PantaiPulau

Kepulauan Kei, Maluku. Harta Istimewa Yang Tersembunyi Di Indonesia

Indonesia memang terkenal dengan pulau-pulaunya yang cantik dan menawan. Membuat siapapun yang berkunjung merasa seperti terhipnotis dalam pesonanya. Selain Bali dan Nusa Tenggara yang terkenal akan pesona bahari nya, ternyata Maluku juga tak kalah menarik. Salah satunya Kepulauan Kei yang ada di Maluku Tenggara. Pulau yang belum banyak diketahui oleh para wisatawan ini sebenarnya sangat memukau dan layak untuk kita kunjungi. Ingin tau lebih detailnya ? Yuk simak ulasan dibawah ini.

Sumber Foto : Google

Kepulauan Kei terletak di Kota Kabupaten Langgur, Maluku Tenggara. Kepulauan Kei juga berhasil mendapatkan gelar dari Kementrian Pariwisata pada tahun 2016 lalu sebagai “The Most Hidden Paradise” berkat pesona dan keindahannya yang tiada tara. By the way, kepulauan cantik ini terdiri dari 2 pulau utama, yaitu Pulau Kei Kecil dan Pulau Kei Besar, ditambah dengan beberapa pulau kecil lainnya. Adapun pembagian dari kepulauan ini berupa destinasi wisata dan perekonomian ada di Kei Kecil dan pegunungan ada di Kei Besar.

Sumber Foto : Google (Pulau Kei Besar)
Sumber Foto : Google (Pulau Kei Kecil)

Kepulauan Kei yang jarang terdengar dibandingkan dengan destinasi lain di Timur Indonesia, justru telah memiliki infrastruktur yang lengkap seperti bandar udara, jalanan yang nyaman, hingga penerangan yang baik. Sehingga jika kamu tertarik dan berencana untuk mengunjunginya, kamu tak perlu mengeluarkan biaya yang besar untuk bisa kesini.

Sumber Foto : Alchetron.com

Uniknya, Kepulauan Kei sendiri memiliki kondisi topografi berupa pantai berpasir putih yang bersih dan lembut seperti susu bubuk. Serta air laut tenang yang jernih sebening kaca yang dapat memanjakan mata siapapun yang mengunjunginya. Daaaan, untuk kamu para pecinta wisata bahari,  kamu bahkan bisa melakukan aktifitas snorkling dan diving dilaut terdalam di dunia, yakni Laut Banda.

Sumber Foto : Google
Sumber Foto : Google

Untuk mengunjungi Kepulauan Kei, kamu dapat menggunakan penerbangan dari Jakarta ke Bandara Pattimura Ambon, kemudian ke Bandara Damatubun Langgur atau Bandara Internasional Karel Satsuitubun selama 1,5 jam. Sesampainya disana, kamu dapat memilih penginapan yang sesuai dengan budget kamu karna disana terdapat homestay hingga penginapan berbintang dengan total kamar sekitar 200 kamar.

Sumber Foto : Google

Waktu yang tepat untuk mengunjungi pulau ini adalah saat Meti berlangsung, yaitu pada tanggal 22 – 2 Oktober setiap tahunnya. By the way, Meti Kei merupakan fenomena pasang surut air laut yang dapat mencapai lima sampai enam kilometer. Dimana yang biasanya kita harus menggunakan perahu ke pulau lain, pada saat Meti ini bisa hanya dengan berjalan kaki dengan pusatnya di Pasir Panjang. Adapun lama pasang surut ini yaitu dari pagi sampai sore sekitar 6-7 jam.

Sumber Foto : Google

So, jangan memandang sebelah mata akan Kepulauan Kei ini. Meskipun kalah pamor dengan destinasi wisata timur lain seperti Raja Ampat dan Labuan Bajo, tetap pulau Kei lah yang mendapat predikat sebagai “Harta Tersembunyi Yang Paling Popular di Indonesia” dari Kementrian Pariwisata. Serta eksistensinya yang jarang diketahui para wisatawan pun menambah essensi Kepulauan Kei ini menjadi semakin menarik.

Sumber Foto : Google

Nah, bagaimana ? Tertarikkah kamu untuk mengunjungi Kepulauan Kei yang cantik ini ? Yuk mari mengenal Indonesia lebih dalam lagi. Karna sekeren-kerennya destinasi wisata diluar negeri, masih tetap lebih indah Tanah Air kita Indonesia.

Referensi : http://wartakota.tribunnews.com/2017/07/21/kepulauan-kei-keindahan-terpencil-di-maluku-tenggara

Author : Rizky Amalia @kikyamaleader

Tags

kikyamaleader

Nama saya Rizky Amalia. Seorang Accountant sekaligus Mahasiswi jurusan Hubungan Internasional yang hobby menceritakan indahnya Indonesia melalui goresan pena. Bagiku, menulis adalah cara untuk melukiskan pikiran, perasaan, serta gairah jiwa. Hingga pada akhirnya, tulisan-tulisan itulah yang akan menceritakan kembali siapa aku dan bagaimana aku melintas di bumi ini.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *