Alam & TamanCity Tour & Landmark

Pura Taman Ayun, Taman tercantik di Pulau Dewata

Bali, I’ll be back!

Sudah ku bilang, Bali tak pernah membosankan. Ia selalu meninggalkan rindu yang terus membekas dalam setiap lembaran memory. Salah satunya adalah Pura Taman Ayun, yang dalam bahasa Bali, bermakna taman yang cantik.

Pura Cantik di tengah Pulau Dewata

Berlokasi di Jalan Ayodya, Kecamatan Mengwi, Kabupaten Badung, Bali. Pura Taman Ayun berada di atas lahan seluas 4 hektar. Kompleks puranya terdiri dari tiga bagian, yaitu ruang terbuka, bangunan utama, dan bangunan-bangunan yang diperuntukkan bagi dewa dan dewi. Namun, bangunan utamanya lah yang digunakan untuk berbagai kegiatan religius dan panggung kesenian, karena disini kamu bisa menikmati indahnya susunan “meru”, yaitu pagoda dengan atap bertingkat-tingkat khas bangunan pura di Bali.

Memasuki halaman pertama, kamu akan disuguhkan pada pintu gerbang disusul jembatan kokoh yang berdiri di atas kolam. Kemudian, kamu bisa membeli htm seharga Rp. 10.000/orang di loket yang terdapat di sebelah kanan. Ohya, disini juga kamu tidak diperkenankan memasuki pura mengenakan pakaian minim, sehingga petugas pura akan memberimu kain berwarna hijau untuk menutupi tubuh yang terlihat.

Sambil berjalan di halaman pertama, kamu juga bisa mengambil gambar dengan pemandangan hamparan rumput luas disebelah kiri. Disitu juga terdapat tugu air mancur yang mengarah ke 9 arah mata angin. Dan rasanya pasti bikin kamu jadi pengen guling-gulingan.

Memasuki halaman kedua, kamu diharuskan melewati gerbang kedua yang cukup tinggi. Dimana matamu akan tertuju pada bangunan aling-aling bale Pengubengan yang dihiasi dengan relief yang menggambarkan Dewata Nawa Sanga. Di sebelah kanannya terdapat komplek pura kecil dengan nama Pura Luhuring dengan posisi yang agak sedikit lebih tinggi.

Memasuki halaman selanjutnya, dapat diakses melalui dua pintu, yaitu pintu kiri dan kanan. Dua pintu ini berfungsi untuk keluar masuk kegiatan sehari-hari di pura ini. Didalam halaman inilah terdapat beberapa meru menjulang tinggi dengan beraneka bentuk dan ukuran. Unik dan Ikonik banget deh sebagai perwujudan kalo kamu pernah ke Bali. hehehe.

Nah, itulah sekilas tentang Pura Taman Ayun yang cocok banget dimasukin kedalam itinerary traveling kamu. Kenapa ? Karena pesonanya dan daya tariknya luar biasa banget. Dimana kamu akan merasa seperti berada dalam pura yang mengambang diatas air. Nggak percaya ? Dateng aja kesini! Tapi, akan lebih baik jika dikunjungi pada pagi hari. Selain karena masih sepi, cuacanya tidak terlalu terik dan tentunya foto-fotomu pasti gak akan bocor. Selamat berkunjung :)

Tags

kikyamaleader

Nama saya Rizky Amalia. Seorang Accountant sekaligus Mahasiswi jurusan Hubungan Internasional yang hobby menceritakan indahnya Indonesia melalui goresan pena. Bagiku, menulis adalah cara untuk melukiskan pikiran, perasaan, serta gairah jiwa. Hingga pada akhirnya, tulisan-tulisan itulah yang akan menceritakan kembali siapa aku dan bagaimana aku melintas di bumi ini.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Check Also

Close