Kuliner

Kuliner Unik di Cirebon Yang Enak nya Kebangetan!

Cirebon, sebuah kota di perbatasan Jawa Barat dan Jawa Tengah ini betul-betul unik. Mulai dari bahasanya, budayanya, hingga makanan khas nya yang bisa menarik hati siapapun yang menyambanginya. Yap, kali ini aku mau ngajak kalian hunting kuliner unik di Cirebon. Eits, tapi kali ini aku jamin, list makanan berikut bisa bikin kamu mau balik lagi dan lagi ke Kota Udang ini. Simak ulasan nya yuk!

1. Sate Kalong

Kalau kamu ngira Sate Kalong dibuatnya dari daging kalong, itu salah banget! Berbeda dengan Paniki dari Sulawesi yang berbahan dasar kelelawar, Sate Kalong ini terbuat dari daging kerbau dan biasanya dijual malam hari. Itulah mengapa sate ini disebut Sate Kalong.

Sate Kalong, Kuliner Unik di Cirebon
Foto: Tribun travel

Memilih daging kerbau sebagai bahan dasarnya, pembuatan Sate Kalong adalah dengan cara menumbuk daging tersebut hingga berbentuk pipih, dan diracik dengan berbagai macam bumbu hingga rasanya manis seperti dendeng. Untuk pecinta pedas, kamu bisa menambahkan sambal ketika memesan nya.

Kuliner Cirebon yang unik ini bisa kamu dapatkan di daerah Kesambi Dalam. Katanya sih disini Sate Kalong terenak dan paling terkenal loh! Untuk menikmati seporsi Sate Kalong kamu cukup membayarnya dengan harga Rp10.000 saja.

Foto: Tribun Travel

2. Empal Asem

Udah bosen sama Empal Gentong? Cobain Empal Asem yuk!

Empal Asem, Kuliner Unik di Cirebon
Foto: Radar Cirebon

Empal Asem adalah varian dari Empal Gentong. Bedanya Empal Asem ini kuahnya lebih bening, tidak kental seperti Empal Gentong. Untuk rasanya pun berbeda. Empal Gentong cenderung gurih, nah kalau Empal Asem ini lebih segar. Sensasi segar ini berasal dari blimbing wuluh yang terdapat dalam campuran kuahnya. Itulah kenapa dinamakan Empal Asem. Meskipun kuahnya terasa asam tapi tetap menyegarkan di mulut dan masih ada rasa gurih yang tersisa di lidah.

Penasaran mau coba? Langsung aja dateng ke Empal Legendaris H.Amarta di Jl. Ir H Juanda No. 37, Plered, Cirebon. Seporsi Empal Asem dibandrol dengan harga Rp23.000.

3. Mi Koclok

Kuliner Cirebon yang ketiga ini datang dari olahan mie. Eits tapi mie yang satu ini cukup unik karena menggunakan kombinasi kaldu ayam dan santan sebagai kuah pelengkap. Yap, Mie Koclok namanya!

Mie Koclok, Kuliner Unik di Cirebon
Foto: Tripadvisor

Secara tekstur Mie Koclok ini seperti cream soup. Bedanya, kuah mie koclok menggunakan santan yang berwarna putih. Kuah ini dituang ke piring berisi mie kuning, ditambah potongan daun bawang, daun kol, suwiran ayam, tauge, irisan telur rebus dan taburan bawang goreng. Rasanya? Enak kebangetan! Harganya? Rp.15.000 saja. Murah kan?

Mie Koclok paling hits di Cirebon adalah Kedai Mie Koclok Pak Rasita yang beralamat di Desa Gombang, Gombang, Plumbon, Cirebon.

Mie Koclok, Kuliner Unik di Cirebon
Foto: Tripadvisor

4. Ketan Bumbu

Nah kalau kuliner yang satu ini namanya Ketan Bumbu. Bentuknya menyerupai lemper, tapi bukan berisi daging atau pelengkap apa pun. Pelengkap ketan ini adalah bumbu berupa serundeng yang terbuat dari kelapa dan udang, kemudian dibungkus dengan daun pisang.

Ketan Bumbu yang paling terkenal dan paling enak di Cirebon adalah Ketan Bumbu Ny. Lani di daerah Kanoman. Konon, Ketan Bumbu Ny. Lani adalah favoritnya Pak SBY dan Alm Bondan Winarno loh!

Ketan Bumbu, Kuliner Unik di Cirebon
Foto: Radar Cirebon

Itulah kuliner-kuliner unik nan lezat yang ada di Kota Cirebon. Penasaran mau coba kan? Yuk dateng langsung ke Kota Udang!

Tags

Rahma (@_raahmaaa)

Walk humbly, talk politely, dress neatly, play atrractively.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Check Also

Close