Editor PicksTips Travelling

Bolehkan Wanita Menstruasi Mendaki Gunung ?

Perempuan pasti pernah mengalami yang namnya Menstruasi (bahasa cowoknya lagi Bertaring). Secara bahasa buku atau bahasa kacamata, Menstruasi itu artinya haid atau datang bulan (kira2 begitu) merupakan proses keluarnya darah dari dalam rahim yang terjadi karena luruhnya lapisan dinding rahim bagian dalam yang banyak mengandung pembuluh darah dan sel-sel telur yang tidak dibuahi (wikipedia). Mungkin bisa ditanyakan lebih lengkap gejalanya, efeknya dan ciri-cirinya kepada pacar atau temen kalian yang perempuan bukan ke saya.

foto : blog.cozmeed.com
foto : blog.cozmeed.com

Bagi kalangan pendaki menstruasi menjadi hal yang sering menjadi perdebatan tersendiri. Sebagian menggap menstruasi adalah hal yang menakutkan jika berpergian terutama kegunung dan sebagian lagi beranggapan biasa-biasa aja gak ada yang perlu dikhawatirkan.

Nah sebenarnya bagi para pendaki cantik itu boleh enggak sih mendaki gunungĀ  ?

Buat menjawab pertanyaan itu coba kita tanyakan pada rumput yang bergoyang heeee, maksudnya pengalaman saya saat menjadi CP trip terus ada salah satu peserta lagi menstruasi (pastinya pesertanya cewe).

1. LEMAH & EMOSIAN
===================
Kondisi yang akan menurun disebabkan gejolak diperutnya atau dimananya itu akan mempengaruhi ketahanan tubuh si wanita cantik itu. Cendrung akan terasa nyeri atau mual atau bahkan lemas kurang cairan. Hal ini pasti sudah diantisipasi oleh si wanita tadi jika dia emang wanita yang peka keadaanya. Tapi kondisi tubuh yang lemah jaangan dijadikan alasan buat bermanja-manja kepeserta lainya ya. Karena kamu tau kondisi lagi menstruasi itu bakalan lemah jadi kamu tau resikonya.

gunung andong 5

Emosian memang sangat melekat pada wanita yang lagi dapet. Jadi sadar diri dan jangan sampai membuat masalah gara2 emosi kalian yang gak kekontrol. Jika diarasa ada yang bikin bete ya mencoba menjauhinya atau mengabikanya, sellau ingat kamu lagi dapat jadi gak boleh emosi, relaxs dan tenang.

Tips daku yg kece ini buat para ledies, coba kalian siapkan obat datang bulan mislanya seperti apa ya yang kaya iklan di tv ituloh atau obat khusus baragkali. Lemahnya tubuh berati kalian butuh asupan yang bergizi sehat dan segar. Nah kalian jangan lupa bawa makanan yang bikin tubuh kalian bisa sehat dan tenaga bertambah.
Biar emosi terkontol coba dengarkan lagu2 yang melow atau yg membahgiakan dan menengkan atau bawa foto2 kenangan kalian, saat emosi lihat foto itu.

LEMAH & EMOSIAN = MENYEBALKAN TAPI MAKANAN BERGIZI & MUSIK = AMAN

2. MISTIS
==========
Wanita yang lagi datang bulan cendrung ditakuti oleh temen2 pendaki karena isu-isu yang marak mengenai mahluk2 mistis yang akan mengikuti wanita yang lagi menstruasi. Terlebih para pendaki yang menaiki gunung pastinya gunung identik dengan banyaknya mistis dan itu akan menjadi beban moral sendiri peserta lainya.

www.kompasiana.com
www.kompasiana.com

Berhubung saya sendiri gak bisa menujukanya secara real, secara penglihatan indra kesekian, wanita yang lagi menstruasi memang amat disukai mahluk asing sana, entah karena dia menyukai aromanya atau menyukai hal yang berbaur kotor. Maklum mahluk ghaib lebih suka hal-hal yang berbaur kotor. Darah Haid itu darah kotor so ya begitulah. Biasanya si pendaki cewe cantik ini pasti merasakan ko saat mendaki berasa diikutin atau berasa2 gimana gitu entah itu perasaanya saja karna terpengaruh omongan orang atau karena emang beneran berasa.

Lalu bagaimana mengantisipasinya biar gak diikuti si mahluk unyu2 tersebut ?
Saran saya sih selalu berdoa dengan ajaranya, selalu berniat baik dan meminta terus dilindungi sama yang maha kuasa. Ingat terus Tuhan lebih kuat dari mahluk unyuk2 yang menyebalkan itu.

MISTIS = MENAKUTKAN TAPI DOA & KUAT = AMAN

3. PERATURAN
=============

Kadang banyak pendaki wanita yang masih tetep kekeuh mendaki meski lagi dapet alias menstruasi. Memang kegigihanya patut diacungkan 10 jari namun harus diingat selalu untuk menjaga aturan setempat yang berlaku. Misalnya membuang sisa pembalut jangan sembarangan.

Bungkus bekas sampah pembalut dan masukan kedalam pelastik. Masukan kedalam tasmu dan buang saat sampai di basecamp. Ingat jangan pernah melakukan membuang sampah bekas menstruasi disembarang tempat karena itu bisa kualat kalo kata orang2. Mahluk mistis dan Negara sangat membenci manusia yg buang sampahnya sebarang area.

foto : blog.cozmeed.com
foto : blog.cozmeed.com

SelaLu permisi pada yang punya tempat semisal mau kencing menjadi aturan yang wajib buat para pendaki terutama pendaki yang lagi dapet jatah. Bukan hanya karena kita sebagai tamu yang baik harus permisi namun juga mengingatkan kepada kita bahwa kondisi kita tidak lagi sehat bugar. Namun bukan berati kita syiriq menduakan tuhan, tetap ingat tuhan dimana saja dan gak ada salahnya jika izin kepada yang punya.

PERATURAAN DILANGGAR = BENCANA TAPI PERATUARAN DITAATI = AMAN

Nah kira2 begitu guys, Jika kalian pergi dalam bentuk tim pastikan jika tim kalian siap membackup kalian dan tau kondisi kalian lagi dapet. Jangan pernah merahasiakan kondisi kalian ketemen-temen lainya biar semua bisa saling suport dan membantu.

Kira-kira seperti ini sih hal yang pelu kamu ketahui terutama para ledies yang lagi kejatuhan bulan. Pendakian yang dilandasi kebersamaan dan tentunyaa menjaga aturan akan sama sama nyamans selamat sampai tujuan.

Tags

Emye

Seorang Traveller yang hanya membantu untuk mempromosikan setiap wisata di Indonesia. ( Follow Instagram @kataomed - wa 081237395539 )

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Check Also

Close