Home / Blog / Alam & Taman / Inilah Jembatan Gantung Situ Gunung, Terpanjang Di Sukabumi Jawa Barat

Inilah Jembatan Gantung Situ Gunung, Terpanjang Di Sukabumi Jawa Barat

Saat ini para traveller tengah dihebohkan oleh keberadaan objek wisata baru yang cukup unik dan berbeda dari wisata pada umumnya. Sebuah jembatan Gantung yang terbentang cukup panjang di Sukabumi Jawa Barat tengah menjadi pusat perhatian. Pasalnya jembatan gantung ini tak hanya panjang saja tetapi juga cukup tinggi dan membentang diantara lebatnya hutan kayu Damar.

Foto : pikiranrakyat.com

Secara lokasi Jembatan Gantung di Sukabumi ini masuk kedalam wilayah Taman Nasional Gede Pangrango (TNGP). Jembatan setinggi 150 meter ini juga membentang cukup jauh yakni sepanjang 240 meter. Tak heran bila dari kejauhan sangat terlihat cantik namun juga bisa memacu adrenalin.

situ gunung Sukabumi (foto : @mhfathony)

Mungkin kalian pernah camping dikawasan Situ Gunung Sukabumi, nah lokasinya tak jauh dari danau atau situ gunung ini. Jembatan ini sendiri nantinya akan menghubungkan 3 kawasan wisata yang ada disekitar situ gunung seperti kawasan camping ground, curug sawer dan danau situ gunung .

canopy trail yang ada di Cibodas (foto : Sunan Doank)

Sebenarnya jembatan serupa juga bisa kita jumpai dikawasan Taman Nasional Gede Pangrango dikawasan Cibodas saat menuju curug cibereum yakni Canopy Trail. Bahkan dipenghujung jembatan juga sama yakni bisa menyaksikan sebuah air terjun yaitu curug cimacan.  Namun panjangnya canopy trail tak sepanjang jembatan gantung yang ada di Situ Gunung Sukabumi ini. Info lebih lanjut mengenai canopy trail di cibodas bisa di klik disini Jelajah Taman Nasional Gunung Halimun

foto: @silvilestari834

Jembatan yang masih belum diberi nama ini mulai dibuka pada akhir desember 2017 lalu namun belum dibuka secara resmi untuk umum mengingat masih tahap perampungan dan perbaikan agar pengunjung yang melintasi jembatan ini bisa aman. Jembatan yang pada bagian bawahnya dibuat dari papan ini semakin terlihat keren dengan adanya besi dan tali disepanjang pinggir sisi jembatan.

foto : @aldybaihaqi

Meski belum dibuka secara resmi namun banyak sekali wisatawan dari berbagai daerah sengaja datang untuk melihat langsung betapa kerenya jembatan gantung ini. Foto dengan latar belakang jembatan gantungpun menjadi pemandangan yang akan dijumpai bahkan saat mencoba melintasinya banyak wisatawan yang berfoto ditengah-tengah jembatan.

foto: @aditia.putra.21

Secara administratif jembatan gantung sukabumi ini berada di Kampung Pesanggrahan, RT 33/08, Desa Gunung Pangrango, Kecamatan Kadudampit, Kabupaten Sukabumi, Provinsi Jawa Barat. Untuk menuju ketempat ini kalian tinggal arahkan maps kalian menuju kawasan situ gunung Sukabumi. Lokasinya tak jauh dari danau atau camping ground.

curug sawer di situ guung (foto : @wisataini.com)
foto : piknikyok.com

Salah satu alasan mengapa jembatan gantung ini dibuat adalah selain sebagai objek wisata baru juga sebagai langkah mempersingkat waktu tempuh menuju curug sawer jika kita dari danau atau camping ground. Biasanya dibutuhkan waktu 1-1.5 jam menyusuri hutan dan mengitari danau jika ingin menuju kawasan curug sawer. Namun dengan hadirnya jembatan gantung ini waktu tempuh menuju curug menjadi lebih singkat yakni 10-15 menit saja.

About Mr Edoy -

Follow Instagram @emyebpj Web Developer & Traveller Blogger

Check Also

Bukit Campuhan: Eat, Play, Love and Repeat Again

Aku tipe orang yang ga mau kembali ke tempat yang pernah aku datangi. Karena masih …