Editor PicksKulinerOleh Oleh Nusantara

Kenikmatan dibalik Secangkir Kopi dari 8 Jenis Kopi Indonesia yang telah Populer Hingga Mancanegara

Sumber foto by www.rumahmesin.com

Hitam, pahit, tapi menenangkan. Yup…ini adalah Kopi! Minuman yang satu ini memang udah sejak lama dikenal untuk dikonsumsi. Rasanya yang khas membuat banyak orang menikmati seduhan kopi. Apalagi bagi para penikmat dan pecinta kopi pasti sudah tidak asing lagi dengan berbagai macam jenis kopi.  Siapa sangka, ternyata Indonesia memiliki banyak jenis kopi yang tersebar di seluruh nusantara.

Kenikmatan kopi asal Indonesia bahkan udah terkenal secara mendunia. Bahkan Indonesia sendiri menjadi salah satu negara penghasil biji kopi dengan kualitas terbaik di dunia. Jadi kenikmatannya juga diakui tidak cuma di dalam negeri, tapi juga di luar negeri. Kali ini aku akan ngasih tahu beberapa jenis kopi asal Indonesia yang sangat terkenal di dunia, antara lain :

1. Kopi Luwak

Kopi Luwak bukan sebuah kopi yang berasal dari pohon kopi, tetapi Kopi Luwak berasal dari sisa kotoran hewan luwak. Biji Kopi Luwak mengalami fermentasi alami di dalam perut luwak sehingga kopi ini memiliki rasa pahit dan ada getir asam yang spesial. Kopi Luwak merupakan jenis biji kopi termahal di dunia, bahkan sampai masuk ke Guiness Book of Records.

Sumber foto by www.rumahmesin.com

2. Kopi Gayo

Kopi Gayo adalah kopi yang berasal dari daerah Aceh. Kopi ini tumbuh didataran tinggi Tanah Gayo, Aceh Tenggara. Jenis ini merupakan salah satu kopi Nusantara yang cukup banyak digemari oleh berbagai orang di kalangan dunia. Dan telah mendapatkan Fair Trade Certified dari Organisasi Internasional Fair Trade pada tahun 2010 lalu. Kopi Gayo memiliki aroma yang sangat khas dan begitu dominan tanpa rasa pahit tapi dengan rasa gurih.

Sumber foto by www.rumahmesin.com

3. Kopi Wamena

Kopi Wamena bersumber dari pegunungan Kabupaten Wamena Propinsi Papua. Kopi ini memiliki kualitas tinggi karena termasuk jenis kopi Arabica yang berasal dari biji kopi dengan penanaman serta pemeliharaannya secara organik. Kopi Wamena juga termasuk kopi terbaik yang memiliki rating lebih baik dari beberapa jenis kopi lainnya di Indonesia. Jenis kopi ini tidak terlalu banyak mengandung ampas dan memiliki kadar asam yang rendah sehingga kopi ini sangat ringan saat dinikmati.

Sumber foto by www.kiterakopi.com

4. Kopi Toraja

Salah satu kopi Indonesia yang juga telah mendunia adalah kopi Toraja. Kopi yang sebagian besarnya berasal dari Toraja-Kalosi ini terkenal dengan rasa khasnya yang seperti rasa tanah dan hutan. Hal ini dikarenakan proses pembuatan kopinya setelah biji kopi dipetik. Banyak yang mengatakan bahwa jika kamu telah menyeruput kopi ini, rasa pahit pada kopi akan mendadak hilang.

Sumber foto by id.honestbee.com

5. Kopi Sumatera (Kopi Lintong )

Sumatera merupakan daerah yang memiliki beragam biji kopi terbaik di dunia, salah satunya kopi Lintong ini. Kopi Lintong adalah sebuah kopi yang tumbuh di Kabupaten Lintong Nihuta, di selatan-Barat dari Danau Toba, Sumatera. Kopi Lintong ini juga merupakan kopi yang terkenal di dunia karena dikemas dengan perpaduan rasa pedas dan bau rempah-rempah. Kopi Lintong yang berkualitas baik berbeda dengan kopi Indonesia lainnya, ia memiliki rasa keasaman yang lebih segar.

Sumber foto by instgram @congkopi

6. Kopi Jawa (Kopi Preanger)

Kopi Preanger ini merupakan salah satu jenis kopi Jawa yang sangat terkenal di dunia. Kopi Preanger ini sudah ada sejak zaman pendudukan Belanda di Indonesia. Rasanya yang sangat khas dan nikmat, membuat kopi Java Preanger terkenal di Eropa dan bahkan mereka menyebutnya secangkir Jawa (a cup of Java) untuk mengartikan secangkir kopi (a cup of Coffee).

Sumber foto by www.rumahmesin.com

7. Kopi Kintamani

Kintamani adalah sebuah daerah yang ada di provinsi Bali dan dari sanalah kopi ini berasal. Kopi Kintamani, memiliki cita rasa yang unik karena ada pencampuran rasa buah-buahn dalam kopinya. Justru inilah membuah kopi Kintamani tidak akan ditemui ditempat lain. Selain memiliki cita rasa buah, kopi Bali Kintamani memiliki cita rasa yang lembut dan tidak berat.

Sumber foto by www.rumahmesin.com

8. Kopi Lanang

Kopi Lanang yang namanya diambil dari bahasa Jawa yang berarti laki-laki. Dinamakan seperti itu dikarenakan bahwa kopi ini dikenal bisa menambah vitalitas para pria. Kopi yang banyak diproduksi di daerah Jawa Timur ini memiliki kadar kafein yang cukup tinggi sehingga membuat penikmatnya tak akan merasa ngantuk. Kopi ini dikenal hingga daratan Amerika karena bentuk biji yang bulat dan juga kadar kafeinnya yang tinggi tersebut.

Sumber foto by www.rumahmesin.com
Tags

Desi kurniawati putri

Hello...perkenalkan !! Aku bekerja di perusahaan swasta sebagai Assiten R&D Devisi Laborat Kimia. Motivasi hidup aku saat ini adalah "I do my best to be a good one. Insha Allah". Menulis hanyalah hobby yang aku lakukan. Aku lebih suka menulis tentang hal yang unik, hits/kekinian, atau sesuatu dengan bahasa yang ringan namun bisa memberikan manfaat bagi orang lain. Semoga ini bisa menjadi kenangan terindah tentang apa yang aku tulis dikemudian hari :). Terima Kasih untuk yang selalu membaca tulisan aku. Follow my instagram : @desi.kurniawatiputri

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *