Liputan Trip Backpacker Jakarta Spesial HUT ke-151 Kota Manggar Belitung Timur

Hi Bpjerrsssss. Kali ini, kami Backpacker Jakarta berkolaborasi dengan Pemerintah Belitung Timur untuk turut memeriahkan acara HUT ke 151 Kota Manggar pada tanggal 8-9 Oktober 2022 lalu. Trip yang digawangi oleh Omed dan Fadli ini membawa 16 peserta dengan meeting point di Bandara H.A.S Hanandjoedin, Tanjung Pandan, Belitung.

Kenapa dibilang trip spesial? Karena, Backpacker Jakarta sendiri mendapat undangan khusus untuk turut memeriahkan acara tersebut dengan akomodasi dan transportasi yang tentunya ditanggung oleh pemerintah setempat. Kegiatan ini berbentuk festival yang bertujuan memberikan hiburan, baik dalam bentuk musik, kesenian, budaya, permainan, maupun penjualan produk UMKM.

DAY 1

Hari pertama kami diawali dengan penjemputan oleh 2 unit tronton menuju Kantor Camat Kota Manggar.

Sesampainya di kantor camat, langsung disambut oleh Bapak Abdul Rachim selaku Pak Camat yang akrab disapa Pak Boim. Disini kami dijamu dengan suguhan Mie Atep yang menjadi makanan khas Belitung.

Usai berbincang-bincang di kantor camat, kami bertolak untuk tour bukit sama ditemani ibu camat, para staff kecamatan dan local guide yang sudah ditunjuk oleh tim kecamatan penduduk setempat untuk mengenalkan sejarah, hingga sekolah-sekolah zaman dahulu.

Usai mengeksplore Bukit Sama, kami menuju Rumah Dinas Bupati untuk bersilaturahmi. Setelah itu, kami menuju tempat camp untuk beristirahat. Sesampainya di tempat camp, kami diberikan tenda berukuran besar lengkap dengan kasurnya. Serta disuguhkan banyak makanan dan minuman. Waah benar-benar jamuan yang luar biasa.

Dan selanjutnya kami mengikuti acara Serumpun Jazz Festival On The Beach hingga malam dengan penuh sukacita  menari dan berjoget bersama di pesisir pantai. FYI gaes, Serumpun Jazz ini mengambil sub tema Jazz Melayu sesuai Wilayah Belitung Timur yang merupakan bagian rumpun Melayu yang ada di Indonesia dan mengusung Tema Kolaborasi Membangun Negeri.  Maka tak heran jika fungsinya memang untuk mempromosikan destinasi wisata yang ada di Desa Lalang, Manggar. Khususnya dalam bidang Kesenian dan Kebudayaan di desa tersebut.

DAY 2

Pagi ini kami jalan santai mengelilingi Bukit Samak. Lalu disusul dengan mengikuti acara pembukaan Hari Jadi Kota Manggar.

Siangnya kami dijamu oleh makan siang spesial untuk Komunitas Backpacker Jakarta yang memang sengaja diundang bersamaan dengan artis-artis yang akan perform dimalam puncak acara. Makan siang kali ini disuguhkan di Rumah Dinas Bupati Drs. Burhanudin atau yang akrab disapa Pak Aan yang dibuka oleh jamuan tradisional khas Belitung Timur.

Buat yang belum tau jamuan tradisional khas Belitung, jamuan ini berupa Bedulang, yang terbuat dari ganggang kuning, ikan mangut, ikan cempedak goreng, lalapan dari daun putat, gerunggang, daun singkong, tumis daun paki, dan juga sambal bawang. Anyway, tradisi makan Bedulang ini sebagai simbol kebersamaan yang penuh filosofi.

Usai menikmati perjamuan siang, kami menghabiskan waktu dengan keliling bazar dan berbelanja makanan khas belitung.

Tak terasa siang berganti malam, kami menghadiri acara malam puncak yang dimeriahkan oleh artis-artis lokal seperti Nabila, Adlani Rambe, Artis Dangdut, dan Bintang Pantura. Semua menikmati malam itu dengan penuh sukacita termasuk Bupati dan para pejabat lainnya.

Penampilan semua bintang tamu benar-benar menghibur dipesisir pantai, dan lagi-lagi kami selalu jadi sorotan karena selalu paling heboh, kompak, dan mencolok karena mengenakan aksesoris unik yang mengundang perhatian.

Hingga pada akhirnya, malam puncak berakhir. Acara pun selesai. Dan kami kembali ke Kota Tanjung Pandan keesokan harinya.

Backpacker Jakarta mengucapkan selamat hari jadi Kota Manggar yang ke 151. Terimakasih yang tak terkira atas undangan dan jamuan yang luar biasa.

Hits: 69

kikyamaleader

Menulis adalah caraku melukiskan pikiran, perasaan, serta gairah jiwa.
Dan tulisan-tulisan inilah yang akan menandakan bahwa aku pernah ada dan melintas di bumi ini.

Baca Artikel Lainnya