat kita menjumpai hal yang tidak seharusnya ada. Seperti saat kalian menemukan daun bambu padahal disana tidak ada pohon bambu. Itu hanya cerita yang dulu saya dengar dari Almarhumah nenek, boleh percaya atau tidak.

kayu lumut by. sutoyo

3. Puncak Gunung Dempo

Setelah sampai di puncak, jika kalian melihat ke arah hutan terlarang, akan nampak sebuah pemandangan luas yang biru. Dan di tengah-tengah hutan tersebut juga terlihat hamparan air berwarna biru yang biasa disebut kawah.

foto by diankurniasih

Jika kalian datang kesini, bukan hanya pemandangan puncak Gunung Dempo yang kalian bisa lihat, tapi juga hamparan pemandangan yang indah lainnya dibawah puncak gunung. Seperti, cuqhub (curup) serta pemandangan tangga seribu di Gunung Gare samping Gunung Dempo.

Dijamin kota kecil ini akan membuat kalian betah berlama-lama karena keindahan alam dan makananya.

Hits: 2622

Baca Artikel Lainnya