Pantai

Grand Watu Dodol: Pantai Terbersih Se-ASEAN

Foto oleh: kabarbanyuwangi71.blogspot.com

Banyuwangi dikenal sebagai surganya destinasi wisata eksotik di ujung timur Pulau Jawa. Di kabupaten itu tersebar 48 objek wisata dan 20 spot di antaranya merupakan destinasi andalan. Salah satunya adalah Pantai Grand Watu Dodol. Bagi yang suka mantai, tempat ini wajib anda kunjungi. Pantai ini terletak di Dusun Paras Putih, Desa Bangsring, Kecamatan Wongsorejo.

Penghargaan

Pantai Grand Watu Dodol, baru-baru ini mengantarkan Banyuwangi menyabet predikat ASEAN Clean Tourist City. Penghargaan itu diraih dalam ajang ASEAN Tourism Standard Award 2018 yang digelar di Chiang Mai, Thailand, pada 22-26 Januari lalu.

Foto oleh: travel.detik.com

Padahal dulunya destinasi wisata ini hampir tak pernah mendapatkan perhatian wisatawan. Berkat kerja keras pengelola menjaga kebersihan, kini objek wisata di Banyuwangi ini tumbuh dengan pesat sehingga berhasil menyedot wisatawan. Selain karena faktor kebersihan, keterlibatan masyarakat dalam mengelola obyek pariwisata juga menjadi penilaian khusus.

Penilaian penghargaan ini dilakukan ketat berdasar 108 kriteria. Dari 108 kriteria, Banyuwangi mendapat nilai 87,04 persen. Materi penilaian tak hanya tentang kebersihan, tapi semua proses yang mendukung tercapainya situasi nyaman bagi wisatawan. ASEAN mengapresiasi inovasi program pariwisata Banyuwangi yang banyak dimulai dari pendekatan sosial budaya, sehingga efektif menggerakkan masyarakat.

Foto oleh: atiqohhasan.com
Biaya akomodasi

Nah, untuk bisa masuk ke lokasi wisata pantai terbersih se-ASEAN ini, anda tinggal menyiapkan biaya masuk Pantai Grand Watu Dodol Rp5.000 untuk Senin sampai Sabtu dan Rp7.000 di hari Minggu. Pemandangan di pantai terlihat indah dan sejuk. Banyak pohon-pohon tumbuh, menjadi tempat nyaman untuk berteduh.

Bagi yang tidak sabar untuk bermain air, anda dapat memesan peralatan snorkeling seharga Rp.25.000, jasa pemandung Rp. 25.000, dan sewa alat diving dengan tabung oksigen seharga Rp. 350.000. Keindahan taman bawah laut GWD ini sungguh luar biasa. Terumbu karang hanya berjarak 5 meter dari daratan, dengan kedalaman 3 meter saja.

Foto oleh: banyuwangi.merdeka.com

Anda juga bisa berjalan-jalan dengan menyewa perahu seharga Rp. 10.000/orang. Anda akan diajak berkeliling di sekitar wilayah Watu Dodol untuk melihat keindahan pantai tersebut. Bagi yang tertarik dengan keindahan Pulau Menjangan, anda tinggal memesan jasa sewa perahu ke pulau Menjangan seharga Rp. 1,8 juta untuk 10 orang. Jika ingin menyewa kapal lebih kecil sekitar Rp. 1,2 juta untuk 6 orang. Biasanya fasilitas tersebut sudah termasuk tiket masuk, makan siang serta peralatan snorkelingnya. Untuk harga sewa perahu ke pulau Tabuhan dari gwd sekitar Rp. 900.000 untuk 10 orang.

Foto oleh: travel.detik.com

Bagi yang tidak ingin terkena basahan air laut, anda dapat menyewa wahana lain yang tersedia di Grand Watu Dodol yakni offroad menggunakan motor atv. Rutenya tidak jauh hanya sekitar wilayah tersebut. Khusus pecinta kuliner tidak usah khawatir, disini banyak sekali tenda-tenda jualan berbagai macam kuliner khas Banyuwangi.

Sumber: www.sunriseofjava.co.id, blog.reservasi.com, kumparan.com

Tags
Show More

Wina Zulfani

Masalah terbesar kita cuma satu: mati tidak masuk Surga

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *