Home / Blog / Air Terjun / Jogja Pacitan (JoTan) Part #4, “Enjoyable & Comfortable”

Jogja Pacitan (JoTan) Part #4, “Enjoyable & Comfortable”

Kali ini Backpacker Jakarta mengadakan trip ke 2 (dua) daerah sekaligus, yaitu Jogjakarta dan Pacitan. Trip lintas kota ini disiapkan oleh Mela, sister #7 (ig: @dwi_mela) dan Emphi, new CP #15 (ig: @emeraldphilips). Yuk simak liputan lengkapnya di bawah ini.

Hari Kamis jam 21:00 WIB kami sepakat untuk berkumpul di Stasiun Senen, kebetulan sebagian besar peserta berangkat dari Jakarta dan membeli tiket kereta secara kolektif melalui CP. Tepat 15 menit sebelum kereta berangkat kami masuk ke dalam kereta, ups.. Ada yang masih belum keliatan batang hidungnya lhooo, ngeri-ngeri ketinggalan nih.. Tapi deg-degan itu ga berlangsung lama karena Mia warga #21 muncul juga di antrian masuk kereta. Syukurlaah.

Jum’at pagi sekitar jam 05:30 WIB kami sampai di Stasiun Lempuyangan dan menyempatkan diri berfoto di depan kereta. Setelah itu sambil menunggu elf jemputan, kami bersih-bersih dan sarapan.

Depan Stasiun Kereta

2 (dua) buah elf dengan warna ngejreng (biru dan hijau) sudah bersandar di parkiran Stasiun Lempuyangan dan siap mengantar kami ke tujuan yang telah ditentukan. Elfnya cukup nyaman, buktinya bisa bikin peserta bobo manis selama perjalanan. Pengen banget sih posting fotonya tapi takut diprotes karena dianggap menyebarkan aib, hahahaa..

Baiklah.. Perjalanan dimulai, cekidot ya.

Elf Di Perjalanan
  1. Air Terjun Luweng Sampang

Air terjun Luweng Sampang terletak di Desa Sampang, Kecamatan Gedangsari, Kabupaten Gunungkidul. Air terjun ini sering dikenal sebagai Green Canyon ala Gunung Kidul. Saat kami datang volume air tidak terlalu banyak sehingga air terjun tidak terlalu besar, namun bebatuan yang unik bergaris-garis menjadi daya tarik tersendiri bagi pendatang.

Rame-Rame Di Depan Luweng Sampang
  1. Kuliner Makanan Jogja (Gudeg Yu Djum)

Setelah bermain air di Luweng Sampang, kami melanjutkan perjalanan dan berhenti untuk menjalankan ibadah sholat Jum’at di masjid sekitar desa Sampang.

Sesampainya di jalan raya, CP mengarahkan peserta untuk menikmati kuliner khas Jogjakarta, yaitu gudeg, dan kali ini gudeg yang dituju adalah gudeg Yu Djum yang ada di Jl. Kaliurang KM 4,5 CT III/22, Gang Cokrowolo, Karangasem.

Warung Yu Djum
  1. Pantai Banyu Tibo

Pantai ini berada di Desa Widoro, Kecamatan Donorejo, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur. Ya, ini lah destinasi pertama yang dituju saat mencapai kota Pacitan.

Dengan pemandangan air terjun yang langsung jatuh ke pantai serta sunset yang indah, pantai ini terlihat cantik sekali, membuat kalian wajib, kudu, harus dateng deh ke sini.

Air Terjun Di Banyu Tibo

Peserta Dengan Sunset

Di pantai Banyu Tibo ini kalian dapat bermalam di warung tenda yang ada di sekitar pantai.  Nyaman lhoo bisa buat main uno, kartu, perkenalan peserta trip dan tidur sambil memandang bintang-bintang yang bertaburan di langit plus menikmati suara debur ombak di lautan (pas cuaca mendukung kemarin).

Warung Tempat Bermalam

Pemandangan menakjubkan tidak hanya ditemui saat sore hari, karena pada waktu pagi hari pun kalian bisa menikmati pemandangan yang indah dengan perpaduan tebing, air terjun dan pantai.

Pemandangan Banyu Tibo Di Pagi Hari
  1. Pantai Klayar

Oke destinasi selanjutnya adalah pantai Klayar yang menjadi salah satu icon pantai di Pacitan. Pantai Klayar ini memiliki keunikan berupa karang raksasa dengan batu yang cantik, air mancur alami dan seruling samudra. Pesona panorama Pantai Klayar ini sayang untuk dilewatkan.

Rame2 Di Pantai Klayar
Action Ala2 Terbang Rohit
Mela Dengan Baju BPJnya
Rara Di Batu2 Karang

Mereka menyiapkan kendaraan motor khusus untuk mengelilingi Pantai dengan memasang tarif sebesar Rp. 30.000,- sampai puas.

Peserta Dengan Motor
  1. Menyusuri Sungai Maron melalui Pantai Ngiroboyo

Dengan perahu kecil yang hanya dapat diisi dengan maksimal 6 orang (penumpang dan nahkoda) kalian akan diajak menyusuri Sungai Maron dan menikmati pemandangan ala-ala pedalaman.

Selama Menyusuri Sungai

Kali ini penyusuran Sungai Maron dimulai dari Pantai Ngiroboyo. Jadi perjalanan kalian akan dimulai dari pantai menuju ke arah dalam sungai, kemudian kembali lagi dari dalam sungai menuju ke bibir pantai.

