Gunung

Menikmati Puncak Sangiang Taraje Dari Gunung Tampomas – Sumedang

Halo sobat… bagi sobat yang memiliki hobi hiking, tidak ada salahnya jika sobat mencoba mendaki gunung Tampomas di Sumedang. Tampomas adalah gunung berapi yang masuk kategori Stratovolcano (Gunung berapi kerucut yang terdiri atas lava dan abu vulkanik yang mengeras) dengan ketinggian 1684 mdpl. Terletak disebelah utara Sumedang dan masuk dalam area Taman Wisata Alam Gunung Tampomas. Gunung ini dikelilingi oleh 5 kecamatan yaitu Cimalaka, Paseh, Conggeang, Buahdua dan Tanjungkerta.

foto : tulisansiswaku.blogspot
foto : tulisansiswaku.blogspot

Puncak Gunung Tampomas dinamai Sangiang Taraje oleh penduduk setempat, dari atas puncak sobat akan menikmati pemandangan indah ke arah kota Sumedang dan sekitarnya. Di atas puncak terdapat lubang-lubang kawah dan batu-batu besar berwarna hitam, Sekitar 200 meter ke arah utara dari puncak Sangiang Taraje terdapat pula makam yang dikenal dengan nama Pasarean, konon tempat tersebut adalah petilasan dari Prabu Siliwangi. Selain keindahan alamnya, gunung ini juga dikenal dengan daya tarik magisnya yang membuat semakin banyak minat orang untuk menaiki puncaknya.

foto : mtmasumedang.blogspot
foto : mtmasumedang.blogspot

Kawasan hutan Gunung Tampomas memiliki keanekaragaman flora dan fauna, Seperti owa yang mukanya berwarna hitam, lutung, monyet, Meong Congkok, berbagai jenis ular dan burung. Adapun tumbuhannya seperti Jamuju, Rasamala, dan Saninten. Selain flora dan fauna, gunung ini juga memiliki peninggalan sejarah kerajaan Padjadjaran lama, terdapat beberapa situs purbakala yang ditemukan di Gunung Tampomas.

foto : redransel.files.wordpress
foto : redransel.files.wordpress

Menikmati keindahan alam pegunungan serta keindahan kota Sumedang dari atas puncak, merupakan hal yang luar biasa, sehingga sangat disayangkan jika sobat berkunjung ke Sumedang dan tidak mengunjungi tempat wisata alam yang satu ini.

foto : redransel.files.wordpress
foto : redransel.files.wordpress

Untuk mencapai Puncak Gunung Tampomas, ada beberapa jalur pendakian yaitu Narimbang, Cibeureum, dan buahdua. Diantara jalur tersebut yang paling sering digunakan oleh pendaki saat ini adalah jalur Narimbang, di pos pendakian Narimbang terdapat mata air dan curug Ciputrawangi yang terkenal.

Summary

Bawalah perbekalan yang cukup ketika sobat akan menaiki puncak Gunung Tampomas, jagalah kebersihan dengan cara tidak membuang sampah bekas makanan sembarangan. Siapkan fisik dan mental karena sobat akan melalui beberapa tanjakan yang cukup berat, terutama ketika akan sampai menuju puncak terdapat banyak batu yang jika tidak hati-hati akan membuat sobat terpeleset. Berdiri di ketinggian 1684 mdpl di puncak Sangiang Taraje merupakan pengalaman yang berharga, segala lelah akan terbayarkan ketika sobat sampai di puncak dan menikmati pemandangan indah alam pegunungan.

“Tampomas nu matak Waas” itulah sepenggal lirik lagu Doel Sumbang yang menggambarkan keindahan kota Sumedang dan Gunung Tampomas.

Sumber : http://www.indonesiawisata.info/blog/2015/09/14/gunung-tampomas-sumedang/

Tags

febeshinta

Hi, I'm Febe Sinta Franciska, author of www.febeshinta.com and also www.backpackerjakarta.com; Besides that, I like writing and photography. So, I can share my experience and capturing a perfect moment as long as I travel. If you want to know my daily activities and where I am going, just follow my Instagram @febe_shinta Please enjoy both of this website with a cup of coffee or tea! Happy reading! Me love you all :)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *