Air Terjun

Inilah Curug Ciparay Cigalontang, Curug Kembar yang ada di Tasikmalaya

Satu lagi curug keren yang ada di Tasikmalaya yakni Curug Ciparay. Curug Ciparay ini berada di Kecamatan Cigalontang, Kabupaten Tasikmalaya provinsi Jawa Barat. Banyak yang bilang jika Curug Ciparay ini sebagai curug kembarnya Tasikmalaya. Mengapa Curug Ciparay dikatakan curug kembar ? itu karena ada 2 buah curug dilokasi ini yang bersebalahan. Namun debit air kedua curug tersebut berbeda.

foto : @anang.hidayatuloh

Curug Ciparay sudah dilengkapi jalur treking yang lumayan baik meski masih sedikit susah. Meski jalurnya masih berbatu namun sudah bisa dilalui kendaraan motor tapi motor tertentu loh ya sebab ada banyak tanjakan curam dan licin. Jalanan berbukit2 yang cukup terjal dan melewati kawasan persawah juga akan kita jumpai selama perjalanan menuju curug ciparay.

foto : @yunus.hendrawan.yh

Dari Desa Cidugaleun sampai Curug Ciparay Singaparna Tasikmalaya hamparan sawah, kali dan jalur yang cukup licin menemani perjalanan kita sampai akhirnya tiba dilokasi bukit. Nah dari atas bukit ini artinya kita sudah dekat karena kita sudah bisa melihat 2 buah curug yang airnya mengalir cukup deras.

foto : @mimitkd

Ketinggian Curug Ciparay Diperkirankan mencapi 70 meter. Itu sebabnya aliran air terjunya terasa sangat deras dan besar. Bila berdiri dari jarak 100 meterpun hembusan angin yang membawa butiran air akan kita rasakan. Curug Ciparay dapat diakses dari Ibukota Kabupaten Tasikmalaya yaitu Singaparna menuju ke arah Sariwangi kemudian masuk ke desa Cidugaleun. Curug Ciparay ini sendiri berada di Desa Parentas Kecamatan Cigalontang Kabupaten Tasikmalaya.

foto : @ayatfirmansyah.99

Bila hari libur Curug Ciparay banyak dikunjungi wisatawan dari luar Tasik. Bahkan dari Bandung dan Jakarta juga banyak yang berunjung ke Curug Ciparay. Fasilitas umum disekitar curug belum tersedia jadi biasanya hanya ada yang berjualan dihar tententu saja. Kita harus membawa bekal sendiri bila ingin berkunjung ke Curug Ciparay.

Tags

Emye

Seorang Traveller yang hanya membantu untuk mempromosikan setiap wisata di Indonesia. ( Follow Instagram @kataomed - wa 081237395539 )

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *