Editor PicksGunungSeputar TravellingTips Travelling

Pertolongan Pertama Bagi Pendaki Gunung

Berikut merupakan cedera yang mungkin sering terjadi pada pendaki gunung. Pelajari, cegah dan persiapkan beberapa hal sebelum kalian mendaki.

Gigitan lebah atau serangga

Pencegahan : Gunakan repellent (lotion) anti nyamuk dan serangga, hindari mengganggu sarang lebah

Penanganan : Cabut duri penyengat, kompres dingin, minum pereda nyeri (1 tablet meloxicam) dan antihistamin (1 tablet loratadin). Jika terjadi nyeri yang tak tertahankan, bengkak, mual-muntah, sulit bernapas, segera meminta bantuan medis.

Jika kalian alergi pada sengatan lebah, sebaiknya kalian selalu membawa obat suntik setiap waktu yang direkomendasikan oleh dokter kalian dan ajarilah teman pendaki anda cara menggunakannya.

Luka dan Goresan

Pencegahan : Berhati-hatilah dengan langkah kalian, terutama pada air dan bebatuan. Hati-hati dalam menggunakan benda tajam.

Penanganan: Bersihkan luka dengan air bersih, gunakan salep kulit antibiotik (gentamycin), tutup luka dengan perban, balut tekan dengan pakaian bersih untuk menghentikan pendarahan. Segera mencari pertolongan medis jika kalian membutuhkan jahitan pada luka terbuka atau suntik tetanus terutama pada luka dalam yang kotor.

Dehidrasi

Kenali tanda-tanda dehidrasi : haus terus menerus, lemas, pusing, mual, tidak buang air kecil dalam waktu yang cukup lama, jika buang air kecil warna urin terlihat kuning hingga kuning pekat

Pencegahan : Minum air mineral secukupnya, selama perjalanan sempatkan untuk meminum air mineral, jangan tunggu hingga haus melanda.

Penanganan : Berhenti mendaki, istirahat, minum air mineral sedikit-sedikit hingga tanda-tanda diatas menghilang.

Terkilir

Pencegahan : Gunakan alas kaki yang mendukung pergelangan kaki, tetapi hal yang paling mudah yaitu mencegah langkah kalian terutama saat mengijakkan kaki di air dan bebatuan.

Penanganan: ingat metode PRICE

  • Protect, cegah dari cedera lebih lanjut
  • Rest, Istirahatkan kaki yang terkilir sebanyak mungkin, jika anda harus tetap menlanjutkan perjalanan, bertumpulah kepada teman atau gunakan tongkat sebagai tumpuan, dan hindari pemakaian bagian yang terkilir seminimal mungkin.
  • Ice, kompres dingin area cidera setiap jam kurang lebih 10-15 menit
  • Compression, balut daerah terkilir dengan elastik perban tetapi jangan terlalu ketat
  • Elevation, tinggikan daerah yang terkilir diatas jantung. Jika pergelangan kaki terkilir, berbaringlah dan tinggikan kaki (ditopang dengan benda) sehingga kedudukan kaki terkilir lebih tinggi dibandingkan jantung untuk mengurangi bengkak.

Sunburn

Kenali tanda-tanda sunburn : kulit merah, terasa terbakar, dan panas.

Pencegahan : Gunakan sunscreen minimal SPF 30 dan pada cuaca sangat panas minimal SPF 50, pilih sunscreen yang melindungi dari UVA (kerutan, penuaan dini, kanker) ditandai dengan PA++++ dan UVB (kulit terbakar). Oleskan berlapis minimal dua lapisan, tunggu beberapa saat lalu oleskan kembali. Gunakan kembali setelah anda beraktivitas diluar ruangan selama 2 jam.  Gunakan topi dan jika kalian sensitif dengan cahaya matahari gunakan pakaian khusus yang melindungi dari matahari.

Penanganan : Kompres dingin, gunakan lotion aloe vera, jangan mengelupas kulit yang terbakar dan segera mencari pertolongan medis jika terjadi perburukan.

Hipotermia

Merupakan keadaan dimana tubuh kehilangan panas tubuh lebih cepat dibandingkan menghasilkannya. Umumnya terjadi oleh karena terpapar cuaca dingin yang ekstrim, intake makan minum yang tidak adekuat, dan tempat yang berteduh kurang baik.

Pencegahan : Ketahuilah ramalan cuaca didaerah tersebut, tingkatkan kewaspadaan akan kebugaran diri, gunakanlah pakaian yang memadai dengan konsep pakaian bertumpuk, hindari berkeringat, jika beristirahat lebih baik sering berhenti dibandingkan berhenti sekali tetapi dalam jangka waktu yang lama.

Penanganan : carilah tempat berteduh yang hangat, ganti pakaian basah dengan kering dan hangat, pakaikan sleeping bag, berikan makanan seperti coklat, berikan minuman hangat, jika menggigil masuklah penolong didalam sleeping bag tersebut dan peluk penderita, hangatkan leher, dada, dan perut terlebih dahulu, jika terjadi frostbite jangan mengelus daerah tersebut karena hanya akan melukai kulit daerah tersebut.

Selamat mendaki dan selalu berhati-hati.

Sumber :https://www.fastmed.com/health-resources/basic-first-aid-for-common-hiking-injuries/https://wolipop.detik.com/read/2014/05/24/132159/2591492/234/ini-cara-yang-benar-pakai-sunscreen-agar-terhindar-dari-kanker-kulit
Tags

Gwendry

an realistic-optimistic-dreamer yet ambivert doctor who loves travelling

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *