Seputar Travelling

5 Kegiatan Menyenangkan yang Hanya Ada di Batam

Sumber foto: https://www.druktrails.com

Lokasinya yang berseberangan dengan Singapura, menjadikan Batam dijadikan sebagai kawasan ekonomi khusus oleh pemerintah Indonesia. Namun, lebih dari itu, Batam juga belakangan terus mengembangkan potensi wisatanya, yang dilakukan sejalan dengan meningkatnya potensi resort di pulau tetangga, Bintan, yang terhubung dengan efektif via Jembatan Barelang.

Meski tidak begitu kaya akan situs sejarah, namun Batam memiliki cukup banyak atraksi wisata menarik. Bahkan beberapa di antaranya memiliki kelas yang setingkat dengan destinasi sejenis di Singapura, namun hadir dalam jangkauan harga yang lebih bersahabat.

Selain itu, alasan lain mengapa semakin banyak orang berduyun-duyun ke Batam adalah untuk kesempatan menyelam atau snorkeling, karena perairan di sini sangat jernih dengan jarak pandang yang sangat baik, sehingga menyenangkan untuk dijelajah.

Tidak perlu ke Singapura terlebih dahulu untuk bisa mengunjungi Batam, karena kini banyak sekali penerbangan yang terkoneksi dengan kota-kota di seluruh Indonesia. Cukup melakukan cek harga tiket ke batam untuk mendapatkan promo menarik menuju Batam. Berikut adalah tujuh hal menarik yang bisa kamu temukan di Batam.

1. Scuba Diving
Kabar baik bagi kamu yang masih pemula, Pulau Batam menawarkan beberapa lembaga sertifikasi menyelam profesional dengan harga yang lebih terjangkau dibandingkan di kota-kota besar di Indonesia. Untuk kualitas, para pengajarnya telah diakui secara nasional, dan bahkan juga ada beberapa tenaga asing yang mencintai sepenuh hati kekayaan laut Batam dan sekitarnya.

Beberapa tempat terbaik untuk menyelam di sini terletak di lepas pantai selatan Pulau Batam, di mana di dalamnya termasuk Pulau Abang, Pulau Hantu, Pulau Labun, dan Pulau Petong.

Setelah mendaftar di Batam, peserta sertifikasi akan diantar ke pulau tetangga dengan perahu tradisional, untuk mendapatkan perairan jernih yang memiliki visibilitas tinggi. Instruktur akan terus mengawasi perkembangan belajar menyelammu hingga benar-benar bisa dilepas untuk mengeksplor secara mandiri.

Tersedia pula jasa fotografi bawah laut, yang bisa dibeli layanannya dalam satu paket perjalanan, atau terpisah sesuai dengan kesepakatan di lapangan.

Jika telah resmi menjadi penyelam berpengalaman, maka kamu juga akan menemukan banyak hal untuk dinikmati di sini berkat begitu kayanya kehidupan akuatik di perairan ini, seperti hiu, pari, dan kura-kura

2. Kunjungi Kuil Maha Vihara Duta Maitreya
Kuil ini adalah salah satu cara yang lebih tenang untuk menikmati Batam, dan merupakan tempat yang kerap dikunjungi berkali-kali oleh mereka yang mendambakan kedamaian batin.

Para pengunjung yang datang untuk berdoa di sini, biasanya membakar kemenyan untuk keberuntungan, di mana hal itu juga dapat dilakukan oleh khalayak umum dengan panduan ramah petugas setempat.

Di sini, kamu juga bisa mengamati beragam patung Budha yang penuh warna dan elegan, serta ukiran dua belas rasi bintang zodiak yang terletak di seberang kuil.

Menariknya lagi, kamu juga berkesempatan untuk mencicipi hidangan khas kulil Budha yang sama sekali tidak menggunakan tambahan bahan pangan hewani, di mana hal ini sesuai dengan prinsip keseimbangan lingkungan yang diyakininya.

3. Pergi ke Pulau Penyengat
Ada sejumlah pulau di sekitar Pulau Batam yang cocok untuk dijadikan pelarian seharian penuh. Salah satu yang paling terkenal dan sangat recommended untuk dikunjungi adalah Pulau Penyengat.

Ukuran pulaunya tidak seberapa besar, di mana bahkan kamu dapat mengitarinya hanya dalam waktu dua jam saja. Pasir pantainya berwarna kecokelatan dan terasa lembut, cocok untuk dijadikan area berjalan kaki santai di sore hari. Momen matahari terbenam juga cukup indah untuk disaksikan dari pesisir pulau ini.

Selain kawasan pesisir, Pulau Penyengat juga memiliki sebuah bangun ikonik di pusat kotanya, yakni Masjid Kuning. Konon, ada legenda yang mengatakan fasad kuat pada dinding masjid ini dibuat dari campuran kulit telur, di mana hal tersebut bertujuan untuk menjadikannya kokoh melawan terpaan angin, hujan, dan panas.

4. Bergembira di Ocarina Park
Ini merupakan sebuah taman hiburan terbesar di Batam, yang di dalamnya terdapat berbagai wahana menarik, termasuk wisata tematik air dengan nama Ocarina Waterpark. Dirancang sebagai family theme park, terdapat banyak hal yang dapat dinikmati secara menyenangkan oleh keluarga.

Salah satu atraksi utamanya adalah Kincir Raksasa, di mana ketika berada di ketinggiannya, kamu bisa memandang ke pulau-pulau indah di sekitar Batam, dan bahkan Singapura pun dapat terlihat jika cuaca benar-benar cerah.

Ada pula bioskop tiga dimensi yang menawarkan beragam tontonan pembangkit kepekaan panca indera. Di dekatnya, berjejer sejumlah kios makanan lezat yang menawarkan beragam kuliner Nusantara dan internasional.

5. Nagoya Entertainment District
Diam-diam Batam menjelma menjadi salah satu destinasi yang memiliki hiburan malam paling semarak, di mana bisa dibilang setingkat dengan Bali dan Jakarta.

Kamu bisa menemukan deretan bar dan kelab yang sangat hidup di kawasan Nagoya Entertainment District, atau akrab dikenal dengan singkatan ‘NED’. Selain menikmati beragam bir dengan harga yang cukup terjangkau, hadir pula sederet bartender handal yang mampu meracik koktail istimewa untuk kian menyemarakkan pesta malammu.

Belakangan juga muncul beberapa rooftor bar, yang bisa dijadikan lokasi bersantai sambail memandangi kerlap-kerlip lampu malam perkotaan.

Tags

febeshinta

Hi, I'm Febe Sinta Franciska, author of www.febeshinta.com and also www.backpackerjakarta.com; Besides that, I like writing and photography. So, I can share my experience and capturing a perfect moment as long as I travel. If you want to know my daily activities and where I am going, just follow my Instagram @febe_shinta Please enjoy both of this website with a cup of coffee or tea! Happy reading! Me love you all :)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *