GerejaTempat Ibadah

5 Gereja Tercantik Di Indonesia

Seiring berjalannya waktu, kedatangan bangsa Eropa ke Indonesia pada masa lalu tidak hanya untuk berdagang atau mencari hasil bumi yang ada di Indonesia saja, tetapi mereka juga melakukan penyebaran agama Nasrani yang mereka anut kepada penduduk yang ada di Indonesia. Tidak mengherankan jika sampai saat ini kita bisa melihat bangunan gereja-gereja tua cantik yang masih terjaga sampai saat ini di beberapa daerah. Lima diantaranya adalah :

1.Gereja Katedral Jakarta

Sumber Foto : http://media.nationalgeographic.co.id

Gereja Katedral merupakan gereja tua yang berarsitektur Neo Gotik. Diresmikan pada 2 April 1901. Uniknya, gereja cantik ini memiliki 3 menara yang cukup tinggi dan bisa dilihat dari kejauhan. Interior didalam Gereja Katedral juga tidak kalah indah dengan gereja-gereja yang ada di Eropa. Bahkan saat kamu kesini, kamu akan merasa seperti berada di istana bak negeri dongeng.

Baca selengkapnya disini : Gereja Katedral Jakarta, Bak Istana Di Negeri Dongeng 

2.Gereja Blendhuk Semarang

Sumber Foto : http://assets.kompas.com

Gereja Kristen Protestan Indonesia Barat (GPIB) Imanuel atau yang biasa dikenal dengan nama Gereja Blendhuk merupakan gereja Kristen tertua yang ada di Jawa Tengah. Gereja Blendhuk terletak di Kawasan Kota Lama sekarang yang memang dipenuhi dengan gedung-gedung kuno yang sudah ada sejak jaman kolonial Belanda. Dinamakan Gereja Blendhuk karena bentuk kubah gereja ini yang menggelembung yang dalam bahasa Jawa disebut “mblendhuk”.

3.Gereja Kepanjen Surabaya

Sumber Foto : http://media.rooang.com

Gereja ini memiliki nama resmi Gereja Katholik Kelahiran Perawan Maria. Dibangun pada tahun 1815 dan dikenal dengan nama Gereja Kepanjen karena letaknya yang berada di Jalan Kepanjen. Fyi guys, sebelum dibangunnya gereja ini, sebetulnya sudah berdiri gereja Katholik lain di Jalan Kebonrojo. Namun karena meningkatnya jumlah umat Katholik di Surabaya, maka dibangunlah Gereja Kepanjen ini agar bisa menampung seluruh umat.

4.Gereja Katedral Ruteng

Sumber Foto : Google

Gereja Katedral Ruteng merupakan salah satu gereja cantik dengan gaya arsitektur Eropa yang bisa kamu temukan di Ruteng, Nusa Tenggara Timur. Fyi, banyak yang mengatakan bahwa suasana di Kota Ruteng mirip dengan kota-kota yang ada di Eropa. Jadi, jangan heran jika kamu berkunjung kesini kamu akan menyaksikan banyak gereja dan biara yang berarsitektur Belanda.

5.Gereja Kayu Tangan Malang

Sumber Foto : http://mujursurya.com

Ini dia gereja tertua yang ada di Kota Malang. Memiliki nama resmi Gereja Katholik Hati Kudus. Dibangun pada tahun 1905 dengan gaya Neo Gotik. Sekarang lebih dikenal dengan nama Gereja Kayu Tangan. Fyi guys, sebelum dibangunnya gereja ini, umat Katholik melakukan ibadah dengan menumpang pendopo alun-alun di Kabupaten Malang, yang disulap sedemikian rupa menjadi tempat ibadah.

Referensi : http://10tempat-wisata.blogspot.co.id

Tags
Show More

kikyamaleader

Nama saya Rizky Amalia. Seorang Accountant sekaligus Mahasiswi jurusan Hubungan Internasional yang hobby menceritakan indahnya Indonesia melalui goresan pena. Bagiku, menulis adalah cara untuk melukiskan pikiran, perasaan, serta gairah jiwa. Hingga pada akhirnya, tulisan-tulisan itulah yang akan menceritakan kembali siapa aku dan bagaimana aku melintas di bumi ini.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *