Alam & TamanDanau & Sungai

Kapal Diatas Awan, Jurang Tembelan Kanigoro Yogyakarta

“Heii kamunya aku.. jadi kamu pilih dia atau aku ??”

Cut..!! daripada terlalu fokus sama contoh naskah drama pilih memilih diatas, mending kita pilih destinasi wisata yang berada di Jogja ini. Dikenal dengan nama “Jurang Tembelan”, nggak usah ngeri dulu ya dengan namanya. Karena wisata yang satu ini menghadirkan view di ketinggian yang sangat apik dan menarik yang wajib banget kamu coba.

Kabut pagi di jurang tembelan (Foto: bakpiamutiara.com)

Kawasan Dlingo memang tak asing lagi dengan deretan wisata ketinggiannya yang dibuat sedemikian unik, termasuk Jurang Tembelan ini. Jurang Tembelan sendiri lebih tepatnya berada di Desa Kanigoro, Dlingo, Bantul Yogyakarta. Tak mau kalah dengan bukit panguknya kediwung, spot kali ini memang dibuat sedikit mirip dengan bukit panguk. Untuk lahannya sendiri memang tidak terlalu luas jika kita bandingkan dengan wisata serupa seperti kebun buah mangunan, bukit panguk, maupun bukit mojo yang secara administratif lokasinya masih berdekatan tersebut.

Diselimuti Kabut (foto: hipwee.com)

Nah, yang membuatnya semakin unik dan tampak berbeda dari deretan wisata dlingo adalah spot-spot untuk berfotonya. Kerennya, Jurang Tembelan ini menghadirkan spot foto ala-ala kapal titanic yang pernah karam di perairan Atlantik. Namun, kapal kali ini khusus terbuat dari papan kayu dan bambu yang didesain menjorok ke perbukitan. Sebut saja ini adalah kapal diangkasa, karena saat cuaca mendukung tumpukan awan-awan dan kabut tebal diantara pepohonan yang rindang di perbukitan akan tampak. Sehingga saat kamu berdiri diatas kapal titanic-nya Jurang Tembelan ini, hembusan angin yang sejuk akan membuatmu serasa sedang berlabuh diatas lautan awan. Fantastic !!

Spot kapal (foto: blog.reservasi.com)

Masih kurang puas dengan kapal diatas awan, pengelola tak mau membuatmu kecewa begitu saja. Dilokasi wisata ini kamu juga bisa menikmati sunrise dan sunset yang So Wow dari gardu pandang yang dibuat sama menjorok ke perbukitan. Belum lagi, pengelola menyajikan spot yang sangat keren yaitu spot kupu-kupu didekat bebatuan. Sayap kupu-kupu berukuran besar tersebut menjadi spot menarik untuk berfoto karena kamu akan terlihat seperti berada di dunia dongeng kupu-kupu Thumbelina yang sedang terbang diatas hamparan hijaunya pepohonan di seberang. Bahkan rasanya kamu sedang terbang bebas diatas puncak gunung yang sangat tinggi.

Spot kupu_kupu (imigrum.com)

Selain itu, dari ketinggian jurang ini kamu bisa menyaksikan gardu pandang kebun buah mangunan dan aliran sungai Oya serta lebatnya pepohonan hijau yang sejuk. Tak perlu khawatir lapar atau ketinggalan waktu sholat, disini disediakan fasilitas penunjang seperti warung jajanan, mushola, toilet dan tempat parkir. Untuk menemukan lokasinya pun terbilang mudah, yaitu dengan mengikuti arah menuju ke Mangunan dilanjutkan mengikuti arah ke Bukit Panguk. Dari situ tepatnya dikanan jalan akan tampak plang petunjuk masuk ke Jurang Tembelan. Mengingat namanya saja jurang, tentu sedikit sulit untuk mencapainya karena kondisi jalannya yang pasti naik turun dan ekstrim.

Sunrise jurang tembelan (foto: nasirullahsitam.com)

Yakin masih mau ngelanjutin drama pilih memilih yang tak ada ujungnya tadi setelah tau indahnya Jurang Tembelan ?! Yuk langsung pilih aja destinasi hits yang satu ini, karena disini kamu bakalan dijamin dan dipastiin tak akan dibuat kecewa dengan spot dan panorama dari ketinggian jurangnya.

 

 

Source: limakaki.com & explorewisata.com

 

Tags
Show More

Defi Susisusanti

Gadis biasa yang tak punya kelebihan namun punya beragam kegemaran.

Related Articles

1 thought on “Kapal Diatas Awan, Jurang Tembelan Kanigoro Yogyakarta”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *