PantaiPulau

17 Pulau Riung – Flores – Nusa Tenggara Timur

Apa yang ada dibenak kalian jika berbicara mengenai Pulau Flores, Nusa Tenggara Timur ?  Pasti tempat yang pertama kalian ingat adalah pulau padar, pulau rinca, pantai pink dan sebagainya. Tetapi masih ada satu destinasi wisata tersembunyi yang tidak kalah indahnya di Flores yaitu 17 Pulau Riung.

satyawinnie
Pulau Rutong (Sumber : satyawinnie)

Pulau ini merupakan salah satu objek wisata andalan di Pulau Flores dengan keindahan panorama pantai dengan gugusan pulau kecil nya. Lokasi pulau ini sendiri berada di perairan Desa Tadho, Kelurahan Benteng Tengah, Kelurahan Nangamese, Lengkosambi, Desa Sambinasi dan desa Latung Kecamatan Riung, Kabupaten Ngada, Provinsi Nusa Tenggara Timur.

Nama Taman Laut 17 Pulau ini diambil dari banyaknya pulau yang saling berdekatan satu dengan yang lainnya. Berikut adalah nama 17 pulau yang tersebar :

  1. Pulau Ontoloe ( Pulau Terbesar)
  2. Pulau Pau
  3. Pulau Borong
  4. Pulau Dua
  5. Pulau Kolong
  6. Pulau Lainjawa
  7. Pulau Besar
  8. Pulau Halima
  9. Pulau Patta
  10. Pulau Rutong
  11. Pulau Meja
  12. Pulau Bampa
  13. Pulau Tiga
  14. Pulau Tembaga
  15. Pulau Taor
  16. Pulau Sui
  17. Pulau Wire

satyawinnie

Pulau Tiga (Sumber: edyraguapo)

Untuk mengelilingi pulau-pulau diatas, kalian dapat menggunakan speedboat selama kurang lebih dua setengah jam. Di antara 17 pulau diatas, Pulau Ontoloe lah yang memiliki keunikan nya tersendiri yaitu terdapat ribuan kelelawar yang menggantung di dahan-dahan pohon bakau dan berterbangan di sore hari yang membuat semua orang terpukau saat melihat nya. Untuk kegiatan yang bisa dilakukan selama mengelilingi 17 pulau ini kalian bisa snorkling, selfie dan menikmati keindahan pantai pasir putih yang terbentang di setiap pulau nya.

marcels
Pulau Ontoloe (Sumber: marcels)

ikasoewadji
Sumber : ikasoewadji

Untuk sewa kapal mengelilingi 17 pulau riung ditarifkan kurang lebih Rp 400.000,- / sampai Rp 700.000,- kapal dengan kapasitas kurang lebih 10 orang tergantung kapal yang disewa. Dan untuk peralatan snorkling 1 set (pin, mask dan snorkel) dibandrol Rp 50.000,- / hari.

Tags

febeshinta

Hi, I'm Febe Sinta Franciska, author of www.febeshinta.com and also www.backpackerjakarta.com; Besides that, I like writing and photography. So, I can share my experience and capturing a perfect moment as long as I travel. If you want to know my daily activities and where I am going, just follow my Instagram @febe_shinta Please enjoy both of this website with a cup of coffee or tea! Happy reading! Me love you all :)

Related Articles

1 thought on “17 Pulau Riung – Flores – Nusa Tenggara Timur”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *