Air Terjun

Grojogan Sewu, The Amazing Waterfall in Tawangmangu

Siapa yang tak mengenal air terjun Grojogan Sewu yang sudah begitu populer di masyarakat ini?? Tentu air terjun yang satu ini sudah tidak asing lagi di telinga kita. Sebuah air terjun yang berlokasi di Desa Sepanjang, Tawangmangu , Kabupaten Karanganyar Provinsi Jawa Tengah.

keindahan panorama grojogan sewu
keindahan panorama grojogan sewu

Grojogan Sewu adalah air terjun yang menurut warga setempat berarti Seribu pancuran air dengan ketinggian sekitar 81m, merupakan wisata andalannya tawangmangu. Lokasinya sendiri masih terletak di sekitar lereng gunung Lawu. Untuk harga tiket masuk domestic sebesar Rp. 15.000,- dan Rp.30.000,- untuk tiket mancanegara. Bisa melewati pintu atas menuruni 1000 anak tangga lebih atau juga melewati pintu bawah, dan di kedua pintu ini bersiaplah untuk bertemu dengan para kera-kera jahil yang lucu.

 taman bermain di sekitar grojogan
taman bermain di sekitar grojogan

Air terjun Grojogan Sewu sudah menawarkan paket wisata lengkap diluar air terjun yang menawan ini , berupa arena outbound yang gokil, bodyrafting, mini waterboom  sebagai tempat berenang dan area flying fox yang seru. Pemandangan alam yang hijau dengan nuansa gemericik air yang jatuh menetes ke bebatuan, membuat hati terperanjat. Ditemani dengan nyanyian berbagai atwa alam seperti burung yang makin membuat jiwa terpana.

serunya bermain air dan bebatuan
serunya bermain air dan bebatuan

Ikon jembatan cintanya grojogan sewu ini menarik sekali. Disinilah para pelancong biasa mengantri untuk memperbanyak koleksi album foto mereka. Spot-spot bertuliskan grojogan sewu juga tak kalah diserbu para wisatawan. Background foto air terjun yang megah ini juga tak boleh dilewatkan . Disini juga banyak sekali para pedagang kuliner yang berjualan sate ayam dan sate kelinci yang wajib kalian cicipi.

Alternatif  Transportasi menuju Grojogan Sewu

Akses dari solo bisa dengan menggunakan bis Rukun Sayur, bis Setia Usaha atau pun bis langsung Jaya, turun langsung di pemberhentian terakhir terminal Tawangmangu. Dari terminal Tawangmangu dilanjutkan dengan naik ojeg kira-kira Rp.15.000,- atau dengan angkutan umum L300 dengan tariff sekitar Rp. 10.000,-.

spot terlaris diatas jembatan cinta grojogan sewu
spot terlaris diatas jembatan cinta grojogan sewu

Menarik sekali bukan air terjun Grojogan Sewu ini. Jangan khawatir, bagi kalian yang mau menanyakan oleh-oleh, di wisata ini kalian bisa membeli oleh-oleh khas seperti enting-enting dan berbagai olahan khas dari ubi dan ketela seperti grubi, kripik, dll. Atau juga kaos bertemakan tawangmangu juga banyak diserbu.

Owh ya, sedikit saran nih dari penulis jika kalian bekunjung kesini jangan terlalu dekat dibawah air terjun mengingat debit dan arusnya yang lumayan deras.  Dan usahakan makanan ditaruh didalam tas jangan ditenteng, sebab bisa jadi kera-kera yang lucu tadi akan mengejar-ngejar kalian,, heheh. Have Fun sahabat traveler.

Tags
Show More

Defi Susisusanti

Gadis biasa yang tak punya kelebihan namun punya beragam kegemaran.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *