Danau & Sungai

Ini Dia Sungai Terpanjang Di Indonesia, Sungai Kapuas

Indonesia yang merupakan Negara Kepulauan karena memiliki ribuan pulau-pulau serta ratusan   sungai-sungai terpanjang yang tersebar di Pulau Kalimantan, Jawa, Sumatera hingga sekitaran Papua. Salah satu sungai terpanjang yang dimiliki Indonesia adalah Sungai Kapuas, sungai tersebut menjadi daya tarik utama wisatawan ketika berkunjung ke Kalimantan.

Foto: thenafi.wordpress.com

Sungai Kapuas merupakan sungai yang secara administratif terletak di Provinsi Kalimantan Barat. Dengan panjangnya yang membentang mencapai 1.143km, tak heran jika sungai ini menjadi sungai terpanjang yang dimiliki Kalimantan bahkan terpanjang di Indonesia. Sungai Kapuas bersumber dari mata air Pegunungan Muller hingga ke hilir Selat Karimata dan melewati berbagai wilayah di Provinsi Kalimantan Barat. Sungai tersebut menjadi salah satu jalur Transportasi utama yang teramat berguna bagi penduduk setempat. Mengingat, daerah Kalimantan memang dikelilingi perairan yang luas, sehingga segala aktivitasnya mayoritas dilakukan melalui jalur air.

Foto: grapesdakalimantan1.wordpress.com

Konon nama sungai yang juga memiliki sebutan Sungai Batang Lawai atau Sungai Kapuas Buhang ini diambil dari nama daerahnya sendiri yaitu Kapuas Hulu. Sedangkan nama Batang Lawai sendiri, merupakan sebutan khusus dari Kesultanan Banjar yang diambil dari nama Kabupaten Melawi, . Sehingga nama tersebut digunakan untuk aliran sungai yang bermuara dari Kabupaten Melawi hingga ke sekitaran Kota Pontianak. Di sepanjang sungai Kapuas tersebut merupakan tempat hunian 700 lebih jenis ikan yang terdiri atas sekitar 12 jenis spesies ikan langka dan sekitar 40 jenis ikan yang berkategori terancam punah.

Foto: iandini.wordpress.com

Dengan dikelilingi hutan lindung , potensi perikanan air tawar yang tersebar di Sungai Kapuas bisa mencapai sekitar 2 juta ton ikan. Tentu sungai ini menjadi jantung kehidupan sbagi masyarakat khususnya suku Dayak dan Melayu yang menghuni di sekeliling daratan aliran sungai. Dengan potensi ikannya yang melimpah ruah menjadi sumber mata pencaharian bagi para nelayan. Selain itu aliran sungai tersebut merupakan sarana transportasi andalan untuk menghubungkan berbagai wilayah dari pesisir Kalimantan Barat hingga ke hulu sungai di pedalaman Putussibau.

Foto: yaserace.com

Tak sekedar memiliki peranan terhadap keberlangsungan kehidupan masyrakatnya, sungai Kapuas juga menjadi daya pikat wisata bagi para pengunjungnya. Berbagai kegiatan menarik pernah dilakukan dan disemarakkan di sepanjang aliran sungai ini. Kegiatan tersebut antara lain KalbarRegatta, Festival Kapas Hias, Tari Melayu diatas Sampan, Wisata Sungai Kapuas, Meriam Karbit, Upacara Adat, Mandi U-SHI, Taman Alun Kapuas Pontianak serta Budidaya Ikan Mas dan ikan Nila. Untuk menuju lokasi sungai Kapuas kamu cukup menyewa Perahu wisatayang bisa ditempuhsekitar 45 menit menuju Kota Pontianak. Dengan tarif berkisar antara Rp. 10.000 hingga Rp. 15.000,- sesuai lokasi pemberhential kapal, kamu bisa menikmati langsung suasana alami dan asri sepanjang perairan sungai dengan panormaa hutan lindung yang hijau.

 

 

Sumber Referensi : wikipedia.id

 

Tags
Show More

Defi Susisusanti

Gadis biasa yang tak punya kelebihan namun punya beragam kegemaran.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *