Museum & Sejarah

Kelenteng Hoo An, Riau

Kelenteng Hoo Ann Kiong lebih dikenal luas sebagai Vihara Sejahtera Sakti, kelenteng ini merupakan kelenteng tertua di kota selatpanjang. Kelenteng ini juga merupakan kelenteng tertua yang ada di Provinsi riau. Kelenteng ini terletak di Jalan Jenderal Ahmad Yani, selatpanjang kabupaten kepulauan meranti. Kelenteng ini merupakan salah satu aset cagar budaya di Kabupaten Kepulauan Meranti.

Kelenteng ini didirikan pada masa kolonial Belanda dan sampai hari ini belum diketahui dengan pasti tahun kapan berdirinya. Diperkirakan, Kelenteng Hoo Ann Kiong berdiri pada awal tahun 1868. Sejarawan memprediksi kelenteng ini berumur lebih dari 150 tahun setelah dilihat dari relief arsitektur bangunannya.

Foto by Wikiwand

Awal berdirinya bangunan ini merupakan gubuk sederhana yang dibangun oleh perantauan China yang menetap di Kota Selatpanjang pada masa kolonial Belanda,tujuan berdirinya kelenteng ini untuk menghormati dewa bumi yang lebih dikenal luas oleh masyarakat Tionghoa sebagai Tua Pek Kong atau Fu De Zheng Zhen Kelenteng Hoo Ann Kiong beberapa kali dipugarkan, yaitu pada tahun 1903,1940,dan pada tahun 1948. Terakhir Kelenteng ini dipugar total kecuali bagian depan pintu gerbang utama pada tahun 2005 dan selesainya pada tahun 2008.

Bentuk bangunan klenteng merupakan bangunan tunggal beratap susun dan berbentuk paviliun,terdiri atas sejumlah anjungan yaitu Klenteng Besar dan Gerbang kelenteng. Bangunan ini adalah satu-satunya bangunan yang luput saat terjadi kebakaran besar di selatpanjang yang menghanguskan mampir sebagian besar kota Selatpanjang pada 14 Februari 1960. Kelenteng ini sangat dikenal luas oleh masyarakat Selatpanjang maupun masyarakat luar negeri sebagai tempat ibadah utama bagi umat konghuchu maupun umat buddha.Selain merupakan tempat ibadah dan ziarah juga merupakan tempat wisata yang menarik untuk di kunjungi.

 

Tags

bubuy

Backpackology

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Check Also

Close