Perbatasan Sungai
  1. Goa Gong, Goa Terindah di Asia

Setelah asik bermain di pantai, kalian bisa menikmati goa terindah di Asia Tenggara. Goa ini merupakan icon dari kota Pacitan juga.. Di dalam goa kece abis karena ada penerangan warna warni yang menambah aura eksotis goa.

Eh bisa romantis juga lho foto di dalam goa, heheee..

So, kalo kalian ke Pacitan wajib rasanya untuk mengunjungi tempat ini.

Di Dalam Goa
Di Logo Selamat Datang
  1. Pantai Taman

Pantai ini berada di sebelah barat Pantai Kunir, Desa Hadiwarno, Kecamatan Ngadirojo. Kalian bisa mengunjungi penangkaran penyu dan wisata flying fox terpanjang di Indonesia (450 meter).

Di penangkaran penyu kalian bisa menemukan penyu yang paling besar berusia 2 tahun, dan kebetulan yang kecil-kecil habis dilepas di pantai beberapa minggu lalu, jadi kami tidak bertemu mereka. Ya, penyu yang dirasa sudah cukup umur dan dapat hidup di alam bebas akan dilepas ke pantai.

Penyu Besar Di Dalam Kolam

Oya, wisata flying fox buka dari jam 08:00 – 16:00 WIB ya. Tapi jangan khawatir buat kalian yang kesorean atau kemalaman seperti kami, kalian dapat menginap di sana karena ada mushola atau jika beruntung bisa menginap di rumah kepala dusunnya dan tetap bisa menikmati flying fox di pagi hari. Yeaaayy seru banget naik flying fox di Taman Pantai ini.

Mela Saat Ber-Flying Fox Ria
  1. Tebing Breksi

Oke saatnya kembali ke Jogjakarta dan meninggalkan Pacitan. Tapi sebelum ke stasiun Lempuyangan, kalian bisa mampir ke beberapa destinasi lain yang searah dengan Jogjakarta, salah satunya adalah tebing yang sedang hits di Jogja, yaitu Tebing Breksi.

Tebing ini merupakan bekas tambang yang dijadikan tempat wisata. Di sebelahnya ada Tlatar Seneng, semacam panggung dengan tempat duduk melingkar untuk menampilkan pertunjukkan kesenian.

Depan Arca
Bawah Tebing
Tlatar Seneng

Jika kalian ingin mendapat foto-foto keren dan instagramable, datanglah di hari biasa (weekday) supaya tidak terlalu ramai oleh pengunjung.

Itulah beberapa destinasi yang kami kunjungi selama trip Jogja-Pacitan yang diarrange oleh Backpacker Jakarta. Akhirnya kami kembali ke Jakarta menggunakan kereta, berangkat jam 15:30 WIB dan sampai di Jakarta jam 23:30 WIB.

Kakak Tien, salah satu peserta JoTan ternyata sudah menantikan trip ini selama 24 tahun yang lalu. Kakak kece yang pernah tinggal di daerah Solo di tahun 1993 – 1998 ingin sekali mengunjungi Pacitan saat itu, namun walaupun jaraknya dekat tetapi tidak sempat main kesana, dan akhirnya di 2017 ini bisa terlaksana, “Melalui trip dari Backpacker Jakarta saya bisa mengunjungi kota Pacitan dan destinasinya yang keren-keren.. Thanks BPJ JU4RA

Erwin, warga #10 sangat menantikan wisata flying fox di Pantai Taman. Mendengar bahwa flying fox sudah ditutup saat sampai di sana, Erwin sempat kecewa. Namun CP trip kali ini bisa nego dengan penjaga wisata flying fox untuk dibuka jam 6 pagi, khusus untuk BPJ, “Terima kasih CP Mela & Philips. Rasa penasaran naek flying fox terpanjang di Indonesia-nya sudah terbayar kan.. hehe”

Nah, ada lagi nih testimoni dari warga yang baru pertama kali ikut trip BPJ, sebut saja Ka Andri, warga #25, “Makasih buat perjalanan Jo-Tan yang menyenangkan… Untuk pertama kalinya saya ikut trip BPJ, biasanya kalau peserta tripnya banyak pasti ada kekacauan dalam kordinasinya tapi beruntung CP yang ganteng dan cantik ini bisa meng-handle dan memutuskan sesuatu dengan cepat.. Terima kasih bt CP Philips and Mela yang begitu sabar menghadapi peserta trip ,dan rekan rekan trip yang kompak, saling membantu.. Share cost rasa open trip.. Sekali lagi terima kasih buat semuanya”

So guys, nantikan trip Jogja Pacitan dari Backpacker Jakarta selanjutnya ya.

About admin

Komunitas Backpacker Jakarta adalah sebuah komunitas Travelling yang didirikan pada 5 April 2013 dan berpusat di Jakarta dan sekitaranya (Bogor, Tanggerang, Bekasi dan Depok.

Instagram : @backpackerjakarta

Twitter : @official_bpj

Facebook : www.facebook.com/groups/backpackerjakarta

Group Wa : 089507622003

Check Also

Wajib Tahu, 10 Taman Terbaik di Jakarta

Sebagai Ibu kota, Jakarta merupakan daerah yang padat penduduk lengkap dengan segala aktivitas yang membuat …