Gunung

Gunung Guntur Via Curug Citiis – Garut

Siapa yang tidak mengenal Gunung Guntur? Gunung yang berada di Kecamatan Tarogong Kaler, Kabupaten Garut ini termasuk salah satu gunung terfavorite di Jawa Barat. Gunung Guntur adalah sebuah gunung yang berada di wilayah Garut, dengan ketinggian 2.249 mdpl. Meskipun gunung ini tidak terlalu tinggi namun mempunyai sejuta pesona yang akan membuat siapa saja yang mengunjunginya berdecak kagum akan keindahannya.

New Image1

Gunung Guntur sering disebut sebagai miniatur nya gunung tertinggi di Pulau Jawa yaitu Gunung Semeru. Kenapa ? karena medan yang sajikan seperti pasir berbatu, savana dan tanjakan yang memiliki kemiringan yang sangat curam ini merupakan sajian utama yang menghiasi jalur pendakian gunung guntur.

Sebelum pendakian dimulai, wajib untuk melakukan registrasi di basecamp untuk setiap pendaki ya gaes.

Berikut adalah perkiraan waktu yang perlukan untuk sampai ke Puncak Gunung Guntur :

Basecamp – Pos 1 ( 2 jam )

Pos 1 – Pos 2 ( 1 jam )

Pos 2 – Pos 3 ( 1 jam )

Pos 3 – Puncak 1 ( 3 jam )

Puncak 1 – Puncak 2 ( 30 Menit )

NB : Waktu pendakian tergantung kondisi fisik dan kekuatan dari masing masing pendaki.

gubukcerito puncak 1

Sumber : gubukcerito ( Puncak 1 )

gubukcerito puncak 2

Sumber : gubukcerito ( Puncak 2 )

Oh iya, untuk trek nya sendiri disajikan mulai dari trek tanah bercampur kerikil dan pasir, tebing batu yang curam, serta melewati kerikil rapuh dan jalur pasir dengan kemiringan hampir 70 derajat, tetapi tenang saja karena kalian akan menemukan curug disepanjang jalan dan biasa nya curug ini dijadikan sebagai tempat peristirahatan sementara para pendaki.

praharasenja

Sumber : praharasenja

Nah, kebanyakan para pendaki memilih untuk membangun tenda di pos 3. Kenapa ? itu dikarenakan pos 3 dekat dengan sumber air dan jangan lupa bahwa di pos 3 kalian wajib registrasi ulang untuk setiap anggota.

New Image2

Terakhir, untuk sumber air sendiri hanya ada di Pos 1 dan Pos 3, so buat kalian yang berencana untuk summit sampai dengan puncak 1 atau 2 maka dapat menyediakan persediaan air lebih dari pos 3 sebagai pos sumber air terakhir.

Tags

febeshinta

Hi, I'm Febe Sinta Franciska, author of www.febeshinta.com and also www.backpackerjakarta.com; Besides that, I like writing and photography. So, I can share my experience and capturing a perfect moment as long as I travel. If you want to know my daily activities and where I am going, just follow my Instagram @febe_shinta Please enjoy both of this website with a cup of coffee or tea! Happy reading! Me love you all :)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Check Also

Close