Alam & TamanDanau & Sungai

Napak Tilas di Taman Narmada, Lombok

Jika ditelusuri lebih mendalam, kota Lombok ini menyajikan beragam keindahan panorama alam yang sangat menarik. Seperti Taman Narmada yang merupakan Taman terbesar di Provinsi Nusa Tenggara Barat ini, tentu akan menambah deretan list liburan kalian ketia berkunjung ke Lombok.

foto by: adityahasakin
foto by: adityahasakin

Taman Narmada adalah Taman dengan luas kurang lebih 2 Hektar. Merupakan sebuah taman yang berlokasi di Desa Lembuak, kecamatan Narmada, Kabupaten Lombok Barat, Provinsi Nusa Tenggara Barat. Menurut sejarahnya, nama Narmada diambil dari nama anak sungai suci gangga di India yaitu Narmadanadi. Dibangun oleh Raja Agung Ngurah Karang Asem pada tahun 1727 masehi.

foto by: icavin
foto by: icavin

Taman yang dibuat bagaikan miniatur gunung rinjani ini sering dijadikan sebagai tentu peristirahatan keluarga raja serta tempat upacara pada tahun Caka, yaitu tahun purnama yang kelima. Arsitektur taman yang unik dan bernilai historic. Nuansa alam di taman yang terpancar seperti danau segara anak, dan aliran air di kolam yang segar dari sumber mata air gunung rinjani.

foto by: shandyagustin13
foto by: shandyagustin13

 

Ketika berkunjung ke taman Narmada, kita dapat menyaksikan setiap sudut-sudut menarik dari taman ini yaitu:

  1. Gerbang utama, yaitu berupa gapura menuju halaman jabalkap yang memiliki telaga kembar.
  2. Gapura Gelang/Paduraksa, yang merupakan penghubung halaman jabalkap dengan mukedes.
  3. Halaman Mukedes, yaitu senuah halaman yang terdiri atas bangunan Sanggah Pura, Balai Pamerajan dan Balai Loji yang merupakan tempat kediaman sang Raja.
  4. Halaman Pasarean, yaitu halaman dengan bangunan Balai Loji, Telaga Padmawangi, Pawedayan, pawargan dan Balai Terang yang merupakan tempat raja berisitirahat.
  5. Pura Kelasa/ Pura Narmada, yaitu merupakan pura tertua di Lombok yang berundak-undak dengan bagian bawah lembah berupa telaga segara anakan dan kolam duyung.
  6. Halaman Patandaan, merupakan dua bangunan bertiang empat berupa panggung pertunjukan terbuka.
  1. Halaman Bacingah, yaitu tembok-tembok dengan dua gapura bentar.
  2. Balai Petirtaan, yakni tempat pertemuan ketiga sumber mata air Suranadi, Lingsar dan Narmada dengan sumber mata air langsung dari Gunung Rinjani yang dipercaya membuat awet muda.
foto by: mardiandwi
foto by: mardiandwi

Pemandangan alami taman narmada dengan jernihnya air dari sumber mata air gunung rinjani tampak menyegarkan mata. Pohon-pohon dan tanaman khas yang mengelilingi taman nampak menyejukkan dan meneduhkan suasana taman di Lombok ini. Sebagai pusat rekreasi, di taman narmada ini juga telah menyediakan aneka makanan khas dan tempat souvenir sebagai oleh-oleh kenangan berkunjung ke taman ini.

foto by: wahyoe_idol_mc
foto by: wahyoe_idol_mc

Gimana Guys, Jika kalian sedang ke Lombok kunjungilah taman Narmada ini, Sebuah destinasi yang tak sekedar menyajikan panorama cantiknya sebuah kolam-kolam dan taman raja tetapi juga pelajaran historic dengan nuansa Gunung Rinjani yang ajib. So, Hurry Up Go to this Place !!!

 

Sumber: Wikipedia

Tags
Show More

Defi Susisusanti

Gadis biasa yang tak punya kelebihan namun punya beragam kegemaran.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *