Gunung

Menikmati Trek Ajib Dari Gunung Wayang – Bandung

Melakukan aktivitas pendakian di sekitar Bandung memang tidak ada habisnya. Gunung Tangkubanparahu, Gunung Manglayang, Gunung Burangrang, Gunung Puntang, adalah sejumlah gunung yang berada di sekitar Kota Bandung. Wilayah utara nya merupakan kawasan wisata alam yang menjadi daya tarik sendiri bagi semua orang.

Gunung Wayang merupakan gunung yang memiliki ketinggian 2241 mdpl dan secara administratif terletak di Desa Tarumajaya, Kecamatan Kertasari, Kabupaten Bandung. Jika ingin mendaki Gunung Wayang ini kalian dapat mencapai titik awal pendakian selama kurang lebih lima jam dari pusat Kota Bandung dan jika menggunakan kendaraan umum tentu saja akan memakan waktu yang lebih lama.

Gunung Wayang ini dikelilingi oleh gunung-gunung besar lainnya di Jawa Barat seperti Gunung Papandayan yang berdiri dengan kokoh dan Gunung Malabar.

Jalur pendakian Gunung Wayang akan diawali dengan perkebunan teh yang bercampur dengan perkebunan komoditas sayuran lainnya milik warga sekitar. Jalur yang dilalui sepanjang perkebunan ini relatif menanjak dengan kemiringan yang ringan, yaitu sekitar 25-30 derajat saja. Perjalanan melewati perkebunan teh dan  perkebunan palawija milik warga ini dapat dilewati dengan waktu sekitar satu setengah hingga dua jam.

Setelah melalui perkebunan ditandai dengan jalur yang lebih menanjak dari sebelumnya dengan kemiringan hampir 70 derajat dan mulai memasuki hutan yang rimbun. Hutan di Gunung Wayang ini lebih lebat jika dibandingkan dengan hutan di gunung-gunung lain yang berada di sekitar Bandung. Jarak antara satu pohon dengan pohon yang lainnya sangat dekat.

Saat melakukan pendakian di Gunung Wayang ini sangat dituntut kehati-hatian karena di dalam hutan didominasi oleh pohon-pohon besar dan juga semak belukar berduri. Duri-duri yang terdapat di semak belukar tersebut akan terasa gatal dan tidak nyaman jika terkena kulit. Gunakan celana panjang atau gaiter dalam pendakian di Gunung Wayang ini.

foto : rianapapda.blogspot
foto : rianapapda.blogspot

Semakin mendekati puncak maka vegetasi hutan di Gunung Wayang ini semakin jarang. Hal itu menjadi ciri bahwa sudah semakin dekat ke puncak Gunung Wayang. Dari puncak Gunung Wayang akan terhampar keindahan perkebunan teh yang tampak seperti sebuah karpet hijau yang luas dan dikelilingi oleh gunung gunung lainnya. Di malam hari, kalian juga bisa melihat pemandangan lampu kota yang indah.

Selama pendakian, bawalah perbekalan air yang cukup. Gunung Wayang memang tidak setinggi gunung-gunung lain di Jawa Barat, namun melakukan pendakian di Gunung Wayang akan menguras energi yang cukup banyak.

Tags

febeshinta

Hi, I'm Febe Sinta Franciska, author of www.febeshinta.com and also www.backpackerjakarta.com; Besides that, I like writing and photography. So, I can share my experience and capturing a perfect moment as long as I travel. If you want to know my daily activities and where I am going, just follow my Instagram @febe_shinta Please enjoy both of this website with a cup of coffee or tea! Happy reading! Me love you all :)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *