Gunung

Situs Gunung Munara

Kota Bogor selain terkenal dengan kota hujan, ternyata menyimpan keindahan alam yang sangat memesona. Salah satunya adalah Situs Gunung Munara yang berketinggian di bawah 1300 Mdpl. Mungkin ini lebih cocok disebut dengan bukit jika di lihat dari ketinggiannya. Namun, kawasan ini sudah terkenal  dengan sebutan Gunung Munara.

situs gunung munara

Situs Gunung Munara ini juga sangat dikenal dengan sejarahnya oleh warga sekitar. Konon tempat ini sering dijadikan tempat pencarian wangsit / tempat bersemedi , tetapi akhir-akhir ini tidak lagi karena banyak wisatawan yang datang untuk menikmati keindahan alamnya saja.

munara

Situs Gunung Munara ini memiliki tiga pos untuk sampai di puncak. Dalam perjalanan menuju puncak Gunung Munara ada beberapa tempat sejarah yang bisa kalian nikmati keindahannya, diantaranya tempat – tempat bersejarah. Menurut beberapa orang , dahulu   Sultan Maulana Hasanudin membawa kuda ke Gunung Munara maka di sebut dengan tapak kuda, ada juga batu adzan, batu quran, batu belah, batu bintang , dan gua-gua besar yang menjadi daya tarik bagi pengunjung.

gunung munara

Perjalanan menuju ke Situs Gunung Munara jika dari Jakarta dan sekitarnya hanya memakan waktu kurang lebih dua jam. Perjalanan dari Jakarta ke arah Parung kemudian arah Rumpin dari Rumpin dapat bertanya ke warga setempat. Namun, disarankan lebih baik mengunakan kendaraan pribadi untuk menuju lokasi karena kendaraan umun sekitar Rumpin tidak dapat diprediksi waktunya, lalu untuk sampai ke atas puncak sekitar 1- 1,5 jam. saja. Biaya yang sangat terjangkau membuat kalangan pelajar sering berkunjung ke Situs Gunung Munara. Tiket  masuk Rp5000,00  serta biaya parkir Rp10.000,00. Murah bukan? Dengan harga  ini kita sudah bisa menikmati keindahan alamnya.

Nah, bagi kamu yang kurang percaya diri untuk mendaki namun ingin mencicipi rasanya berada di ketinggian, kamu bisa coba mendatangi Situs Gunung Munara ini.

Editor : Aemilia Dessy S

Tags
Show More

admin

Komunitas Backpacker Jakarta adalah sebuah komunitas Travelling yang didirikan pada 5 April 2013 dan berpusat di Jakarta dan sekitaranya (Bogor, Tanggerang, Bekasi dan Depok. Instagram : @backpackerjakarta Twitter : @official_bpj Facebook : www.facebook.com/groups/backpackerjakarta Group Wa : 089507622003

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *