Danau & SungaiGunung

Menikmati Danau di Ketinggian, Danau Segara Anak

Pulau Lombok yang terletak di provinsi Nusa Tenggara Barat ini menyimpan pesona keindahan alam yang tidak ada habisnya untuk digali. Salah satunya ialah Danau Segara Anak. Nama Segara Anak sendiri memiliki arti anak laut (‘segara’ bahasa Jawa untuk laut). Disebut sebagai anak laut karena warna danaunya yang berwarna biru menyerupai laut.

foto : 7og4nk.blogspot
foto : 7og4nk.blogspot

Untuk mencapai danau yang memiliki luas 1,100 hektar ini para wisatawan harus menempuh perjalanan yang tidak mudah karena harus mendaki Gunung Rinjani terlebih dahulu. Tapi perjalanan itu akan terbayar lunas ketika sampai di Danau Segara Anak.

Airnya yang tenang dan berwarna biru serta rentetan bukit yang mengelilingi danau benar-benar memanjakan mata. Di antara bukit-bukit itu ada sebuah gunung yang berada tepat di tengah danau. Gunung itu bernama Gunung Baru Jari yang berarti gunung baru jadi.

foto : Cahyadi Arif
foto : Cahyadi Arif

Di sekitar danau yang berada di ketinggian 2,000 mdpl ini terdapat beberapa sumber air panas dengan berbagai tingkatan. Setelah melewati perjalanan panjang, berendam di bak alami atau hanya mencelupkan kaki untuk sejenak melepas lelah merupakan kenikmatan tersendiri. Selain berendam, aktivitas lain untuk menghabiskan waktu di Danau Segara Anak adalah dengan memancing. Malamnya, wistawan dapat mendirikan tenda dan menikmati suasana malam dengan hamparan bintang di langit sambil bercengkerama.

foto : pulangkerja
foto : pulangkerja

Selain menjadi tujuan wisata, bagi warga setempat Danau Segara Anak dipercaya sebagai salah satu tempat yang sakral. Oleh karenanya tempat ini sering digunakan untuk melakukan berbagai ritual. Di mana bumi dipijak, di situ langit dijunjung. Sebagai pendatang di tempat ini kita harus menghormati dan menghargai budaya setempat.
Tertarik???

Segera tandai kalendermu dan angkat ranselmu! dan ingat, bawa kembali sampahmu ya.

Sumber :

id.wikipedia.org
travel.kompas
wisatabaliutara

Tags

admin

Komunitas Backpacker Jakarta adalah sebuah komunitas Travelling yang didirikan pada 5 April 2013 dan berpusat di Jakarta dan sekitaranya (Bogor, Tanggerang, Bekasi dan Depok. Instagram : @backpackerjakarta Twitter : @official_bpj Facebook : www.facebook.com/groups/backpackerjakarta Group Wa : 089507622003

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Check Also

Close